Main Article Content

Abstract

Background: Sistem penilaian akreditasi (Sispena) merupakan platform yang dikembangkan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) sebagai upaya untuk memfasilitasi pelaksanaan akreditasi yang transparan dan akuntabel. Tujuan pelatihan Operasionalisasi Sispena ini adalah membantu sekolah mitra mendapatkan informasi tentang Sispena dan fitur-fitur yang ada secara komprehensif dan melatih peserta cara mengoperasikan sispena dengan tepat. Kegiatan PKM ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Darurrahim dengan peserta kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan yang jumlah totalnya 21 orang. Metode: Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah dan praktik yang dilakukan secara daring menggunakan fasilitas Zoom Cloud Meeting. Pelatihan diawali dengan penjelasan teoritis oleh Tim PKM dilanjutkan dengan praktik oleh peserta pelatihan. Hasil: Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa SDM sekolah mitra PKM telah memahami Sispena secara utuh dengan indikator seluruh peserta mampu mengoperasikan Sispena. Peserta kegiatan memahami fitur-fitur yang ada dalam Sispena dan cara mengoperasikan, memahami cara pengisian Daftar Isian Akreditasi (DIA), dan memahami cara mengunggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam proses akreditasi Sekolah. Dapat dimaknai bahwa pelatihan sispena yang dilakukan tim PKM dosen Pascasarjana UHAMKA berdampak positif dan sangat membantu sekolah dalam menyiapkan proses akreditasi. Kesimpulan: Pemahaman peserta pelatihan mengenai fitur-fitur dalam Sispena dan kemampuan mengoperasikan menu-menu yang ada menjadi lebih baik dan meningkat setelah pelatihan.

Keywords

SISPENA Akreditasi Opersasionalisasi sekolah Akreditasi Opersasionalisasi Sekolah SISPENA

Article Details

How to Cite
Musringudin, M., Muljono, H., & Kosasih, A. (2022). Pelatihan Operasionalisasi Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah (SISPENA). Jurnal SOLMA, 11(2), 221–229. https://doi.org/10.22236/solma.v11i1.8310

References

Read More

Most read articles by the same author(s)