Main Article Content

Abstract

Background: Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk intrakulikuler yang termasuk dalam pengimplementasian Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan KKN ini bertujuan untuk dapat menyelesaikan berbagai problematika yang terjadi di Desa Gunung Meriah yang meliputi bidang pendidikan, sosial masyarakat, dan lingkungan. Metode: Metode pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) yaitu metode yang melibatkan masyarakat secara aktif. Pelaksanaan KKN ini dimulai pada 18 Juli 2022 sampai dengan 18 Agustus 2022 di Desa Gunung Meriah, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Terdapat 2 program dalam pelaksanaan KKN yang terdiri dari Program Utama dan Program Bantuan dimana masing-masing program memiliki beberapa kegiatan. Hasil: Program utama terdiri dari, kelas khusus untuk mengatasi buta huruf, bimbingan belajar (les), mengajar ngaji, kesehatan, perpustakaan, pembuatan pupuk organik cair, pembuatan nomor rumah, menonton film islami bersama, senam, dan lomba-lomba. Sedangkan program bantuan terdiri dari kegiatan pengajaran formal, gotong royong, pengajian (wirit) rutin, pembuatan gapura 17-an, pembukaan jalan untuk pariwisata, dan kegiatan seminar. Kesimpulan: seluruh program yang telah dilaksanakan selama sebulan penuh, dapat disimpulkan bahwa program telah dilaksanakan dengan baik dan lancar, serta tidak ada kendala sama sekali dalam menjalankan setiap program.

Keywords

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pengabdian masyarakat Pendidikan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pengabdian masyarakat Pendidikan

Article Details

How to Cite
Nurhalizah, N., Pradana, G. R., Siregar, A. K., Khairunnisa, K., & Hasibuan, N. (2023). Pengembangan Desa dengan Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata untuk Mewujudkan Masyarakat yang Cerdas, Maju, dan Berdaya Saing . Jurnal SOLMA, 11(3), 531–540. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.9918

References

  1. Aliyah, H., Aryani, A. P., & Nawari, N. N. (2022). Program Penguatan Literasi Sekolah Dan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Pangauban Bandung Barat. Jurnal Al Maesarah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Pendidikan, Sosial, Dan Kemasyarakatan, 1(1), 15–23.
  2. Amelia, J. (2021). Pentingnya Penerapan Bimbingan Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19 di Desa Bronjong Kecamatan Bluluk. Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 76–81.
  3. Awalludin, S. A., & Ulfah, S. (2021). Pengembangan Desa Binaan dengan Kuliah Kerja Nyata Menuju Masyarakat yang Mencerdaskan, Mencerahkan, dan Berkemajuan. Jurnal Solma, 8(1), 127–136. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1s.5380
  4. Azhari, W., Purwanto, Rifa’i, Fu. Y. A., & Pudail, M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Desain Grafis di Balai Latihan Kerja Komunitas Pesantren Pada Masa Pandemi Covid-19. Logista: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 487–493. https://doi.org/10.25077/logista.4.2.487-493.2020
  5. Dewi, E., Agustina, R., & Nuzulina. (2021). Potensi Limbah Air Cucian Beras Sebagai Pupuk Organik Cair (POC) Pada Pertumbuhan Sawi Hijau (Brassica juncea L.). Jurnal Agroristek, 4(2), 40–46. https://doi.org/10.47647/jar
  6. Fauzan, N. D., Maulana, A., An-Najjah, I. S., Rachman, F., & Octalyani, E. (2021). Penggunaan Pupuk Organik Cair Sebagai Pengganti Pupuk Kimia di Desa Sidomulyo, Kecamatan Air Naningan. Altruis: Journal of Community Services, 2(2), 23–26. https://doi.org/10.22219/altruis.v2i2.15977
  7. Firdaus, A. A., Machpudz, M. H., & Yulia, R. (2021). Edukasi Nilai-Nilai Islam di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Iman Pamulang. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–4.
  8. Hairuddin, R., Yamin, M., & Riadi, A. (2018). Respon Pertumbuhan Tanaman Anggrek (Dendrobium Sp.) Pada Beberapa Konsentrasi Air Cucian Ikan Bandeng dan Air Cucian Beras Secara In Vivo. Jurnal Perbal, 6(2), 23–29.
  9. Hasanah, Y. M., Husnul, N. R. I., Masitoh, L. F., & Aedi, W. G. (2020). Pengentasan Buta Huruf Anak Jalanan Melalui Program Baca di Bambu Pelangi Lapak Sarmili Bintaro. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang, 1(2), 146–154.
  10. Khoirunisak, N., & Wulanjari, D. (2021). KKN Back To Village III Universitas Jember 2021 : Penanganan Stunting Dan Aki AKB Era Pandemi Covid-19 Dengan 3M Di Desa Trewung Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 1(1), 83–90. https://doi.org/10.54082/jamsi.35
  11. Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 99–112. https://doi.org/10.24042/alidarah.v7i1.1112
  12. Muniarty, P., Wulandari, Pratiwi, A., & Rimawan, M. (2021). Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kuliah Kerja Nyata Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima. Journal of Empowernment, 2(2), 172–182. https://doi.org/10.35194/je.v2i2.1586
  13. Murnita, & Taher, Y. A. (2021). Dampak Pupuk Organik dan Anorganik Terhadap Perubahan Sifat Kimia Tanah dan Produksi Tanaman Padi (Oriza sativa L.). MENARA Ilmu, 15(02), 67–76. https://doi.org/10.31869/mi.v15i2.2314
  14. Rafli, M., Fadil, A., Fadlurrahman, D., & Anwar, M. K. (2021). Pengadaan Banner “Jaga Diri dan Keluarga dengan GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat)” Jakarta. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–4.
  15. Rosaria, D., & Novika, H. (2017). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) di Desa Semangat Dalam RT. 31 Handil Bhakti. Jurnal Al-Ikhlas, 2(2), 13–19. http://dx.doi.org/10.31602/jpai.v2i2.751
  16. Sodik, F. (2020). Pendidikan Toleransi dan Relevansinya dengan Dinamika Sosial Masyarakat Indonesia. Tsamratul Fikri, 14(1), 1–14. https://doi.org/10.36667/tf.v14i1.372
  17. Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
  18. Sumardi, A., Lutfi, Farihen, & Banowati, S. P. (2020). Meningkatkan Minat Baca Melalui Perpustakaan Mini pada Anak SD di Bekasi Utara. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–6.
  19. Syardiansah. (2019). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017). Jim Upb, 7(1), 57–68. https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915
  20. Umar, A. U. A. Al, Savitri, A. S. N., Pradani, Y. S., Mutohar, & Khamid, N. (2021). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus IAIN Salatiga KKN 2021). E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(01), 39–44.
  21. Winata, K. A., Zaqiah, Q. Y., Supiana, & Helmawati. (2021). Kebijakan Pendidikan di Masa Pandemi. Ad-Man-Pend, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.32502/amp.v4i1.3338
  22. Yuindra, D., Sunaryadi, Yusmaniarti, & Saputera, S. A. (2022). Seminar Parenting dalam Pencegahan Stunting Melalui KKN-Muhammadiyah Aisyiyah di Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata, 2(1), 31–34. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i1.2839
  23. Yulianingsih, R. (2017). Pengaruh Air Cucian Beras Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Terung Ungu (Solanum Melongena L.). PIPER, 13(24), 61–68. https://doi.org/10.51826/piper.v13i24.68