Isi Artikel Utama

Abstrak

Background: Kebijakan PTMT terbatas menuntur guru harus memiki inovasi dalam pembelajaran. Penggunaan PPT di SMP Muhammadiyah 9 Jakarta dinilai belum efektif dalam kegiatan pembelajaran blended learning. Oleh karena itu diadakannya pelatihan dalam pemanfaatan aplikasi Articulate Storyline 3 untuk dijadikan media pembelajaran interaktif. Dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dalam membuat media pembelajan berbasis teknologi. Metode: Metode survei untuk mengetahui dan menganalisis hasil instrumen angket yang diberikan terkait materi pelatihan dan penyampaian narasumber. Sebanyak 33 peserta mengikuti dengan online zoom meeting yang dilaksanakn di SMP Muhammadiyah 9 Jakarta. Hasil: Guru dapat mempunyai inovasi dalam pembuatan media pembelajaran yang menarik, guru dapat membuat materi sekreatif mungkin, baik menggunakan audiovisual maupun gambar-gambar yang menunjang, dan guru tertarik menggunakan apilkasi articulate storyline 3 ini dalam proses pembelajaran. Kesimpulan: Kegiatan pelatihan ini menunjang guru dalam inovasi pembelajaran dan adanya ketertarikan yang positif terhadap Articulate Storyline 3.

Kata Kunci

Articulate Storyline 3 Blended Learning Interactive Learning Media PTMT Articulate Storyline 3 Blended Learning Media Pembelajaran Interaktif PTMT

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Bunyamin, B., & Arifin Rahmanto, M. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 dalam Pembelajaran Blended Learning . Jurnal SOLMA, 11(2), 243–250. https://doi.org/10.22236/solma.v11i2.8594

Referensi

  1. Adawiyah, R., Isnaini, N. F., Hasanah, U., & Faridah, N. R. (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Pada Era New Normal Di MI At-Tanwir Bojonegoro. Jurnal Basicedu, 5(5), 3814–3821. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1435
  2. Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Zkurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas Iv Sekolah Dasar. Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2). Https://Doi.Org/10.35931/Am.V4i2.331
  3. Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
  4. Chaeruman, Uwes Anis. (2020). Ruang Belajar Baru dan Implikasi Terhadap Pembelajaran di Era Tatanan Baru. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 142-153.
  5. Hasim, W., Kusen, Hartini, & Daheri, M. (2021). Perencanaan Strategi Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3884–3897. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1147
  6. Limbong, O. P., Tambunan, W., & Limbong, M. (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di SMK Negeri 2 Toraja Utara Pada Masa Pandemi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(01), 37–45. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i1.3265
  7. Onde, L. O., Aswat, H., Sari, E. R., Meliza, N., Buton, U. M., Ode, L., Aswat, H., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di Masa New Normal Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4400–4406. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1449
  8. Pratama, R. A. (2018). AL BARIK (Turorial Gambar Grafik): Suatu Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2. AdMathEdu, 8(2).
  9. Ramaliya. (2018). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran. Bidayah: Studi Ilimu-Ilmu Keislaman, 9(1), 77–88.
  10. Suyanto, U. Y., Romadhona, D., & Hidayati, N. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Digital Dalam Pembelajaran Interaktif Bagi Siswa Sekolah Dasar di Era New Normal. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 122–128. https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3986
  11. Utami, A. T. (2019). Penggunaan Media Meningkatkan Hasil Keselamatan Kerja Pembelajaran Belajar Siswa Interaktif Untuk Materi Kecelakaan. 3(4), 426–432. https://doi.org/10.23887/jear.v3i4.22374

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama