PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH (BDR)
DOI:
https://doi.org/10.37010/epik.v1i1.8421Kata Kunci:
belajar dari rumah, bimbingan dan konselingAbstrak
Akibat virus Covid-19 yang merajalela, pendidikan pun mendapatkan imbasnya. Kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan di sekolah sudah beralih menjadi program belajar dari rumah (BDR). Timbul masalah baru yang dihadapi siswa ketika dihadapkan dengan program BDR. Layanan bimbingan dan konseling sebagai program bantuan yang ditujukan kepada siswa atau individu supaya mereka dapat mengatasi masalah yang dihadapinya. Studi pendahuluan pada guru dan siswa kelas 6, guru dan siswa kelas 5, guru dan siswa kelas 3 di SDN 1 Sumurbandung, ditemukan berbagai hambatan selama guru memberikan layanan bimbingan dan konseling selama program BDR. Penelitian yang dilakukan marupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan secara online menggunakan media google meet atau zoom meeting. Berdasarkan data yang diperoleh, guru melakukan bimbingan dan layanan konseling secara virtual (online) dan secara langsung (mendatangi rumah siswa). Beberapa hambatan yang ditemui guru yakni terkendalanya sinyal, banyak ditemukan anak yang tidak memiliki gadget, tidak memiliki kuota, dan bantuan orang tua yang berlebihan. Cara yang guru lakukan untuk mengatasi hambatan tersebut diantaranya yaitu memberikan motivasi, melakukan komunikasi dengan orang tua siswa, melakukan remedial, memberikan keringanan waktu pengumpulan tugas dan memberikan kebijakan bagi siswa yang tidak memiliki sarana pembelajaran daring.
Unduhan
Referensi
Haryono, A. D. (2014). Metode Praktis Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran. Malang: Genius Media.
Kusnayat, A., Muiz, M. H., Sumarni, N., Mansyur, A. S., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online di Era COVID-19 dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. Edu Teach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran , 153-165.
Moleong, J. L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.
Surya, M. (2003). Teori teori Konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisy