Main Article Content

Abstract

Background: Sistem penilaian akreditasi (Sispena) merupakan platform yang dikembangkan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) sebagai upaya untuk memfasilitasi pelaksanaan akreditasi yang transparan dan akuntabel. Tujuan pelatihan Operasionalisasi Sispena ini adalah membantu sekolah mitra mendapatkan informasi tentang Sispena dan fitur-fitur yang ada secara komprehensif dan melatih peserta cara mengoperasikan sispena dengan tepat. Kegiatan PKM ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Darurrahim dengan peserta kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan yang jumlah totalnya 21 orang. Metode: Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah dan praktik yang dilakukan secara daring menggunakan fasilitas Zoom Cloud Meeting. Pelatihan diawali dengan penjelasan teoritis oleh Tim PKM dilanjutkan dengan praktik oleh peserta pelatihan. Hasil: Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa SDM sekolah mitra PKM telah memahami Sispena secara utuh dengan indikator seluruh peserta mampu mengoperasikan Sispena. Peserta kegiatan memahami fitur-fitur yang ada dalam Sispena dan cara mengoperasikan, memahami cara pengisian Daftar Isian Akreditasi (DIA), dan memahami cara mengunggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam proses akreditasi Sekolah. Dapat dimaknai bahwa pelatihan sispena yang dilakukan tim PKM dosen Pascasarjana UHAMKA berdampak positif dan sangat membantu sekolah dalam menyiapkan proses akreditasi. Kesimpulan: Pemahaman peserta pelatihan mengenai fitur-fitur dalam Sispena dan kemampuan mengoperasikan menu-menu yang ada menjadi lebih baik dan meningkat setelah pelatihan.

Keywords

SISPENA Akreditasi Opersasionalisasi sekolah Akreditasi Opersasionalisasi Sekolah SISPENA

Article Details

How to Cite
Musringudin, M., Muljono, H., & Kosasih, A. (2022). Pelatihan Operasionalisasi Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah (SISPENA). Jurnal SOLMA, 11(2), 221–229. https://doi.org/10.22236/solma.v11i1.8310

References

  1. Adha, M. A., Benyamin, C., Octaviarnis, I., & Thalib, D. (2019). Peran Akreditasi Dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 270. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i2.5780
  2. Asopwan, D. (2018). Studi Tentang Akreditasi Dalam Meningkatkan Produktivitas Sekolah. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 2(2), 265–271. http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v2i2.1922
  3. Asrijanty, A. (2019). Hubungan Akreditasi Sekolah, Hasil Ujian Nasional, Dan Indeks Integritas Ujian Nasional. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 1. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.732
  4. Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 12–21. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156
  5. Azizah, L., & Witri, S. (2021). Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Penerapan Total Quality Management dalam Program Akreditasi Sekolah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 69–78. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.263
  6. Depdiknas. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI NO 13 th 2018.
  7. Hasanah, E., Sukirman, S., Afriliandhi, C., & Wijayanto, A. (2021). Implementasi Akreditasi dalam Perspektif Guru dan Kepala Sekolah di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), 357–365. https://doi.org/10.36312/jime.v7i3.2250
  8. Irawan, S., Tagela, U., & Windrawanto, Y. (2020). Hubungan akreditasi sekolah dan supervisi oleh kepala sekolah dengan kualitas sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 165–174. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i2.33905
  9. Kemdikbud RI. (2020). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tentang Kriteria Dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah.
  10. Malik, Abdul., Nyoto, Amat., Arismunandar., Susetyo, Budi., Anjaya, Capri., Chodidjah, Itje., Marjuki., Maskuri., Muchlas., Nur, Muhammad., Sayuti, Muhammad., Yusro, Muhammad., Surapranata, Sumarna., Soetantyo, Sylvia P., Toharudin, T. (2020). Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah 2020. In Madrasah, Admin Ayo.
  11. Malik, Abdul., Nyoto, Amat., Arismunandar., Susetyo, Budi., Anjaya, Capri., Sayuti, Muhammad., Chodidjah, Itje., Marjuki., Maskuri., Muchlas., Nur, Muhammad., Toharudin, Toni., Yusro, Muhammad ., Surapranata, sumarna., Soetantyo, S. P. (2020). Prosedur Operasional Standar Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2020 (1st ed.). Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Kompleks Kemendikbud, Gedung C, Lantai 1 Jl. RS. Fatmawati, Cipete, Jakarta Selatan 12001.
  12. Martinelli, I., & Khairiah, N. (2020). Sosialisasi Urgensi Akreditasi Sekolah Bagi Masyarakat Dalam Memperoleh Layanan Pendidikan Yang Unggul. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 9(2), 60–67.
  13. Nujumuddin, N. (2019). Dampak Kebijakan Akreditasi terhadap Peningkatan Kinerja Guru Madrasah (Studi di MI Nurul Muhsinin Desa Batujai). Jurnal Penelitian Keislaman, 15(1), 1–13. https://doi.org/10.20414/jpk.v15i1.1106
  14. Saad, S. R. (2020). Peran Akreditasi Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMP Muhammadiyah Lakea The Role of School Accreditation in Improving Education Quality in SMP Muhammadiyah Lakea. 15, 46–49. https://doi.org/10.31934/jurnal%20iqra.v15i2.1570
  15. Sholihin, E. N. C., Bafadal, I., & Sunandar, A. (2018). Pengelolaan Persiapan Akreditasi Sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 171–178. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p171
  16. Zulkifli. (2015). Kınerja Badan Akredıtası Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP S/M) dalam Menıngkatkan Mutu Pendıdıkan di Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Al-Ta'dib, 8(2), 168–190. http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i2.417
  17. Zulnika. (2017). Pengaruh Akreditasi Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Mutu Pembelajaran Siswa SMP Negeri di Kecamatan Kopang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 2(2), 222–227. https://dx.doi.org/10.29303/jipp.v2i2.66

Most read articles by the same author(s)