Efektivitas Quantum Learning melalui Teknik Clustering dalam Pembelajaran Shochuukyu Sakubun untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis pada Semester IV Program Studi Sastra Jepang STBA JIA

  • Dhita Ayu Septianingsih Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Rita Agustina Karnawati Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
Keywords: Quantum Learninig, Teknik Clustering, Kemampuan Menulis

Abstract

Penelitian ini berjudul Efektivitas Quantum learning melalui Teknik Clustering dalam Pembelajaran Shochuukyu Sakubun untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis pada Semester IV Program Studi Sastra Jepang STBA JIA Di dalam pembelajaran bahasa asing kompetensi yang diharapkan salah satunya adalah kemampuan menulis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dan hasil penggunaan Teknik Clustering pada mata kuliah bahasa Jepang di STBA JIA semester IV.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen murni, menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sampel atau sumber data penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Program Studi Sastra Jepang STBA JIA. Sumber data diambil dari tes dan angket.

Nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen yaitu 75,7 sedangkan nilai pretest untuk kelas kontrol yaitu 71,5. Untuk nilai rata-rata posstest kelas eksperimen sebesar 87,7, sedangkan kelas kontrol yaitu 75,2. Berdasarkan hasil tersebut jelas terlihat bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata yang signifikan antara kedua kelas.

Quantum Learning melalui Teknik Clustering dalam Pembelajaran Shochuukyu Sakubun, dapat meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa Semester IV Program Studi Sastra Jepang STBA JIA

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-31
How to Cite
Dhita Ayu Septianingsih, & Rita Agustina Karnawati. (2019). Efektivitas Quantum Learning melalui Teknik Clustering dalam Pembelajaran Shochuukyu Sakubun untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis pada Semester IV Program Studi Sastra Jepang STBA JIA. Jurnal Bahasa Jepang Taiyou, 2(1), 94-105. https://doi.org/10.22236/taiyou.v2i1.4838
Section
Articles