Main Article Content

Abstract

Background: Setelah terjadinya bencana gempa bumi, COVID 19, dan banjir banyak usaha masyarakat Banawa tEngah, Donggala mengalami kemunduran diakibatkan sarana prasarana umum dan alat produksi yang hancur bersama robohnya rumah dan terendam banjir. Tujuan pengabdian meningkatkan manajemen pengelolaan usaha, keuangan usaha, pemasaran, label atau merek dan promosi menggunakan media online. Metode: Metode yang digunakan dalam pengabdian terdiri dari bebrapa tahap yaitu pemetaan pelaku usaha, kegiatan studi banding, kegiatan temu bisnis, monitoring, dan evaluasi kegiatan usaha. Hasil: Beberapa pelatihan dan pendampingan untuk peningkatan Produksi berupa kegiatan manajemen pengelolaan keuangan, kegiatan pemasaran, pengemasan hasil produksi, pelabelan atau merek, dan kegiatan promosi on line. Bentuk kegiatan studi banding guna mendapatkan masukan/ informasi, untuk dijadikan pembanding dan menjadi masukan serta strategi pengembangan permodalan, pemasaran dan teknis usaha. Temu bisnis dilakukan menjembatani para pelaku usaha binaan  dengan para peritel modern dan OPD terkait guna pembinaan berkelanjutan, produk yang dipamerkan dalam kegiatan ini berupa kain tenun, pigura kain, hiasan dinding, tas, dompet, masker, dan lainnya yang semua bahan utamanya  kain tenun subi Donggala. Kesimpulan: Kegiatan pelatihan dan pemdampingan pengelolaan usaha, pengelolaan keuangan usaha, kegiatan pemasaran, pengemasan, label atau merek dan promosi secara online banyak menambah pengetahuan bagi pelaku usaha.

Keywords

COVID-19 Disaster Impact Donggala Production Increase Regional production COVID-19 Dampak bencana Donggala Peningkatan produksi Produksi daerah

Article Details

How to Cite
Vitayanti Fattah, Syamsul Bachri, & Darman Darman. (2022). Peningkatan Produksi Kain Tenun Donggala Melalui Pendampingan Usaha Pada Masyarakat Terdampak Bencana Di Kecamatan Banawa Tengah Kabupaten Donggala. Jurnal SOLMA, 11(1), 166–174. https://doi.org/10.22236/solma.v11i1.8137

References

  1. Aditama, R. A. (2020). Pengantar Manajemen Teori Dan Aplikasi. In AE Publishing.
  2. Alinsari, N. (2021). Peningkatan Literasi Keuangan Pada UMKM Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Pembukuan Sederhana. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Https://Doi.Org/10.24246/Jms.V1i22020p256-268
  3. Brigham, E., & Houston, J. (2019). Buku 1 Manajemen Keuangan Edisi Kedelapan. Ebook.
  4. Ibrahim, H. 2011. F. – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian I. Pada Anak B. Di Wilayah P. B. K. B. T. 2011. T. P. P. U. (2014). Sarung Tenun Ikat Donggala Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2009 S.D 2013. 03(C), 1–43.
  5. Irawan, P. L. T., Kestrilia Rega Prilianti, & Melany. (2020). Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Melalui Implementasi E-Commerce Di Kelurahan Tlogomas. Jurnal SOLMA. Https://Doi.Org/10.29405/Solma.V9i1.4347
  6. Juliana, N. (2014). Kajian Tenun Donggala.
  7. Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran, 13th Edition, Vol. 2. In Jakarta: Erlangga.
  8. Kottler&Keller. (2016). Marketing Management. In Boletin Cultural E Informativo - Consejo General De Colegios Medicos De España.
  9. Lavender, S. D. (2020). Marketing Management. In Management For The Construction Industry. Https://Doi.Org/10.4324/9781315842783-16
  10. Rangkuti, F. (2010). Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2010. Journal Of Chemical Information And Modeling.
  11. Rusby, Z. (2017). Manajemen Perbankan Syariah. In Pusat Kajian Pendidikan Islam UR.
  12. Santi, R. C. N., & Yulianton, H. (2016). Model Sistem Informasi Manajemen Keuangan Terencana Bagi Start-Up Bisnis UMKM Berbasis Web. Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Dan Call Papers UNIBANK (SENDI_U).
  13. Suciati, R., Rialmi, Z., Hidayati, S., & Nugraheni, R. (2021). Pengenalan Manajemen Keuangan Sederhana Pada UMKM Bank Sampah Lestari 25, Kota Serang. Indonesian Journal Of Society Engagement. Https://Doi.Org/10.33753/Ijse.V1i2.21
  14. Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat). Https://Doi.Org/10.30595/Jppm.V4i1.4655
  15. Zakiyyah, A. M. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Pencatatan Keuangan Di UMKM Rindu.Id Di Kabupaten Jember. Journal Of Community Development. Https://Doi.Org/10.47134/Comdev.V1i2.9