Main Article Content

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19, pengembangan kompetensi guru terhambat karena keterbatasan aktivitas. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk mengembangkan kompetensi guru khususnya terkait media pembelajaran, serta meningkatkan orientasi. Mitra yang terlibat dalam kegiatan pengabdian adalah Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) Moyudan Sleman Yogyakarta. Program pengabdian menyediakan pelatihan manajemen keuangan sekolah, kewirausahaan,  dan pengembangan metode pembelajaran berbasis teknologi informasi, yang diikuti oleh 30 guru dan kepala sekolah dari 14 PAUD/TK ABA di Moyudan. Pelatihan manajemen sekolah fokus pada mengenali peluang untuk diversifikasi pendapatan, serta membuat perencanaan dan penganggaran. Pelatihan pemanfaatan IT dalam pembuatan media pembelajaran dapat meningkatkan kompetensi guru yang dibuktikan dengan tersusunnya video pembelajaran sebagai ouput pelatihan. Peserta program mendapatkan pelatihan memasak olahan kue, dan juga pembekalan pengemasan serta penjualan. Peserta merasa puas karena pelatihan memasak kue bermanfaat untuk dipraktikkan Bersama siswa sebagai pembelajaran maupun untuk kegiatan wirausaha sekolah. Produk-produk mitra pengabdian dipasarkan melalui media sosial, misalnya melalui media sosial (group) dan jejaring usaha Aisyiyah (BUEKA di Moyudan). Kegiatan pengabdian ini mendorong mitra untuk melakukan berbagai upaya pembaharuan dan perbaikan dalam mempertahankan keberlangsungan PAUD pada masa pandemi ini.

Keywords

Learning Media, Entrepreneurship, PAUD, School Financial Management

Article Details

How to Cite
Widiastuti, H., Utami, E. R., & Triyana. (2023). Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik dan Kewirausahaan untuk Bertahan di Masa Pandemi. Jurnal SOLMA, 12(1), 262–274. https://doi.org/10.22236/solma.v12i1.9983

References

  1. Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah:
  2. Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93.
  3. Bustomi, M. Y., & Abdillah, A. H. (2022). Pengolahan Dan Pengemasan Produk Beserta Contoh Olahan
  4. Makanandan Minuman Di Lingkungan Rt 24 Kelurahan Teluk Lingga Kecamatan Sangatta
  5. Utarakabupaten Kutai Tmur. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(1), 25-34.
  6. Dewi, R. M., & Aminah, A. (2018). Pelatihan Manajamen Dan Administrasi Keuangan Sekolah Di Tk
  7. ‘Aisyiyah Tangerang Selatan. Prosiding Sembadha, 1, 177-179.
  8. Erdiyanti, E., & Syukri, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru PAUD Non PG-PAUD Melalui
  9. Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Di Kecamatan Konda. Murhum: Jurnal Pendidikan
  10. Anak Usia Dini, 68-79.
  11. Farell, G., Thamrin, T., & Novid, I. (2019). Pelatihan pemanfaatan digital marketing dalam pengembangan
  12. pemasaran dan kewirausahaan UKM pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah
  13. Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(1), 42-47.
  14. Fatra, F., & Harapan, E. (2017). Implementasi Prinsip dan Prosedur Pengelolaan Keuangan Sekolah Di SMA
  15. Muhammadiyah 1 Palembang. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi
  16. Pendidikan), 2(1), 46-54.
  17. Firmansyah, E. A., & Wardhana. (2016). Penguatan Manajemen Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini
  18. (PAUD) di Desa Garawangi dan Desa Rancaputat Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka.
  19. Jurnal Penelitian, 10(2).
  20. Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada
  21. Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330-6338.
  22. Frinza, F., & Meidiana, M. (2019). Integrasi Kewirausahaan Melalui Pendirian Lembaga Paud Sebagai Salah
  23. Satu Pengabdian Kepada Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas
  24. Pgri Palembang,
  25. Ginting, F. M., & Mursid, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kreativitas Terhadap
  26. Kemampuan Menulis Huruf Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Jurnal Teknologi Informasi &
  27. Komunikasi Dalam Pendidikan, 6(1), 39-51.
  28. Hakimah, E., & Aliami, S. (2018). Membentuk Karakter Wirausaha pada Kepala Sekolah TK/RA dan PAUD
  29. se-Kabupaten Nganjuk Melalui Workshop Kewirausahaan. Jurnal Abdi Masyarakat, 1(2).
  30. Handayani, O. D., & Masyikuroh, K. (2021). Pelatihan Kewirausahaan bagi Pendidik PAUD melalui Pusat
  31. Kerja Gugus (PKG) Kecamatan Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang
  32. Pembelajaran, 3(1), 27-31.
  33. Hatta, E., Ananto, R. P., Yentifa, A., Maryati, U., & Rissi, D. M. (2018). Pelatihan dan Pembenahan Manajemen
  34. Keuangan dan Administrasi Pada Yayasan PAUD dan TK Musa Enda Padang. Jurnal Akuntansi Dan
  35. Manajemen, 13(2), 17-24.
  36. Hazizah, Z., & Rigianti, H. A. (2021). Kesenjangan Digital Di Kalangan Guru SD Dengan Rentang Usia 20-58
  37. Tahun Di Kecamatan Rajabasa. Jurnal Pendidikan Modern, 7(1), 1-7.
  38. Ismail, I., Al-Bahri, F. P. F. P., Ahmad, L., & Salam, A. (2020). IbM Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Upaya
  39. Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan dan Menggali Ide Usaha Baru. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN)
  40. Indonesia, 1(1), 16-22.
  41. Khaira, H. (2021). Pemanfaatan aplikasi kinemaster sebagai media pembelajaran berbasis ICT. Prosiding
  42. Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3,
  43. Komariah, N. (2018). Konsep Manajemen Keuangan Pendidikan. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban,
  44. (1), 67-94.
  45. Kurniasih, E. (2019). Media digital pada anak usia dini. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(2), 87-
  46. Kusuma, A. I., Sari, W. P., & Hikmawati, A. (2021). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DAN TENAGA
  47. KEPENDIDIKAN MELALUI PELATIHAN TEACHERPRENEUR BERBASIS DIGITAL PROFILE
  48. BUILDER. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2476-2487.
  49. Louie, P. K., Harada, G. K., McCarthy, M. H., Germscheid, N., Cheung, J. P., Neva, M. H., El-Sharkawi, M.,
  50. Valacco, M., Sciubba, D. M., & Chutkan, N. B. (2020). The impact of COVID-19 pandemic on spine
  51. surgeons worldwide. Global Spine Journal, 10(5), 534-552.
  52. Mu'minah, I. H., Sugandi, M. K., & Gaffar, A. A. (2021). Penggunaan “E-Learning Madrasah” terhadap
  53. Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 pada Pelajaran IPA. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan
  54. Biologi, 6(2), 277-290.
  55. Munawaroh, M., & Rimiyati, H. (2019). Pendampingan Perintisan Usaha Kuliner Bagi Anggota
  56. Muhammadiyah Gamping Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat,
  57. Murwaningsari, E., Sofie, S., Rachmawati, S., & Rahayu, F. (2021). Pendampingan Pengelolaan Keuangan
  58. Dan Penyusunan Laporan Keuangan Sekolah Bagi Pemilik Sekolah Dan Pengelola Keuangan Sekolah
  59. Di Wilayah Bogor. Jurnal Abdikaryasakti, 1(1), 31-46.
  60. Nurochim, N., & Nurochim, S. N. (2021). KOMPLEKSITAS MODEL SEKOLAH ADAPTIF DI MASA
  61. PANDEMI DALAM MENGELOLA PEMBIAYAAN. Manajemen Pendidikan, 16(1), 28-37.
  62. Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2021). Persepsi guru dampak pandemi Covid-19 terhadap pelaksanaan
  63. pembelajaran daring di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633-640.
  64. Setiaji, K., Mulyono, K. B., & Feriady, M. (2018). Pengembangan Kualitas Pembelajaran Prakarya Dan
  65. Kewirausahaan Bagi Guru Smk Dan Sma Jawa Tengah. SNKPPM, 1(1), 270-273.
  66. Shofa, M. F. (2020). Inovasi pembelajaran pada pendidikan anak usia dini di masa pandemi Covid 19.
  67. BUANA GENDER: Jurnal Studi Gender dan Anak, 5(2), 86-96.
  68. Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19
  69. Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).
  70. Sonedi, S., Jamalie, Z., & Majeri, M. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Bersumber dari Masyarakat.
  71. FENOMENA, 25-46.
  72. Sudaryanti, S. (2012). Pentingnya pendidikan karakter bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).
  73. Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan video pembelajaran daring anak
  74. usia dini pada masa pandemi Covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2),
  75. -160.
  76. Wiresti, R. D. (2020). Analisis dampak work from home pada anak usia dini di masa pandemi Covid-19.
  77. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 641.