Main Article Content
Abstract
Background: Banyaknya pengangguran di Indonesia disebabkan oleh rendahnya pendidikan dan rendahnya daya saing, mereka cenderung kurang terampil dalam mengembangkan keterampilan, sehingga tidak mampu bersaing. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan penyuluhan dan pelatihan kewirausahaan sebagai peluang bisnis bagi generasi muda yang mandiri. Metode: Pengabdian dilakukan dengan cara memberikan penyuluhan dan pelatihan melului ceramah, diskusi dan tanya jawab kepada siswa Sekolah Madrasah Aliya Negeri Tanah Karo yang dihadiri 315 Siswa. Hasil: Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah siswa dengan mempelajari kewirausahaan akan memberikan motivasi bagi siswa untuk membuka peluang usaha setelah tamat sekolah sehingga siswa dapat berkarya dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya. Kesimpulan: Siswa yang memiliki motivasi berwirausaha yang tinggi melahirkan nilai produktif dan kreatif dalam berwirausaha. Melalui diskusi dan Tanya jawab, siswa memahami solusi dari tantangan yang dihadapi dalam menjalankan usaha.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Erik, Suryaratri, R. D., & Deasyanti. (2020). Peningkatan Kemampuan Softskill Kewirausahaan Siswa SMA/SMK Di Jakarta. HAPEMAS 2: Prosiding Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, Hapemas 2, 313–323.
- Gultom, P. (2021). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Siswa SMA Melalui Pelatihan dan Seminar. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu …, 1(2), 74–79.
- Herawati, T., Puspitawati, H., & Sarma, M. (2009). Pelatihan Keterampilan Wirausaha dalam Upaya Pengembangan Usaha Ekonomi Keluarga Melalui Kegiatan Simpan Pinjam.
- Husna, A. N. (2017). Psikologi Kewirausahaan: Potensi Riset dalam Konteks Indonesia. The 6th University Research Colloqium, September, 1–11.
- Kadiyono, A. L. (2014). Efektivitas pengembangan potensi diri dan orientasi wirausaha dalam meningkatkan sikap wirausaha effectiveness of self development and entrepreneurial orientation in improving entrepreneurial attitude. Jurnal Intervensi Psikologi, 6(1), 25–38.
- Kementerian Pendidikan, R. I. (2013). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. In Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia (pp. 1–162).
- Natalita, C., & Selamat, F. (2019). Pengaruh Latar Belakang Keluarga, Kepribadian, dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 1(4), 778. https://doi.org/10.24912/jmk.v1i4.6564
- Nguyen, C. (2018). Demographic Factors, Family Background and Prior Self-Employment on Entrepreneurial Intention - Vietnamese Business Students are Different: Why? Journal of Global Entrepreneurship Research, 8(10), 1–17. https://doi.org/10.1186/s40497-018-0097-3
- Oyewumi, A., & Adeniyi, S. O. (2013). Assessing Attitude to and Knowledge of Entrepreneurship among Students with Hearing Impairment in Nigeria. African Research Review: Sn International Multidisciplinary Journal, 7(3), 127–142. https://doi.org/10.4314/afrrev.v7i3.10
- S, S. E. J., Purba, R., Damanik, S. W. H., Siahaan, Fitrianingsih, Siregar, A., Zaluku, R., Syafrizal, R., Rusmewahni, Dewi, K. V., Cen, C. C., Piter, R., H, S., Ketaren, A., Candrasa, L., & Damanik, A. Z. (2022). Motivasi Siswa dalam Mempersiapkan Diri Mengenal Dunia Kewirausahaan di Tingkat SMA. Jurnal Abdidas, 3(1), 141–149.
- Saptono, A., Wibowo, A., Narmaditya, B. S., Karyaningsih, R. P. D., & Yanto, H. (2020). Does Entrepreneurial Education Matter for Indonesian Students’ Entrepreneurial Preparation: The mediating Role of Entrepreneurial Mindset and Knowledge. Cogent Education, 7(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2020.1836728
- Suprayekti, & Septyara Dwi, A. (2017). Pelaksanaan Program Workshop "Belajar Efektif " Untuk Orang Tua. Jurnal Ilmiah Visi PGTK Dan DIKMAS, 12(2), 129–136.
- Takdir, D., AS, M., & Zaid, S. (2015). Kewirausahaan. Wijana Mahadi Karya.
- Utomo, H. (2010). Kontribusi Soft Skill Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Among Makarti, 3(5), 95–104.
- Wardana, L. W., Narmaditya, B. S., Wibowo, A., Mahendra, A. M., Wibowo, N. A., Harwida, G., & Rohman, A. N. (2020). The impact of entrepreneurship education and students’ entrepreneurial mindset: the mediating role of attitude and self-efficacy. Heliyon, 6(9), 1–7. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04922
- Yusda, D. D., Anwar, A., & Wengrum, T. D. (2022). Pelatihan kewirausahaan smk pelita gedong tataan. ANDASIH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 35–40.
References
Erik, Suryaratri, R. D., & Deasyanti. (2020). Peningkatan Kemampuan Softskill Kewirausahaan Siswa SMA/SMK Di Jakarta. HAPEMAS 2: Prosiding Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, Hapemas 2, 313–323.
Gultom, P. (2021). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Siswa SMA Melalui Pelatihan dan Seminar. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu …, 1(2), 74–79.
Herawati, T., Puspitawati, H., & Sarma, M. (2009). Pelatihan Keterampilan Wirausaha dalam Upaya Pengembangan Usaha Ekonomi Keluarga Melalui Kegiatan Simpan Pinjam.
Husna, A. N. (2017). Psikologi Kewirausahaan: Potensi Riset dalam Konteks Indonesia. The 6th University Research Colloqium, September, 1–11.
Kadiyono, A. L. (2014). Efektivitas pengembangan potensi diri dan orientasi wirausaha dalam meningkatkan sikap wirausaha effectiveness of self development and entrepreneurial orientation in improving entrepreneurial attitude. Jurnal Intervensi Psikologi, 6(1), 25–38.
Kementerian Pendidikan, R. I. (2013). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. In Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia (pp. 1–162).
Natalita, C., & Selamat, F. (2019). Pengaruh Latar Belakang Keluarga, Kepribadian, dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 1(4), 778. https://doi.org/10.24912/jmk.v1i4.6564
Nguyen, C. (2018). Demographic Factors, Family Background and Prior Self-Employment on Entrepreneurial Intention - Vietnamese Business Students are Different: Why? Journal of Global Entrepreneurship Research, 8(10), 1–17. https://doi.org/10.1186/s40497-018-0097-3
Oyewumi, A., & Adeniyi, S. O. (2013). Assessing Attitude to and Knowledge of Entrepreneurship among Students with Hearing Impairment in Nigeria. African Research Review: Sn International Multidisciplinary Journal, 7(3), 127–142. https://doi.org/10.4314/afrrev.v7i3.10
S, S. E. J., Purba, R., Damanik, S. W. H., Siahaan, Fitrianingsih, Siregar, A., Zaluku, R., Syafrizal, R., Rusmewahni, Dewi, K. V., Cen, C. C., Piter, R., H, S., Ketaren, A., Candrasa, L., & Damanik, A. Z. (2022). Motivasi Siswa dalam Mempersiapkan Diri Mengenal Dunia Kewirausahaan di Tingkat SMA. Jurnal Abdidas, 3(1), 141–149.
Saptono, A., Wibowo, A., Narmaditya, B. S., Karyaningsih, R. P. D., & Yanto, H. (2020). Does Entrepreneurial Education Matter for Indonesian Students’ Entrepreneurial Preparation: The mediating Role of Entrepreneurial Mindset and Knowledge. Cogent Education, 7(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2020.1836728
Suprayekti, & Septyara Dwi, A. (2017). Pelaksanaan Program Workshop "Belajar Efektif " Untuk Orang Tua. Jurnal Ilmiah Visi PGTK Dan DIKMAS, 12(2), 129–136.
Takdir, D., AS, M., & Zaid, S. (2015). Kewirausahaan. Wijana Mahadi Karya.
Utomo, H. (2010). Kontribusi Soft Skill Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Among Makarti, 3(5), 95–104.
Wardana, L. W., Narmaditya, B. S., Wibowo, A., Mahendra, A. M., Wibowo, N. A., Harwida, G., & Rohman, A. N. (2020). The impact of entrepreneurship education and students’ entrepreneurial mindset: the mediating role of attitude and self-efficacy. Heliyon, 6(9), 1–7. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04922
Yusda, D. D., Anwar, A., & Wengrum, T. D. (2022). Pelatihan kewirausahaan smk pelita gedong tataan. ANDASIH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 35–40.