Analisis Kesalahan Penggunaan Setsuzokujoshi pada Mahasiswa Semester III Tahun Ajaran 2018/2019 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA

  • Yuni Masrokhah Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
Keywords: Analisis kesalahan, Joshi, Setsuzokujoshi

Abstract

Kesalahan penggunaan kata bantu atau joshi dapat juga menjadikan makna yang berbeda, sehingga makna kalimatnya tidak tersampaikan dan bahkan lawan bicara tidak memahami dari kalimat yang disampaikan. Mengingat pentingnya pemahaman mahasiswa terhadap kata bantu dan fungsinya, maka hal ini tidak dapat dipandang sepele. Salah satu jenis kata bantu yang sering mengalami kesalahan dalam penggunaannya adalah kata bantu sambung atau setsuzokujoshi, yang didalamnya terdapat beberapa kata bantu. Dari sekian banyak kata bantu sambung, secara umum penggunaan ば dan と yang dapat termasuk ke dalam bentuk persyaratan, adalah satu yang paling sering membuat mahasiswa bingung ketika menggunakannya. Kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam penggunaan ~ ば dan ~ と , antara lain karena penggunaan kata ~ ば dan ~ と yang memiliki kemiripan penggunaannya dalam kalimat,sehingga sulit dibedakan dan keterbatasan kosa kata ,sehingga terkadang menimbulkan salah dalam mengartikan. Faktor yang menyebabkan kesalahan adalah Over generalization dan Error of avoidance Solusi untuk mengurangi kesalahan adalah mempelajari lebih dalam tentang fungsi dan penggunaan ~ば dan ~と,memahami persamaan dan perbedaan antara ~ば dan ~とdan lebih sering mendengar percakpan bahasa Jepang yang dilakukan oleh orang Jepang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-31
How to Cite
Yuni Masrokhah. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Setsuzokujoshi pada Mahasiswa Semester III Tahun Ajaran 2018/2019 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA. Jurnal Bahasa Jepang Taiyou, 2(1), 52-67. https://doi.org/10.22236/taiyou.v2i1.4836
Section
Articles