Perspektif Pencegahan dan Penanganan Bullying Dalam Al-Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.22236/epik.v2i1.15156Kata Kunci:
Kata Kunci: Bullying, Al-Qur’an, dan berprasangka burukAbstrak
Kasus bullying sudah hal biasa yang dialami di Indonesia. Perilaku bullying sendiri akan berdampak pada hal yang dapat merugikan bagi korban secara fisik, emosional, maupun kejiwaan. Penelitian ini ditujukan untuk menghasilkan individu yang memiliki ketaatan beragama, berakhlak baik, dan memberikan dampak positif bagi masyarakat melalui perspektif Al-Qur'an. Pengkajian ini bermetode Deskriptif secara pendekatan Studi Kepustakaan. Perolehan pengkajian ini menampilkan bila melalui perspektif Islam, tindakan bullying dianggap sebagai perbuatan zalim di mana pelakunya akan mendapat dosa besar. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam firman Allah SWT. untuk mengatasi Bullying adalah Qs. Al Hujurat ayat ke 11. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Bullying sering terjadi terhadap individu yang mempunyai keahlian lebih rendah daripada lainnya. Melalui Qs. Al Hujurat ayat ke 11 Allah Swt melarang tiap individu guna mengolok-olokan individu lainnya (Suhriyah).
Kata Kunci: Bullying, Al-Qur’an, dan berprasangka buruk
Unduhan
Referensi
Adena Widopuspito, S. (2023). Penanggulangan Tindakan Perundungan Peserta Didik Dalam Perspektif Islam Di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dibandingkan Yogyakarta , untuk jenjang SMP dan SMA kasus kenakalan remaja SMA di Kota Yogyakarta tahun 2009 , pada korban kasus perundungan dapat. 12, 38– 46.
AZIZ, A. (2021). BULLYING DALAM PERSPEKTIF AL- QUR`AN (STUDI PENAFSIRAN PROF . DR . HAMKA DALAM TAFSIR AL-AZHAR TERHADAP Q.S ALHUJURAT:11).
Muhammad Habib Zainul Huda, A. M. bin S. (2023). BULLYING IN ISLAMIC EDUCATION PERSPECTIVE OF BULLYING DALAM PENDIDIKAN ISLAM PRESPEKTIF. 7(1).
Patonah, Aep Saepudin, E. S. (2022). Implikasi Pendidikan dari AlQur ’ an Surah Al-Hujurat Ayat 11-12 tentang Upaya Pencegahan Perilaku Bullying. 792–798.
Sholeh, M. I. (2023). ALMANAR : Jurnal Fakultas Agama Islam. 01(02), 7–12.
T, Abdi Mirzaqon, Dr. Budi Purwoko, S.Pd., M. P. (n.d.). STUDI KEPUSTAKAAN MENGENAI LANDASAN TEORI DAN PRAKTIK KONSELING EXPRESSIVE WRITING. 1–8.
Wati, H., & Rahmah, H. (2022). Jurnal basicedu. 6(2), 1668–1677.
Yudha, R., & Meilani, E. R. (2023). PSIKOTERAPI ISLAM: MEDIA PENDIDIKAN DAN SPIRITUAL HEALING BAGI KORBAN DAN PELAKU BULLYING DI SEKOLAH. 4(2), 98–107.



