Main Article Content

Abstract

Background: Pengenalan konservasi merupakan tanggung jawab bersama dan harus dikenalkan sejak dini diantaranya pada lingkungan sekolah dasar melalui media pembelajaran berbasis konservasi sehingga mudah diterima oleh siswa. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan kepada guru tentang pemanfaatan barang bekas sebagai media tanam hidroponik dan media edukatif untuk menanamkan karakter konservasi dan penggunaannya dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar.  Metode: Metode yang digunakan dalam proses pelatihan adalah dengan memberikan pelatihan interaktif dan pendampingan sehingga memberikan kesempatan kepada guru SD 3 Peganjaran Kudus sebagai peserta pelatihan untuk menyumbangkan ide, pendapat, pikiran, dan pengalamannya. Pelaksanaan pendampingan pembuatan dan penggunaan hidroponik dan media edukatif untuk menanamkan karakter konservasi pada guru SD 3 Peganjaran Kudus dirancang dalam beberapa tahap, antara lain: perencanaan, pelaksanaan, follow up, dan evaluasi. Hasil: Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu guru di SD 3 Peganjaran Kudus mampu membuat, menggunakan alat peraga, dan melakukan simulasi dan praktik pembelajaran tematik menggunakan hidroponik dan media edukatif berbasis konservasi. Kesimpulan: Alat peraga mampu dijadikan sebagai media edukatif yang bersifat konservatif tematik di sekolah.

Keywords

Hidroponik Konservasi Media Pembelajaran Guru Conservation Hydroponics Teacher Learning Media

Article Details

How to Cite
Kuryanto, M. S., Siti Masfuah, & Fina Fakhriyah. (2022). Pendampingan Pembuatan Hidroponik Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Konservasi Untuk Guru SD 3 Peganjaran Kudus. Jurnal SOLMA, 11(2), 314–319. https://doi.org/10.22236/solma.v11i2.8279

References

  1. Agroteknologi, J., Fauzi, A. R., Ichniarsyah, A. N., Agustin, H., Agroekoteknologi, P. S., Trilogi, U., & Selatan, J. (2016). Pertanian Perkotaan : Urgensi, Peranan, Dan Praktik Terbaik Urban Agricuture : Urgency, Role, And Best Practice Ahmad Rifqi Fauzi1)*, Annisa Nur Ichniarsyah1), Heny Agustin1) 1) Program Studi Agroekoteknologi, Universitas Trilogi, Jakarta Jalan Kampus Tri. 10(01).
  2. Astuti, S. P., Candri, D. A., Ahyadi, H., & Sunarwidhi, E. P. (2021). Pemanfaatan Sampah Plastik Dan Styrofoam Sebagai Media Hidroponik Bagi Masyarakat Pesisir Ampenan. Abdi Insani.
  3. Fajeriana, N. (2020). Pelatihan Menanam Kangkung Dengan Sistem Hidroponik Wick Di Kelurahan Tampa Garam Distrik Maladum Mes Kota Sorong. Abdimas: Papua Journal Of Community ....
  4. Ginanjar, S., Syach, M. F., & Wulandari, S. (2020). Kajian Pengaruh Siklon Tropis Mangga Terhadap Curah Hujan, Transpor Ekman, Viskositas Eddy Dan Tinggi Gelombang Di Perairan .... ... Meteorologi Klimatologi Dan ....
  5. Hartono, H., Ismail, I., Junda, M., & Yusuf, Y. (N.D.). Pemanfaatan Styrofoam Bekas Sebagai Wadah Tanam Dalam Teknik Budidaya Tanaman Secara Hidroponik. Seminar Nasional Pengabdian ....
  6. Ichsan, A. C., Aji, I. M. L., Syaputra, M., & Sari, D. P. (N.D.). Pendidikan Konservasi Mangrove Pada Siswa Sekolah Dasar Sekotong Tengah. ... Handayani Pgsd Fip ....
  7. Ismanto, I. (2018). ... Media Monitoring Urban Farming Berbasis Pendokumentasian Dan Partisipasi Anak Dalam Menciptakan Lingkungan Ramah Anak Di .... Specta: Journal Of Photography, Arts, And Media.
  8. Lahn, B. (2021). Changing Climate Change: The Carbon Budget And The Modifying-Work Of The Ipcc. Social Studies Of Science. Https://Doi.Org/10.1177/0306312720941933
  9. Listiana, I. (2016). Analisis Pelaksanaan Pendidikan Konservasi Dengan Perilaku Peduli Lingkungan Pada Mahasiswa Jurusan Geografi Sebagai Kader Konservasi. Lib.Unnes.Ac.Id.
  10. Malik, Wanto R, & Rustiyarso S. (N.D.). Fungsi Pendidikan Karakter Mengatasi Kenakalaan Remaja Di Lembaga Pemasyarakatan Anak Klas Ii B Kecamatan Sungai Raya.
  11. Mujriati, A., Nafisah, K., Hayatunnisa, K., & Japa, L. (2021). Pelatihan Budidaya Sayuran Hidroponik Menggunakan Sistem Wicks Sebagai Usaha Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Cenggu. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan Ipa, 4(2). Https://Doi.Org/10.29303/Jpmpi.V4i2.717
  12. Prihatin, S. (2011). Rancangan Program Pendidikan Konservasi Di Pesantren Darul Muttaqien Bogor. Repository.Ipb.Ac.Id.
  13. Pudjiwati, E. H., & Asmina, D. D. (2019). Pengaruh Model Styrofoam Dan Sistem Hidroponik Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa L.). J-Pen Borneo: Jurnal Ilmu Pertanian.
  14. Rachman, M. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter Berwawasan Konservasi Nilai-Nilai Sosial. Forum Ilmu Sosial.
  15. Rosyidawati, R. (2018). Implementasi Dalam Mengubah Sikap Konservatif Guru Melalui Supervisi Akademik Model Cooperatif Profesional Development Di Smp Negeri 2 Batu Hampar. Serambi Ptk.