Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik permainan scrabble terhadap peningkatan keterampilan bahasa jepang pada kelas X di SMK Paskita Global Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan bentuk desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Paskita Global Jakarta. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X AK 1 berjumlah 30 siswa dan siswa X AK 2 berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan, memperoleh nilai rata-rata pretest eksperimen 66.17 dan kelaskontrol 66.33. Sedangkan nilai rata-rata posttest eksperimen 77.50 dan kelas kontrol 68.83. Nilai thitung 3.130, ttabel (0,025:58) Nilai db 2.002. Nilai posttest lebih tinggi daripada nilai pretest atau thitung >ttabel. Nilai Gain 31.16. Hasil dari penelitin ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jepang dengan menggunakan teknik permainan scrabble adalaha efektif. Berdasarkan hasil angket, teknik permainan scrabble adalah menyenangkan, memperkaya kosakata, lebih menyukai belajar bahasa Jepang.