Main Article Content

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19, pengembangan kompetensi guru terhambat karena keterbatasan aktivitas. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk mengembangkan kompetensi guru khususnya terkait media pembelajaran, serta meningkatkan orientasi. Mitra yang terlibat dalam kegiatan pengabdian adalah Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) Moyudan Sleman Yogyakarta. Program pengabdian menyediakan pelatihan manajemen keuangan sekolah, kewirausahaan,  dan pengembangan metode pembelajaran berbasis teknologi informasi, yang diikuti oleh 30 guru dan kepala sekolah dari 14 PAUD/TK ABA di Moyudan. Pelatihan manajemen sekolah fokus pada mengenali peluang untuk diversifikasi pendapatan, serta membuat perencanaan dan penganggaran. Pelatihan pemanfaatan IT dalam pembuatan media pembelajaran dapat meningkatkan kompetensi guru yang dibuktikan dengan tersusunnya video pembelajaran sebagai ouput pelatihan. Peserta program mendapatkan pelatihan memasak olahan kue, dan juga pembekalan pengemasan serta penjualan. Peserta merasa puas karena pelatihan memasak kue bermanfaat untuk dipraktikkan Bersama siswa sebagai pembelajaran maupun untuk kegiatan wirausaha sekolah. Produk-produk mitra pengabdian dipasarkan melalui media sosial, misalnya melalui media sosial (group) dan jejaring usaha Aisyiyah (BUEKA di Moyudan). Kegiatan pengabdian ini mendorong mitra untuk melakukan berbagai upaya pembaharuan dan perbaikan dalam mempertahankan keberlangsungan PAUD pada masa pandemi ini.

Keywords

Learning Media, Entrepreneurship, PAUD, School Financial Management

Article Details

How to Cite
Widiastuti, H., Utami, E. R., & Triyana. (2023). Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik dan Kewirausahaan untuk Bertahan di Masa Pandemi. Jurnal SOLMA, 12(1), 262–274. https://doi.org/10.22236/solma.v12i1.9983

References

Read More