Main Article Content

Abstract

Background: Meningkatkan kemampuan literasi siswa di era saat ini menjadi hal yang mutlak harus dilakukan oleh guru, tetapi selama pandemic covid-19 kemampuan literasi siswa menjadi kurang maksimal dan pembelajaran tatap muka terbatas belum optimal dilakukan. Memberikan pendampingan kepada guru untuk mendesain kelompok belajar berdasarkan sosiograph untuk mendukung literasi dan program merdeka belajar. Metode: Kegiatan ini diselenggrakan secara hybrid dengan materi sosialisasi miskonsepsi, literasi, sosiograph, implementasi desain pembelajran sosiograph, dan refleksi. Mitra yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 86 Guru matematika dan Science yang yang berasal dari Yogyakarta, MGMP Matematika Ngawi, MGMP matematika Madrasah jawa timur, dan SMK Negeri Bintan Timur. Evaluasi program yang dilaksanakan ditentukan dari kriteria respon peserta terkait kegiatan ini berada pada kategori baik, dan kesediaan guru untuk menyampaikan informasi berkaitan pembelajaran tatap muka terbatas berbasis sosiograph di lingkungan tempat guru bekerja. Hasil: Guru menyakini bahwa desain pembelajaran tatap muka terbatas dengan menggunakan konsep sosiograph untuk membagi kelompok dapat mengurangi miskonsepsi matematis dan meningkatkan kemampuan literasi siswa baik numerasi dan science. Kesimpulan: Pendampingan ini memiliki respon yang baik bagi guru matematika dan science. Selain itu, dari pendampingan ini, guru bersedia untuk mensosialisasikan desain pembelajaran dengan pembentukan kelompok berdasarkan sosiograph.

Keywords

Misconception Literacy of numeracy Literacy of science Sosiograph Miskonsepsi Literasi Numerasi Literasi Science Sosiograph

Article Details

How to Cite
Widodo, S. A., Amalia, A. F., Sukiyanto, S., Irfan, M., & Kuncoro, K. S. (2022). Pendampingan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Berbasis Sosiograph untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi pada Guru Sekolah Menengah. Jurnal SOLMA, 11(1), 60–69. https://doi.org/10.22236/solma.v11i1.8130

References

  1. Andini, N. A., Dewi, S. E. K., & Supangat, S. (2021). Implementasi Menejemen Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Covid-19. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(5), 1013–1019. https://doi.org/10.31604/jips.v8i5.2021.1013-1019
  2. Angela, T. C., & Nugraheni, Y. (2020). Jaringan Komunikasi di Usaha Kecil dan Menengah Tris Flower Jambangan Surabaya. MEDIAKOM, 3(2), 83–106. https://doi.org/10.32528/mdk.v3i2.3127
  3. Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
  4. Ariati, N., & Andriani, Y. (2021). Pengenalan Aplikasi Belajar Online di Tengah Masa Pandemi pada Kelompok Belajar Ikhtiari Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 4(2). https://doi.org/10.36982/jam.v4i2.1271
  5. Ariyawati, P. A. M., Waluyo, J., & Prihatin, J. (2017). Analisis respon siswa terhadap model Pairs, Investigation and Communication (PIC) dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Sains, 2(1), 9–15.
  6. Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
  7. Astuti, T. P. (2019). Model problem based learning dengan mind mapping dalam pembelajaran IPA abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9
  8. Damopolii, V., Bito, N., & Resmawan, R. (2019). Efektifitas Media Pembelajaran berbasis Multimedia pada Materi Segiempat. Algoritm. J. Math. Educ, 1(2), 74–85. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i1
  9. Dewi, S., Defit, S., & Yuhandri, Y. (2021). Akurasi Pemetaan Kelompok Belajar Siswa Menuju Prestasi Menggunakan Metode K-Means. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 3(1), 28–33. https://doi.org/10.37034/jsisfotek.v3i1.40
  10. Edwards, J. (2007). The Language of Friendship : Developing Sociomathematical Norms in the Secondary School Classroom. European Research in Mathematics Education V. Fifth Congress of the European Society for Research in Mathematics Education (CERME) Spain, European Society for Research in Mathematics Education (ERME)., 1190–1199.
  11. Ernawati, B., & Puspitaningrum, D. (2014). Komparasi Algoritma Fuzzy C-Means Dan Algoritma K-Nearest Neighbor dalam Pengelompokan Rombongan Belajar Siswa Baru (Studi Kasus: Siswa Baru Madrasah Aliyah Negeri 01 Kota Bengkulu). Jurnal Teknik Informatika, 7(2), 16–23. https://doi.org/10.15408/jti.v7i2.1951
  12. Haq, S. (2018). Budaya Belajar Kelompk Mahasiswa. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(2), 16–32.
  13. Hung, M. L., & Chou, C. (2015). Students' perceptions of instructors' roles in blended and online learning environments: A comparative study. Computers and Education, 81, 315–325. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.10.022
  14. Irfan, M., Kusumaningrum, B., Yulia, Y., & Widodo, S. A. (2020). Challenges During the Pandemic: Use of E-Learning in Mathematics Learning in Higher Education. Infinity Journal, 9(2), 147. https://doi.org/10.22460/infinity.v9i2.p147-158
  15. Ismail, H. H., Duskri, M., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2018). Analysis of Student Ability in Solving PISA-Like Math Problems : A Case Study in SMPN 8 Banda Aceh, Indonesia. International Journal of Scientific Research and Management (IJSRM), 6(12), 139–143.
  16. Kartianom, K., & Retnawati, H. (2018). Why Are Their Mathematical Learning Achievements Different? Re-Analysis Timss 2015 Data in Indonesia. Japan And Turkey International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 9(2), 33–46.
  17. Kasih, A. P. (2021). PJJ Berlangsung 10 Bulan, Siswa Berpotensi Alami "Learning Loss.” Kompas.Com.
  18. Kemdikbud. (2020). Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19.
  19. Lastiningsih, N., Mutohir, T. C., Riyanto, Y., & Siswono, T. Y. E. (2017). Management of the School Literacy Movement (SLM) Programme in Indonesian. Junior Secondary Schools. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(4), 384–389.
  20. Liberatore, A., Bowkett, E., Macleod, C. J., Spurr, E., & Longnecker, N. (2018). Social Media as a Platform for a Citizen Science Community of Practice. Citizen Science: Theory and Practice, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.5334/cstp.108
  21. Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2015). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. TIMSS & PIRLS.
  22. Novferma, N. (2016). Analisis Kesulitan Dan Self-Efficacy Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76–87. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.10403
  23. Pattanang, E., Limbong, M., & Tambunan, W. (2021). Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi pada SMK Kristen Tagari. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 112–120. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3275
  24. Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk Meningkatkan Academic Skills pada Mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 231–238. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p231-238
  25. Pusat Penilaian Pendidikan. (2017). Hasil Ujian Nasional.
  26. Smart, K. L., & Cappel, J. L. (2006). Students' Perceptions of Online Learning: A Comparative Study. Journal of Information Technology Education: Research, 5(1), 201–219. https://doi.org/10.28945/243
  27. Subagya, K. S. (2021). Menahan ”Learning Loss” di Masa Pandemi. Kompas.Com.
  28. Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif Solusi Model Pembelajaran untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 80–90. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3272
  29. Van Bruggen, J. (2005). Theory and practice of online learning. British Journal of Educational Technology, 36(1), 111–112. https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2005.00445_1.x
  30. Widodo, S. A. (2020). Pengembangan Mathematical Comic Untuk Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Konfirmasi Norma Sosiomatematika (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia.
  31. Widodo, S. A., Irfan, M., Turmudi, & Dahlan, J. A. (2019). Efek Norma Sosiomatematika Terhadap Jalur Persahabatan Siswa SMP Kelas VII Se-Kota Yogyakarta.
  32. Widodo, S. A., & Purnami, A. S. (2018). Mengembangkan Norma Sosiomatematik dengan Team Accelerated Instruction. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 29–48. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.238
  33. Yamasari, Y. (2010). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT yang berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X–ITS, Surabaya, 4.
  34. Yasmin, P. (2021). Risiko Learning Loss Menghantui Peserta Didik di Masa Pandemi. DetikNews.

Most read articles by the same author(s)