Main Article Content

Abstract

Background: Pengenalan konservasi merupakan tanggung jawab bersama dan harus dikenalkan sejak dini diantaranya pada lingkungan sekolah dasar melalui media pembelajaran berbasis konservasi sehingga mudah diterima oleh siswa. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan kepada guru tentang pemanfaatan barang bekas sebagai media tanam hidroponik dan media edukatif untuk menanamkan karakter konservasi dan penggunaannya dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar.  Metode: Metode yang digunakan dalam proses pelatihan adalah dengan memberikan pelatihan interaktif dan pendampingan sehingga memberikan kesempatan kepada guru SD 3 Peganjaran Kudus sebagai peserta pelatihan untuk menyumbangkan ide, pendapat, pikiran, dan pengalamannya. Pelaksanaan pendampingan pembuatan dan penggunaan hidroponik dan media edukatif untuk menanamkan karakter konservasi pada guru SD 3 Peganjaran Kudus dirancang dalam beberapa tahap, antara lain: perencanaan, pelaksanaan, follow up, dan evaluasi. Hasil: Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu guru di SD 3 Peganjaran Kudus mampu membuat, menggunakan alat peraga, dan melakukan simulasi dan praktik pembelajaran tematik menggunakan hidroponik dan media edukatif berbasis konservasi. Kesimpulan: Alat peraga mampu dijadikan sebagai media edukatif yang bersifat konservatif tematik di sekolah.

Keywords

Hidroponik Konservasi Media Pembelajaran Guru Conservation Hydroponics Teacher Learning Media

Article Details

How to Cite
Kuryanto, M. S., Siti Masfuah, & Fina Fakhriyah. (2022). Pendampingan Pembuatan Hidroponik Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Konservasi Untuk Guru SD 3 Peganjaran Kudus. Jurnal SOLMA, 11(2), 314–319. https://doi.org/10.22236/solma.v11i2.8279

References

Read More