Main Article Content

Abstract

Background: Kegiatan Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya pengetahuan pemilik UMKM mengenai manfaat media sosial untuk menjangkau akses pemasaran yang lebih luas. Tujuan kegiatan pengabdian adalah memberikan pengetahuan tentang penggunaan media sosial dalam melakukan pemasaran produknya dan agar pemilik UMKM dapat memperluas jaringan pemasarannya melalui media sosial serta memahami teknologi terkini. Metode: Pengabdian masyarakat ini bermitra dengan UMKM Kota Palu, dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang, metode pengabdian meliputi analisis situasi permasalahan mitra, mengadakan pelatihan, dan melakukan evaluasi. Hasil: Setelah dilakukannya kegiatan pelatihan, peserta pelatihan pemanfaatan media sosial pada UMKM telah mampu membuat media sosial berbasis bisnis seperti whatsapp bisnis dan Instagram bisnis. Kesimpulan: Berdasarkan hasil evaluasi ditemukan bahwa pelaksanaan kegiatan ini berjalan sukses dengan tingkat kehadiran peserta yang tinggi.

Keywords

Media Sosial Pengabdian Strategi Pemasaran UMKM

Article Details

How to Cite
Santi, I. N., Hatma, R., Mubaraq, R., Farid, Wanti, S., & Surayya. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran bagi UMKM Kota Palu di Era Pandemi Covid-19. Jurnal SOLMA, 11(3), 667–674. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.9230

References

  1. Agustriyana, D., Ramadhan, N., Oktavien, S., & Sofyandi, R. H. (2021). BERTAHAN USAHA PADA UMKM DI TENGAH PANDEMIC COVID-19. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i2.8787
  2. Aminy, A., & Fithriasari, K. (2021). ANALISIS DAMPAK COVID-19 BAGI UMKM DI JAWA TIMUR. Seminar Nasional Official Statistics. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2020i1.646
  3. Astuti, R. P., Kartono, K., & Rahmadi, R. (2020). Pengembangan UMKM melalui Digitalisasi Tekonolgi dan Integrasi Akses Permodalan. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 248–256. https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5764
  4. Awali, H. (2020). URGENSI PEMANFAATAN E-MARKETING PADA KEBERLANGSUNGAN UMKM DI KOTA PEKALONGAN DI TENGAH DAMPAK COVID-19. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342
  5. Awaloedin, D. T., Sazali, Nurhilaludin, & Hanifa, M. (2020). Strategi Menghadapi Dampak Pandemi covid 19 terhadap Usaha Kecil dan Menengah Dipa Teruna Awaloedin Sazali Nurhilaludin Muthia Hanifa. Manajemen.
  6. Chuzairi, A., Sidik, M. A., Kamaruzaman, K., Rahman, A., & Susanti, R. (2021). Analisis Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Ekonomi UMKM Oleh-Oleh Di Sei Enam, Kijang - Bintan. JPPM Kepri: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v1i1.171
  7. Fakhriyyah, D. D., Sari, A. F. K., Damayanti, L. A., & Susilawati, M. (2021). Perluasan Pangsa Pasar Produk UMKM Selama Pandemi Covid-19 melalui Pemanfaatan Marketplace. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M). https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i3.13197
  8. Fikri, Y. T. A. (2021). Analisis Peningkatan Angka Pengangguran akibat Dampak Pandemi Covid 19 di Indonesia. Indonesian Journal of Business Analytics.
  9. Gunardi, Agus Rahayu, L. A. W. (2020). Analisa Strategi Pemasaran Online Terhadap Kinerja Keuangan Umkm Fashion di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan.
  10. Hajriyanti, R., & Akbar, R. (2021). Analisis Dampak Pandemi COVID 19 Terhadap Pemasaran Online di Kecil dan Usaha Menengah (UMKM). Jurnal EMT KITA. https://doi.org/10.35870/emt.v5i2.450
  11. Imam Pamungkas Walton, & Nurmandi, A. (2021). STRATEGI BERTAHAN UMKM DI TENGAH PANDEMI COVID-19. GOVERNABILITAS (Jurnal Ilmu Pemerintahan Semesta). https://doi.org/10.47431/governabilitas.v2i2.117
  12. Justitia, A., Werdiningsih, I., Effendy, F., & Taufik, T. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing bagi UMKM Jasa Laundry menuju UMKM Go Digital. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.47747/jnpm.v2i2.388
  13. Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Nofiawaty, N., & Siregar, L. D. (2021). Menjadi “UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i1.29
  14. Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), 59–64. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64
  15. Sadikin, A., Komar, O., & Sukmana, C. (2020). Implementasi Pelatihan Berbasis Digital Marketing Dalam Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Bagi Pelaku Umkm Kota Cimahi. Abdimas Siliwangi.
  16. Thaha, S., Hatidja, S., & Hasniati, H. (2021). Pelatihan Digital Marketing untuk meningkatkan Penjualan UMKM di MasaPandemiCovid-19Di Kecamatan Turikale Kabupaten Maros. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.208
  17. Wasan, G. H., & Anita Sariningsih. (2021). Pelatihan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Digital Di Kecamatan Citeureup. Jurnal Pengabdian Bina Mandiri. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.7
  18. Wati, A., & Sari, A. P. (2021). DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DAN STRATEGI PENINGKATAN PEREKONOMIAN PEMILIK UMKM (STUDI KASUS DI DESA SURUHAN KABUPATEN SUKOHARJO). SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6557
  19. Wulandari, S. N. (2020). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Pelaksanaan. Bening.
  20. Yusmedi Nurfaizal, & Toni Anwar. (2019). Manajemen Usaha dan Pelatihan Digital Marketing UMKM pada KUB Batik Pringmas Desa Papringan Banyumas. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter. https://doi.org/10.36765/jpmb.v2i2.9