TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK

Penulis

  • Elsa Cahyaningtiyas
  • Nuraini Nuraini

DOI:

https://doi.org/10.37010/epik.v1i2.11353

Kata Kunci:

Kecerdasan Emosi, Peserta Didik

Abstrak

        Penelitian dilatarbelakangi oleh fenomena ditemukakan pada peserta didik kelas XI SMAN 39 Jakarta Timur yang merasakan kemampuan lebih yang dimiliki seseorang dalam memotivasi diri, ketahanan dalam menghadapi kegagalan, mengendalikan emosi dan menunda kepuasan, serta mengatur keadaan jiwa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari fenomena Tingkat Kecerdasan Emosional pada peserta didik kelas XI SMAN 39 Jakarta Timur.

           Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif.  Populasi sebanyak 252 siswa di kelas XI  sampel penelitian 155 orang melalui teknik simple random sampling.

      Pada Analisa data dengan menggunakan analisis deskriptif jawaban responden, hasil penelitian menunjukkan gambaran Tingkat Kecerdasan Emosional yang dialami oleh peserta didik kelas XI di SMAN 39 Jakarta Timur berada pada kategori tinggi dengan presentase sebesar 75,5%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ary Ginanjar Agustian. (2001). Rahasia Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ:Emotional Spiritual Quotient berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: Penerbit Arga, hlm.56

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bar-On, R. (2007). Educating People to Be Emotionally Intelligent. Chapter 1: How Important Is It to Educate People to Be Emotionally Intelligent, and Can It Be Done?. America: Preager Publishers. Diunduh dari: http://dl.bookos.org/genesis/604000/84783ce16fe1d62a82b9fbffb2936ec9/_as/%5BReuven_Bar-On,_Maurice_Jesse_Elias,_J.G._Maree%5D_E(Bookos.org).pdf.

Dra. Desmita, M.Si. (2015). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Hlm. 170

Goleman, Daniel. (1996). Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Goleman, Daniel. (2005). Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. hlm. 48

Goleman, Daniel. (2016). Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel. (2018). Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Robert K Cooper dan Ayman Sawaf. (2000). EXECUTIVE EQ Kecerdasan Emosional dan Kepemimpinan berorganisasi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Rohmalina Wahab. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers. Hlm. 151-152

Safitri, Intan & Sidik Efendi. (2011). Kenali Emosi. Jakarta: Balai Pustaka

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Tridhonanto, Al. (2009). Melejit Kecerdasan Emosi Buah Hati.Jakarta: Elex Media Komputindo

Yusuf, A. Muri, (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Kencana: Jakarta

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-26

Cara Mengutip

Cahyaningtiyas, E., & Nuraini, N. (2022). TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK. EPIK: Edukasi Penerapan Ilmu Konseling, 1(2), 71–80. https://doi.org/10.37010/epik.v1i2.11353