Isi Artikel Utama
Abstrak
Background: Dampak pandemic Covid-19 terjadi di berbagai sektor, salahsatunya adalah sektor pendidikan. Kebijakan pemerintah untuk mengurangi angka penularan Covid-19 dalam sektor pendidikan adalah dengan melaksanakan pembelajaran dalam jaringan (daring). Keluhan yang sering terjadi pada kegiatan pembelajaran secara daring adalah Carpal Tunnel Syndrome (CTS). CTS adalah satu keadaan dimana pergelangan tangan dan jari-jari tangan terasa sakit, mati rasa, atau kesemutan. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk melakukan pencegahan kejadian CTS pada mahasiswa keperawatan yang melakukan pembelajaran daring. Metode: Kegiatan edukasi pencegahan CTS di fokuskan pada mahasiswa angkatan keperawatan UNISA Yogyakarta Angkatan 2020 yang mengikuti pembelajaran daring secara penuh. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan melalui media zoom. Materi edukasi yang diberikan berupa pengetahuan terkait CTS serta pendampingan dalam melakukan pencegahan CTS. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keluhan CTS adalah CTS-Q (Carpal Tunnel Syndrome Questionnaire). Hasil: Mahasiswa yang hadir pada pertemuan pengabdian masyarakat berjumlah 213 orang pada pertemuan satu dan 78 mahasiswa pada pertemuan dua. Rata-rata skala nyeri mahasiswa keperawatan UNISA Yogyakarta angkatan 2020 selama masa pembelajaran daring masih dalam skala ringan antara 2-3, dan yang paling besar adalah keluhan nyeri punggung. Hasil skrining menunjukkan sebagian besar mahasiswa menggunakan gadget 5-8 jam sehari. Kesimpulan: Kesimpulan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan terdapat penurunan keluhan sakit di pergelangan tangan pada mahasiswa yang melakukan pembelajaran daring setelah dilakukannya senam CTS secara rutin dengan nilai p value 0,027.
Kata Kunci
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
Referensi
- Alharbi, A. A., M, A. H. S. Y., Almeiarfi, Z. S., Ali, J. M., Alomair, A. M., Alsakkak, A. A., Alturaifi, A. Y., Alhumaidi, A. S., Alqarni, T. A., Binyousef, B. H., & Alhalafi, A. M. (2020). An Overview on Carpal Tunnel Syndrome Diagnosis & Surgical Management Approach. International Journal Of Pharmaceutical Research And Allied Sciences, 9(4), 19–24.
- Amro, A., Albakry, S., Jaradat, M., Khaleel, M., Kharroubi, T., & Dabbas, A. (2020). Musculoskeletal Disorders and Association with Social Media Use among University Students at the Quarantine Time of COVID-19 Outbreak. Journal of Physical Medicine & Rehabilitation Studies, 1(1), 105. https://doi.org/10.15744/2767-4584.1.104
- Ashworth. (2018). Carpal Tunnel Syndrome. http://emedicine.medscape.com/ article/327330-overview
- Balakrishnan, R., Chinnavan, E., & Feii, T. (2016). An Extensive Usage of Hand Held Devices Will Lead To Musculoskeletal Disorder of Upper Extremity among Student in AMU: A Survey Method. International Journal of Physical Education, Sports and Health, 3(2), 368–372.
- Batara, G. O., Doda, D. V. D., & Wungow, H. I. S. (2021). Keluhan Muskuloskeletal Akibat Penggunaan Gawai pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Biomedik: JBM, 13(2), 152–160. https://doi.org/https://doi.org/10.35790/jbm.13.2.2021.31767
- Blevins, S. (2020). Carpal Tunnel Syndrome. MEDSURG Nursing, 29(1), 53–55.
- Darmawan, A., Doda, D., & Sapulete, I. (2020). Musculoskeletal Disorder pada Ekstremitas Atas akibat Penggunaan Telepon Cerdas secara Aktif pada Remaja Pelajar SMA. Medical Scope Journal, 1(2), 86–93. https://doi.org/10.35790/msj.1.2.2020.28005
- Dinesh, B., Mishra, D., Parikh, S., & Sharma, D. (2017). Computer Use and Carpal Tunnel Syndrome: A Case control Study. Indian Journal of Occupational and Environmental Medicine, 21, 109–114. https://doi.org/10.4103/ijoem.IJOEM_66_17
- Firman, F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 14–20. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v9i2.2481
- Kim, H.-J., & Kim, J.-S. (2015). The Relationship between Smartphone Use and Subjective Musculoskeletal Symptoms and University Students. Journal of Physical Therapy Science, 27(3), 575–579. https://doi.org/10.1589/jpts.27.575
- Lisay, E. K. R., Polii, H., & Doda, V. (2017). Hubungan Durasi Kerja dengan Keluhan Carpal Tunnel Syndrome pada Juru Ketik di Kecamatan Malalayang Kota Manado. JKK (Jurnal Kedokteran Klinik), 1(2), 46–52.
- Mandias, R. J., & Dengah, H. M. (2019). Hubungan Intensitas Penggunaan Internet dengan Carpal Tunnel Syndrome. Klabat Journal of Nursing, 1(2), 27–34. https://doi.org/10.37771/kjn.v1i2.415
- Mohammad, W. (2019). Work-related Risk Factors for Carpal Tunnel Syndrome among Majmaah University Female Touchscreen Users. Pakistan Journal of Medical Sciences, 35(5), 1221–1226. https://doi.org/10.12669/pjms.35.5.683
- Musa, M., & Abdillah, N. (2021). Penggunaan Google Meet dalam Proses Pengajaran dan Pembelajaran di Jabatan Teknologi Maklumat & Komunikasi, Politeknik Sultan Mizan Zainal Abidin. International Journal of Modern Education, 3(8), 104–113. https://doi.org/10.35631/IJMOE.38009
- National Institute of Neurological Disorders and Stroke (NINDS). (2019). Carpel Tunnel Syndrome Fact Sheet. http://ninds.nih.gov/disorders/patient-caregiver-education/fact-sheets/carpal-tunnelsyndrome-fact-sheet
- Nurdiansyah, D. (2017). 6 Gangguan Kesehatan Akibat Penggunaan Teknologi. http://www.serupedia.com/2015/02/6-gangguan-kesehatan-akibatpenggunaan.html?m=1
- Remeirs, F. (2021). Pendidikan dan COVID-19: Pemulihan daripada kejutan oleh pandemik dan membina semula dengan lebih baik. Siri Amalan Pendidikani, 34.
- The AAOS. (2017). Management of Carpal Tunnel Syndrome: Technical Report. https://www5.aaos.org/uploadedFiles/PreProduction/Quality/Measures/CTS%20Measures%20Technical%20Report.pdf.
- Yang, S.-Y., Chen, M.-D., Huang, Y.-C., Lin, C.-Y., & Chang, J.-H. (2017). Association Between Smartphone Use and Musculoskeletal Discomfort in Adolescent Students. Journal of Community Health, 42(3), 423–430. https://doi.org/10.1007/s10900-016-0271-x
- Žídková, V., Nakladalová, M., & Štěpánek, L. (2019). Effects of Exercise and Enzyme Therapy in Early Occupational Carpal Tunnel Syndrome: A Preliminary Study. BioMed Research International, 2019, 1–7. https://doi.org/10.1155/2019/8720493
Referensi
Alharbi, A. A., M, A. H. S. Y., Almeiarfi, Z. S., Ali, J. M., Alomair, A. M., Alsakkak, A. A., Alturaifi, A. Y., Alhumaidi, A. S., Alqarni, T. A., Binyousef, B. H., & Alhalafi, A. M. (2020). An Overview on Carpal Tunnel Syndrome Diagnosis & Surgical Management Approach. International Journal Of Pharmaceutical Research And Allied Sciences, 9(4), 19–24.
Amro, A., Albakry, S., Jaradat, M., Khaleel, M., Kharroubi, T., & Dabbas, A. (2020). Musculoskeletal Disorders and Association with Social Media Use among University Students at the Quarantine Time of COVID-19 Outbreak. Journal of Physical Medicine & Rehabilitation Studies, 1(1), 105. https://doi.org/10.15744/2767-4584.1.104
Ashworth. (2018). Carpal Tunnel Syndrome. http://emedicine.medscape.com/ article/327330-overview
Balakrishnan, R., Chinnavan, E., & Feii, T. (2016). An Extensive Usage of Hand Held Devices Will Lead To Musculoskeletal Disorder of Upper Extremity among Student in AMU: A Survey Method. International Journal of Physical Education, Sports and Health, 3(2), 368–372.
Batara, G. O., Doda, D. V. D., & Wungow, H. I. S. (2021). Keluhan Muskuloskeletal Akibat Penggunaan Gawai pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Biomedik: JBM, 13(2), 152–160. https://doi.org/https://doi.org/10.35790/jbm.13.2.2021.31767
Blevins, S. (2020). Carpal Tunnel Syndrome. MEDSURG Nursing, 29(1), 53–55.
Darmawan, A., Doda, D., & Sapulete, I. (2020). Musculoskeletal Disorder pada Ekstremitas Atas akibat Penggunaan Telepon Cerdas secara Aktif pada Remaja Pelajar SMA. Medical Scope Journal, 1(2), 86–93. https://doi.org/10.35790/msj.1.2.2020.28005
Dinesh, B., Mishra, D., Parikh, S., & Sharma, D. (2017). Computer Use and Carpal Tunnel Syndrome: A Case control Study. Indian Journal of Occupational and Environmental Medicine, 21, 109–114. https://doi.org/10.4103/ijoem.IJOEM_66_17
Firman, F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 14–20. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v9i2.2481
Kim, H.-J., & Kim, J.-S. (2015). The Relationship between Smartphone Use and Subjective Musculoskeletal Symptoms and University Students. Journal of Physical Therapy Science, 27(3), 575–579. https://doi.org/10.1589/jpts.27.575
Lisay, E. K. R., Polii, H., & Doda, V. (2017). Hubungan Durasi Kerja dengan Keluhan Carpal Tunnel Syndrome pada Juru Ketik di Kecamatan Malalayang Kota Manado. JKK (Jurnal Kedokteran Klinik), 1(2), 46–52.
Mandias, R. J., & Dengah, H. M. (2019). Hubungan Intensitas Penggunaan Internet dengan Carpal Tunnel Syndrome. Klabat Journal of Nursing, 1(2), 27–34. https://doi.org/10.37771/kjn.v1i2.415
Mohammad, W. (2019). Work-related Risk Factors for Carpal Tunnel Syndrome among Majmaah University Female Touchscreen Users. Pakistan Journal of Medical Sciences, 35(5), 1221–1226. https://doi.org/10.12669/pjms.35.5.683
Musa, M., & Abdillah, N. (2021). Penggunaan Google Meet dalam Proses Pengajaran dan Pembelajaran di Jabatan Teknologi Maklumat & Komunikasi, Politeknik Sultan Mizan Zainal Abidin. International Journal of Modern Education, 3(8), 104–113. https://doi.org/10.35631/IJMOE.38009
National Institute of Neurological Disorders and Stroke (NINDS). (2019). Carpel Tunnel Syndrome Fact Sheet. http://ninds.nih.gov/disorders/patient-caregiver-education/fact-sheets/carpal-tunnelsyndrome-fact-sheet
Nurdiansyah, D. (2017). 6 Gangguan Kesehatan Akibat Penggunaan Teknologi. http://www.serupedia.com/2015/02/6-gangguan-kesehatan-akibatpenggunaan.html?m=1
Remeirs, F. (2021). Pendidikan dan COVID-19: Pemulihan daripada kejutan oleh pandemik dan membina semula dengan lebih baik. Siri Amalan Pendidikani, 34.
The AAOS. (2017). Management of Carpal Tunnel Syndrome: Technical Report. https://www5.aaos.org/uploadedFiles/PreProduction/Quality/Measures/CTS%20Measures%20Technical%20Report.pdf.
Yang, S.-Y., Chen, M.-D., Huang, Y.-C., Lin, C.-Y., & Chang, J.-H. (2017). Association Between Smartphone Use and Musculoskeletal Discomfort in Adolescent Students. Journal of Community Health, 42(3), 423–430. https://doi.org/10.1007/s10900-016-0271-x
Žídková, V., Nakladalová, M., & Štěpánek, L. (2019). Effects of Exercise and Enzyme Therapy in Early Occupational Carpal Tunnel Syndrome: A Preliminary Study. BioMed Research International, 2019, 1–7. https://doi.org/10.1155/2019/8720493
