Main Article Content
Abstract
Pada masa pandemi Covid-19, pengembangan kompetensi guru terhambat karena keterbatasan aktivitas. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk mengembangkan kompetensi guru khususnya terkait media pembelajaran, serta meningkatkan orientasi. Mitra yang terlibat dalam kegiatan pengabdian adalah Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) Moyudan Sleman Yogyakarta. Program pengabdian menyediakan pelatihan manajemen keuangan sekolah, kewirausahaan, dan pengembangan metode pembelajaran berbasis teknologi informasi, yang diikuti oleh 30 guru dan kepala sekolah dari 14 PAUD/TK ABA di Moyudan. Pelatihan manajemen sekolah fokus pada mengenali peluang untuk diversifikasi pendapatan, serta membuat perencanaan dan penganggaran. Pelatihan pemanfaatan IT dalam pembuatan media pembelajaran dapat meningkatkan kompetensi guru yang dibuktikan dengan tersusunnya video pembelajaran sebagai ouput pelatihan. Peserta program mendapatkan pelatihan memasak olahan kue, dan juga pembekalan pengemasan serta penjualan. Peserta merasa puas karena pelatihan memasak kue bermanfaat untuk dipraktikkan Bersama siswa sebagai pembelajaran maupun untuk kegiatan wirausaha sekolah. Produk-produk mitra pengabdian dipasarkan melalui media sosial, misalnya melalui media sosial (group) dan jejaring usaha Aisyiyah (BUEKA di Moyudan). Kegiatan pengabdian ini mendorong mitra untuk melakukan berbagai upaya pembaharuan dan perbaikan dalam mempertahankan keberlangsungan PAUD pada masa pandemi ini.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah:
- Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93.
- Bustomi, M. Y., & Abdillah, A. H. (2022). Pengolahan Dan Pengemasan Produk Beserta Contoh Olahan
- Makanandan Minuman Di Lingkungan Rt 24 Kelurahan Teluk Lingga Kecamatan Sangatta
- Utarakabupaten Kutai Tmur. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(1), 25-34.
- Dewi, R. M., & Aminah, A. (2018). Pelatihan Manajamen Dan Administrasi Keuangan Sekolah Di Tk
- ‘Aisyiyah Tangerang Selatan. Prosiding Sembadha, 1, 177-179.
- Erdiyanti, E., & Syukri, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru PAUD Non PG-PAUD Melalui
- Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Di Kecamatan Konda. Murhum: Jurnal Pendidikan
- Anak Usia Dini, 68-79.
- Farell, G., Thamrin, T., & Novid, I. (2019). Pelatihan pemanfaatan digital marketing dalam pengembangan
- pemasaran dan kewirausahaan UKM pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah
- Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(1), 42-47.
- Fatra, F., & Harapan, E. (2017). Implementasi Prinsip dan Prosedur Pengelolaan Keuangan Sekolah Di SMA
- Muhammadiyah 1 Palembang. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi
- Pendidikan), 2(1), 46-54.
- Firmansyah, E. A., & Wardhana. (2016). Penguatan Manajemen Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini
- (PAUD) di Desa Garawangi dan Desa Rancaputat Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka.
- Jurnal Penelitian, 10(2).
- Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada
- Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330-6338.
- Frinza, F., & Meidiana, M. (2019). Integrasi Kewirausahaan Melalui Pendirian Lembaga Paud Sebagai Salah
- Satu Pengabdian Kepada Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas
- Pgri Palembang,
- Ginting, F. M., & Mursid, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kreativitas Terhadap
- Kemampuan Menulis Huruf Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Jurnal Teknologi Informasi &
- Komunikasi Dalam Pendidikan, 6(1), 39-51.
- Hakimah, E., & Aliami, S. (2018). Membentuk Karakter Wirausaha pada Kepala Sekolah TK/RA dan PAUD
- se-Kabupaten Nganjuk Melalui Workshop Kewirausahaan. Jurnal Abdi Masyarakat, 1(2).
- Handayani, O. D., & Masyikuroh, K. (2021). Pelatihan Kewirausahaan bagi Pendidik PAUD melalui Pusat
- Kerja Gugus (PKG) Kecamatan Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang
- Pembelajaran, 3(1), 27-31.
- Hatta, E., Ananto, R. P., Yentifa, A., Maryati, U., & Rissi, D. M. (2018). Pelatihan dan Pembenahan Manajemen
- Keuangan dan Administrasi Pada Yayasan PAUD dan TK Musa Enda Padang. Jurnal Akuntansi Dan
- Manajemen, 13(2), 17-24.
- Hazizah, Z., & Rigianti, H. A. (2021). Kesenjangan Digital Di Kalangan Guru SD Dengan Rentang Usia 20-58
- Tahun Di Kecamatan Rajabasa. Jurnal Pendidikan Modern, 7(1), 1-7.
- Ismail, I., Al-Bahri, F. P. F. P., Ahmad, L., & Salam, A. (2020). IbM Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Upaya
- Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan dan Menggali Ide Usaha Baru. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN)
- Indonesia, 1(1), 16-22.
- Khaira, H. (2021). Pemanfaatan aplikasi kinemaster sebagai media pembelajaran berbasis ICT. Prosiding
- Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3,
- Komariah, N. (2018). Konsep Manajemen Keuangan Pendidikan. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban,
- (1), 67-94.
- Kurniasih, E. (2019). Media digital pada anak usia dini. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(2), 87-
- Kusuma, A. I., Sari, W. P., & Hikmawati, A. (2021). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DAN TENAGA
- KEPENDIDIKAN MELALUI PELATIHAN TEACHERPRENEUR BERBASIS DIGITAL PROFILE
- BUILDER. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2476-2487.
- Louie, P. K., Harada, G. K., McCarthy, M. H., Germscheid, N., Cheung, J. P., Neva, M. H., El-Sharkawi, M.,
- Valacco, M., Sciubba, D. M., & Chutkan, N. B. (2020). The impact of COVID-19 pandemic on spine
- surgeons worldwide. Global Spine Journal, 10(5), 534-552.
- Mu'minah, I. H., Sugandi, M. K., & Gaffar, A. A. (2021). Penggunaan “E-Learning Madrasah” terhadap
- Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 pada Pelajaran IPA. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan
- Biologi, 6(2), 277-290.
- Munawaroh, M., & Rimiyati, H. (2019). Pendampingan Perintisan Usaha Kuliner Bagi Anggota
- Muhammadiyah Gamping Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
- Murwaningsari, E., Sofie, S., Rachmawati, S., & Rahayu, F. (2021). Pendampingan Pengelolaan Keuangan
- Dan Penyusunan Laporan Keuangan Sekolah Bagi Pemilik Sekolah Dan Pengelola Keuangan Sekolah
- Di Wilayah Bogor. Jurnal Abdikaryasakti, 1(1), 31-46.
- Nurochim, N., & Nurochim, S. N. (2021). KOMPLEKSITAS MODEL SEKOLAH ADAPTIF DI MASA
- PANDEMI DALAM MENGELOLA PEMBIAYAAN. Manajemen Pendidikan, 16(1), 28-37.
- Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2021). Persepsi guru dampak pandemi Covid-19 terhadap pelaksanaan
- pembelajaran daring di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633-640.
- Setiaji, K., Mulyono, K. B., & Feriady, M. (2018). Pengembangan Kualitas Pembelajaran Prakarya Dan
- Kewirausahaan Bagi Guru Smk Dan Sma Jawa Tengah. SNKPPM, 1(1), 270-273.
- Shofa, M. F. (2020). Inovasi pembelajaran pada pendidikan anak usia dini di masa pandemi Covid 19.
- BUANA GENDER: Jurnal Studi Gender dan Anak, 5(2), 86-96.
- Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19
- Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).
- Sonedi, S., Jamalie, Z., & Majeri, M. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Bersumber dari Masyarakat.
- FENOMENA, 25-46.
- Sudaryanti, S. (2012). Pentingnya pendidikan karakter bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).
- Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan video pembelajaran daring anak
- usia dini pada masa pandemi Covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2),
- -160.
- Wiresti, R. D. (2020). Analisis dampak work from home pada anak usia dini di masa pandemi Covid-19.
- Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 641.
References
Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah:
Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93.
Bustomi, M. Y., & Abdillah, A. H. (2022). Pengolahan Dan Pengemasan Produk Beserta Contoh Olahan
Makanandan Minuman Di Lingkungan Rt 24 Kelurahan Teluk Lingga Kecamatan Sangatta
Utarakabupaten Kutai Tmur. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(1), 25-34.
Dewi, R. M., & Aminah, A. (2018). Pelatihan Manajamen Dan Administrasi Keuangan Sekolah Di Tk
‘Aisyiyah Tangerang Selatan. Prosiding Sembadha, 1, 177-179.
Erdiyanti, E., & Syukri, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru PAUD Non PG-PAUD Melalui
Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Di Kecamatan Konda. Murhum: Jurnal Pendidikan
Anak Usia Dini, 68-79.
Farell, G., Thamrin, T., & Novid, I. (2019). Pelatihan pemanfaatan digital marketing dalam pengembangan
pemasaran dan kewirausahaan UKM pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah
Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(1), 42-47.
Fatra, F., & Harapan, E. (2017). Implementasi Prinsip dan Prosedur Pengelolaan Keuangan Sekolah Di SMA
Muhammadiyah 1 Palembang. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi
Pendidikan), 2(1), 46-54.
Firmansyah, E. A., & Wardhana. (2016). Penguatan Manajemen Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD) di Desa Garawangi dan Desa Rancaputat Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka.
Jurnal Penelitian, 10(2).
Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada
Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330-6338.
Frinza, F., & Meidiana, M. (2019). Integrasi Kewirausahaan Melalui Pendirian Lembaga Paud Sebagai Salah
Satu Pengabdian Kepada Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas
Pgri Palembang,
Ginting, F. M., & Mursid, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kreativitas Terhadap
Kemampuan Menulis Huruf Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Jurnal Teknologi Informasi &
Komunikasi Dalam Pendidikan, 6(1), 39-51.
Hakimah, E., & Aliami, S. (2018). Membentuk Karakter Wirausaha pada Kepala Sekolah TK/RA dan PAUD
se-Kabupaten Nganjuk Melalui Workshop Kewirausahaan. Jurnal Abdi Masyarakat, 1(2).
Handayani, O. D., & Masyikuroh, K. (2021). Pelatihan Kewirausahaan bagi Pendidik PAUD melalui Pusat
Kerja Gugus (PKG) Kecamatan Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang
Pembelajaran, 3(1), 27-31.
Hatta, E., Ananto, R. P., Yentifa, A., Maryati, U., & Rissi, D. M. (2018). Pelatihan dan Pembenahan Manajemen
Keuangan dan Administrasi Pada Yayasan PAUD dan TK Musa Enda Padang. Jurnal Akuntansi Dan
Manajemen, 13(2), 17-24.
Hazizah, Z., & Rigianti, H. A. (2021). Kesenjangan Digital Di Kalangan Guru SD Dengan Rentang Usia 20-58
Tahun Di Kecamatan Rajabasa. Jurnal Pendidikan Modern, 7(1), 1-7.
Ismail, I., Al-Bahri, F. P. F. P., Ahmad, L., & Salam, A. (2020). IbM Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Upaya
Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan dan Menggali Ide Usaha Baru. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN)
Indonesia, 1(1), 16-22.
Khaira, H. (2021). Pemanfaatan aplikasi kinemaster sebagai media pembelajaran berbasis ICT. Prosiding
Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3,
Komariah, N. (2018). Konsep Manajemen Keuangan Pendidikan. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban,
(1), 67-94.
Kurniasih, E. (2019). Media digital pada anak usia dini. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(2), 87-
Kusuma, A. I., Sari, W. P., & Hikmawati, A. (2021). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DAN TENAGA
KEPENDIDIKAN MELALUI PELATIHAN TEACHERPRENEUR BERBASIS DIGITAL PROFILE
BUILDER. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2476-2487.
Louie, P. K., Harada, G. K., McCarthy, M. H., Germscheid, N., Cheung, J. P., Neva, M. H., El-Sharkawi, M.,
Valacco, M., Sciubba, D. M., & Chutkan, N. B. (2020). The impact of COVID-19 pandemic on spine
surgeons worldwide. Global Spine Journal, 10(5), 534-552.
Mu'minah, I. H., Sugandi, M. K., & Gaffar, A. A. (2021). Penggunaan “E-Learning Madrasah” terhadap
Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 pada Pelajaran IPA. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan
Biologi, 6(2), 277-290.
Munawaroh, M., & Rimiyati, H. (2019). Pendampingan Perintisan Usaha Kuliner Bagi Anggota
Muhammadiyah Gamping Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
Murwaningsari, E., Sofie, S., Rachmawati, S., & Rahayu, F. (2021). Pendampingan Pengelolaan Keuangan
Dan Penyusunan Laporan Keuangan Sekolah Bagi Pemilik Sekolah Dan Pengelola Keuangan Sekolah
Di Wilayah Bogor. Jurnal Abdikaryasakti, 1(1), 31-46.
Nurochim, N., & Nurochim, S. N. (2021). KOMPLEKSITAS MODEL SEKOLAH ADAPTIF DI MASA
PANDEMI DALAM MENGELOLA PEMBIAYAAN. Manajemen Pendidikan, 16(1), 28-37.
Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2021). Persepsi guru dampak pandemi Covid-19 terhadap pelaksanaan
pembelajaran daring di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633-640.
Setiaji, K., Mulyono, K. B., & Feriady, M. (2018). Pengembangan Kualitas Pembelajaran Prakarya Dan
Kewirausahaan Bagi Guru Smk Dan Sma Jawa Tengah. SNKPPM, 1(1), 270-273.
Shofa, M. F. (2020). Inovasi pembelajaran pada pendidikan anak usia dini di masa pandemi Covid 19.
BUANA GENDER: Jurnal Studi Gender dan Anak, 5(2), 86-96.
Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19
Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).
Sonedi, S., Jamalie, Z., & Majeri, M. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Bersumber dari Masyarakat.
FENOMENA, 25-46.
Sudaryanti, S. (2012). Pentingnya pendidikan karakter bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).
Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan video pembelajaran daring anak
usia dini pada masa pandemi Covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2),
-160.
Wiresti, R. D. (2020). Analisis dampak work from home pada anak usia dini di masa pandemi Covid-19.
Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 641.