Main Article Content

Abstract

Background: Desa Sumber Sari, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, merupakan salah satu daerah yang menjadi binaan Perguruan Tinggi STAI Muhammadiyah Bandung. Sebagai perwujudan pengabdian, maka pihak Perguruan Tinggi menetapkan mahasiswa dan dosen untuk melakukan pengabdian. Data menunjukkan, bahwa di lokasi tersebut, ada satu Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 2 yang belum menerapkan program gerakan literasi sekolah dan sebuah perpustakaan di kantor kecamatan yang tidak berfungsi. Hal ini menunjukkan bahwa kepedulian warga masyarakat terhadap literasi masih minim. Metode: Dengan membangun motivasi warga sekolah dan warga masyarakat untuk mau membaca dan berupaya menghadirkan ruang baca publik yang dapat memfasilitasi warga sekolah maupun warga masyarakat.  Hasil: Aksi mahasiswa dapat dikatakan berhasil, karena keberhasilan tersebut ditunjukkan dengan terbangunnya kembali semangat santri Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 2 dalam membaca.  Kesimpulan: Dengan sistem yang telah dibangun, para santri dibiasakan membaca buku-buku bacaan yang telah disedianakan di Madrasah. Pun demikian, fasilitas buku bacaan serta rekondisi perpustakaan di kantor Kecamatan Ciparay terjadi. Kini, setiap masyarakat yang berkunjung ke kantor Kecamatan, dapat menikmati sajian buku-buku yang tertata rapi dengan berbagai judul bacaan yang dapat lebih mencerdaskan.

Keywords

Aksi Mahasiswa Literasi Sumber Sari Aksi Mahasiswa Literasi Sumber Sari

Article Details

How to Cite
Ibrohim, I., Kartika, M., Muhtadin, M., & Chadidjah, S. (2022). Aksi Mahasiswa STAI Muhammadiyah dalam Membangun Semangat Literasi Warga Desa Sumber Sari, Kabupaten Bandung. Jurnal SOLMA, 11(2), 408–417. https://doi.org/10.22236/solma.v11i2.8620

References

  1. Ahmad, T. (2008). Filsafat Pendidikan Islam. Remaja Rosdakarya.
  2. Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran (p. 233). Raja Grafindo Persada.
  3. Devianty, R. (2019). Manfaat Literasi untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 3(1).
  4. Hasanah, U. (2019). Pengembangan Pembelajaran Literasi Membaca untuk Meningkatkan Daya Baca Siswa. Jurnal Pustakawan, 26(2), 127.
  5. Hayatin, N. (2019). Peningkatan Literasi Untuk Guru Dan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Ensiklopedia Anak. Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(1), 47. https://doi.org/10.22219/jpa.v2i1.8316
  6. Hermawan, R. (2020). Pengaruh Literasi pada Keterampilan Membaca Siswa. Jurnal Papeda, 2(1). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.411
  7. Hidayah, A. (2017). Pengembangan Model TIL, Tipe The Big 6 dalam Proses Pembelajaran sebagai Upaya Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah. Jurnal Penelitan Dan Penalaran, 4(1), 623–635.
  8. Ibrohim, I. (2021). Inovasi Pendidikan dalam Mengembangkan Mutu Pembinaan Siswa. In Disertasi (p. 108). UIN Sunan Gunung Djati.
  9. Lerner. (1998). Meningkatkan Efektivitas Mengajar. Pustaka Jaya.
  10. Lubis, S. S. W. (2020). Membangun Budaya Literasi Membaca dengan Pembanfaatan Media Jurnal Baca Harian. Pionir Jurnal Pendidikan, 9(1), 127. https://doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7167
  11. Oktariani. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan berpikir kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan, 1(1). https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11
  12. Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya LIterasi dalam Meningkatkan Budaya Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar Muhammad Sadli. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829
  13. Saroni, M. (2018). Meningkatkan Daya Saing Sekolah. In Ar Ruzz Media Tafsir Al Quranul Karim. Kementrian Agama.
  14. Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al Misbah; Pesan, Kesan dan Keserasian Al Quran. Lentera Hati.
  15. Theresia, S., & Kurniawan, H. (2020). Pelatihan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di Smp Pangudi Luhur St. Vincentius Sedayu Bantul. ABDIMAS ALTRUIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 45–52. https://doi.org/10.24071/aa.v3i1.2950
  16. Undang-Undang RI. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun Pasal 4 ayat 5.

Most read articles by the same author(s)