Efektivitas Bimbingan Kelompok Behavioral dengan Teknik Modelling untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa dalam Belajar di Era New Normal
DOI:
https://doi.org/10.37010/epik.v1i2.11355Kata Kunci:
Learning Agility, Pendidikan Karakter, era 4.0Abstrak
Dewasa ini siswa menunjukkan gejala-gejala perilaku penyesuaian diri yang kurang baik dalam belajar, seperti datang sekolah tidak tepat waktu/terlambat, memanfaatkan teknonolgi informasi dan komunikasi untuk bermain game, chatting di media sosial, di waktu zoom kamera dimatikan, siswa sulit memahami penjelasan materi pembelajaran dari guru, bingung cara menggunakan aplikasi untuk pembelajaran daring dan juga kesulitan dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Berbagai himpitan yang dialami siswa di era new normal belum ampuh dengan diberikan bimbingan kelompok untuk penanggulangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan antara penyesuaian diri siswa belajar kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol sesudah mengikuti kegiatan layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan behavioral dengan teknik modelling dan konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Design dengan rancangan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 218 siswa, dengan sampel sebanyak 22 siswa yang dibagi menjadi 11 siswa untuk kelompok eksperimen dan 11 siswa untuk kelompok kontrol. Penarikan sampel yang digunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penyesuaian diri siswa dalam belajar kelompok eksperimen yang mengikuti bimbingan kelompok menggunakan pendekatan behavioral dengan teknik modelling dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan bimbingan kelompok tanpa perlakuan khusus.
Unduhan
Referensi
De Meuse, K. P. (2019). A meta-analysis of the relationship between learning agility and leader success. Journal of Organizational Psychology, 19(1), 25-34.
Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 41–49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71
Khildani, A. C., Suhermin, & Lestariningsih, M. (2022). Pengaruh Efikasi Diri dan Lokus Kendali terhadap Kinerja Karyawan Melalui Learning Agility. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 10(2), 208–228. https://doi.org/10.33059/jmk.v10i2.4186
Purwanti, D. (2017).Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439
Santoso, A. M., & Yuzarion, Y. (2021). Analysis of Learning Agility in the Performance of Achievement Teachers in Yogyakarta. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 8(1), 77–122. https://doi.org/10.33650/pjp.v8i1.2126
Syukron, M., & Umama, H. A. (2020). Pengaruh Agility dan Passion Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Serang Raya. Sains: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 13(1), 57. https://doi.org/10.35448/jmb.v13i1.9432
THANIA, ANDI CICI (2020) PENGARUH PEMBERIAN 6 TUGAS KKNI DAN LEARNING AGILITY TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN STAMBUK 2016. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
Tirtoni, F. (2020) ‘Internalisasi Model Pendidikan Karakter Melalui Leadership Sosial Preneur Pada Pendidikan Dasar Untuk Menuju Revolusi Industri 4.0 Indonesia Berkemajuan’, Jurnal Pendidikan Dasar,IV(1),pp.73-85.Availableat:https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/7789/3982.
Yunita, M. M., & Seanto, S. (2022). Volume 7 No 2 Maret 2022 Hubungan Psychological Safety dengan Learning Agility pada Remaja dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi. 7(2).