Main Article Content
Abstract
Background: Penelitian tentang teknologi energi surya sudah banyak yang dipublikasikan. Akan tetapi, setiap hasil penelitian termasuk penelitian energi surya tidak cukup terpublikasi hanya di kalangan masyarakat ilmiah atau akademis dalam media dan forum ilmiah saja. Salah satu masyarakat yang memerlukan pengetahuan energi surya adalah siswa sekolah menengah. Metode: Adapun kegiatan yang dilakukan adalah melakukan pre-test tentang energi surya terhadap 23 orang siswa yang akan mengikuti pelatihan, kemudian dilakukan pemberian teori materi energi surya, melakukan post-test untuk mengetahui pengetahuan siswa hasil penyampaian materi tentang energi surya tersebut, dan ditutup dengan memperagakan dan praktik perakitan rangkaian sistem fotovoltaik. Hasil: Hasil pre-test rata-rata siswa sebesar 4,86, sedangkan hasil post-test rata-rata siswa sebesar 6,52. Dari kedua tes tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan dan pemahaman yang signifikan tentang energi surya antara sebelum dan sesudah pemberian materi. Kesimpulan: Hasil kegiatan ini menghasilkan peningkatan kemampuan siswa dalam pengetahuan dan pemahaman tentang energi surya.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Cholily, Y. M., Inam, A., Inganah, S., & Effendi, M. M. (2018). Prakarya Listrik Energi Matahari untuk Siswa SMP. Seminar Nasional Edusainstek, 76–81.
- Hardani, D. N. K., Kurniawan, I. H., & Winarso, W. (2019). Wisata Edukasi Berbasis Energi Terbarukan Sel Surya. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), 245. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i2.5154
- Hartono Budi, S., Saodah, S., Utami, S., & Baisrum. (2020). Sosialisasi dan Implementasi Renewable Energy di SMKN 1 Cimahi. DIFUSI, 3(1).
- Irawati, F., Kartikasari, F. D., & Tarigan, E. (2021). Pengenalan Energi Terbarukan dengan Fokus Energi Matahari kepada Siswa Sekolah Dasar dan Menengah. Publikasi Pendidikan, 11(2), 164. https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.16413
- Jannah, M., Fajri, & Siska, D. (2019). Memperkenalkan Energi Terbarukan Menggunakan Panel Surya bagi Pelajar SMP IT Bunayya Lhokseumawe Guna Menuju Lingkungan Mandiri Energi. Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri ..., 3(1), 32–35. http://e-jurnal.pnl.ac.id/semnaspnl/article/download/1753/1540
- Mardiyono, Ariyono, S., Wasito, E., & Handoko, S. (2016). Pemanfaatan Energi Surya sebagai Energi Alternatif dan Peningkatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Alam Ar Ridho. Jurnal DIANMAS, 5, 45–52.
- Mustofa, Z., Sutopo, & Mufti, N. (2016). Pemahaman Konsep Siswa SMA tentang Usaha dan Energi Mekanik. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, October, 520.
- Nuryana, H. (2017). Efektivitas Remidiasi Pembelajaran Fisika Materi Usaha dan Energi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Time Token Arends dalam Meningkatkan .... X, 1–8. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/65077/Efektivitas-Remidiasi-Pembelajaran-Fisika-Materi-Usaha-Dan-Energi-Dengan-Menggunakan-Model-Pembelajaran-Time-Token-Arends-Dalam-Meningkatkan-Kemampuan-Kognitif-Siswa-di-SMA
- Rahmatina, D. I., Sutopo, & Wartono. (2017). Pemahaman Konsep dan Kemampuan Multirepresentasi Siswa SMA pada Materi Usaha Energi. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM, 2(1), 127–133.
- Rudiastari, E., & Ni Nyoman Yuliastuti, IBK Sugirianta, I. G. N. A. D. S. (2021). Pelatihan Media Pembelajaran dan Pengenalan Enenrgi Baru Terbarukan di SD 2 Cau Belayu, Marga, Tabanan. Prosiding Senadimas Undiksha, 1905–1912.
- Rusdi, M., Hariyanto, H., & Cipto, C. (2021). Sosialisasi Pemanfaatan Energi Terbarukan dan Pelatihan Teknologi Tepat Guna Berbasis Solarcell nntuk Pelajar SMPIT Ibnu Sina Merauke. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 79–84. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.20
- Situmorang, S., Pakpahan, V. M., Gultom, F., Teknik, F., Efarina, U., Pdt, J., Saragih, J. W., Pematang, N., Sumatera, S., Listrik, T., Pelatihan, K., & Ekonomi, A. (2021). Pelatihan Perancangan dan Analisis Ekonomi Pembangkit Listrik Tenaga Surya Menggunakan Perangkat Lunak Homer Di SMK Cinta Rakyat Terbarukan untuk Mengatasi Sumber Energi Listrik dari Energi Fosil yang Terbatas . Pembangkit Competencies of Vocational High. Ikraith-Abdimas, 5(2), 75–81.
- Wijaya, K. (2017). Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY 2017 Sinergi Penelitian dan Pembelajaran untuk Mendukung Pengembangan Literasi Kimia pada Era Global Ruang Seminar FMIPA UNY, 14 Oktober 2017. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY 2017, 21(4), 183–188.
References
Cholily, Y. M., Inam, A., Inganah, S., & Effendi, M. M. (2018). Prakarya Listrik Energi Matahari untuk Siswa SMP. Seminar Nasional Edusainstek, 76–81.
Hardani, D. N. K., Kurniawan, I. H., & Winarso, W. (2019). Wisata Edukasi Berbasis Energi Terbarukan Sel Surya. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), 245. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i2.5154
Hartono Budi, S., Saodah, S., Utami, S., & Baisrum. (2020). Sosialisasi dan Implementasi Renewable Energy di SMKN 1 Cimahi. DIFUSI, 3(1).
Irawati, F., Kartikasari, F. D., & Tarigan, E. (2021). Pengenalan Energi Terbarukan dengan Fokus Energi Matahari kepada Siswa Sekolah Dasar dan Menengah. Publikasi Pendidikan, 11(2), 164. https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.16413
Jannah, M., Fajri, & Siska, D. (2019). Memperkenalkan Energi Terbarukan Menggunakan Panel Surya bagi Pelajar SMP IT Bunayya Lhokseumawe Guna Menuju Lingkungan Mandiri Energi. Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri ..., 3(1), 32–35. http://e-jurnal.pnl.ac.id/semnaspnl/article/download/1753/1540
Mardiyono, Ariyono, S., Wasito, E., & Handoko, S. (2016). Pemanfaatan Energi Surya sebagai Energi Alternatif dan Peningkatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Alam Ar Ridho. Jurnal DIANMAS, 5, 45–52.
Mustofa, Z., Sutopo, & Mufti, N. (2016). Pemahaman Konsep Siswa SMA tentang Usaha dan Energi Mekanik. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, October, 520.
Nuryana, H. (2017). Efektivitas Remidiasi Pembelajaran Fisika Materi Usaha dan Energi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Time Token Arends dalam Meningkatkan .... X, 1–8. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/65077/Efektivitas-Remidiasi-Pembelajaran-Fisika-Materi-Usaha-Dan-Energi-Dengan-Menggunakan-Model-Pembelajaran-Time-Token-Arends-Dalam-Meningkatkan-Kemampuan-Kognitif-Siswa-di-SMA
Rahmatina, D. I., Sutopo, & Wartono. (2017). Pemahaman Konsep dan Kemampuan Multirepresentasi Siswa SMA pada Materi Usaha Energi. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM, 2(1), 127–133.
Rudiastari, E., & Ni Nyoman Yuliastuti, IBK Sugirianta, I. G. N. A. D. S. (2021). Pelatihan Media Pembelajaran dan Pengenalan Enenrgi Baru Terbarukan di SD 2 Cau Belayu, Marga, Tabanan. Prosiding Senadimas Undiksha, 1905–1912.
Rusdi, M., Hariyanto, H., & Cipto, C. (2021). Sosialisasi Pemanfaatan Energi Terbarukan dan Pelatihan Teknologi Tepat Guna Berbasis Solarcell nntuk Pelajar SMPIT Ibnu Sina Merauke. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 79–84. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.20
Situmorang, S., Pakpahan, V. M., Gultom, F., Teknik, F., Efarina, U., Pdt, J., Saragih, J. W., Pematang, N., Sumatera, S., Listrik, T., Pelatihan, K., & Ekonomi, A. (2021). Pelatihan Perancangan dan Analisis Ekonomi Pembangkit Listrik Tenaga Surya Menggunakan Perangkat Lunak Homer Di SMK Cinta Rakyat Terbarukan untuk Mengatasi Sumber Energi Listrik dari Energi Fosil yang Terbatas . Pembangkit Competencies of Vocational High. Ikraith-Abdimas, 5(2), 75–81.
Wijaya, K. (2017). Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY 2017 Sinergi Penelitian dan Pembelajaran untuk Mendukung Pengembangan Literasi Kimia pada Era Global Ruang Seminar FMIPA UNY, 14 Oktober 2017. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY 2017, 21(4), 183–188.