Main Article Content
Abstract
Background: PAUD Al-Hasan merupakan salah satu sekolah PAUD yang memerlukan pembenahan dari segi kurikulum dan metode pengajaran. Untuk menunjang proses pembelajaran, mereka harus memiliki perpustakaan mini guna menumbuhkan minat baca anak sejak dini. Potensi yang ada di PAUD Al-Hasan berupa minimnya koleksi buku bacaan, fasilitas ruangan yang belum termanfaatkan dengan baik sehingga memerlukan suatu gagasan untuk penataan ruang agar nyaman digunakan sebagai perpustakaan atau Sudut Baca. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mewujudkan Pojok Baca sebagai perpustakaan mini yang nyaman dan menarik di PAUD Al-Hasan Kabupaten Sumenep. Metode: Metode yang digunakan adalah observasi, perancangan desain, implementasi dan sosialisasi. Hasil: Hasil kegiatan masyarakat adalah merancang ruangan yang tidak digunakan sebagai Pojok Baca untuk siswa PAUD Al-Hasan dan masyarakat umum, mengumpulkan buku cerita bergambar dengan meminta bantuan orang tua, desa, dan mencari melalui bazar murah untuk berpartisipasi. Namun jumlah buku yang terkumpul masih sedikit karena kami mengumpulkan buku secara bertahap sambil menunggu bazar murah. penambahan kurikulum untuk kegiatan membaca rutin setiap minggunya. Kesimpulan: Kesimpulannya dengan adanya kegiatan ini PAUD Al-Hasan dapat melaksanakan kegiatan membaca setiap minggu sesuai dengan kurikulum baru yaitu kegiatan rutin membaca cerita bergambar dan sosialisasi kepada masyarakat umum agar dapat memanfaatkan pojok baca juga.
Keywords
Article Details
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Alinsari, N. (2021). Peningkatan Literasi Keuangan pada UMKM melalui Pelatihan dan Pendampingan Pembukuan Sederhana. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.24246/jms.v1i22020p256-268
- Dewi, F. (2016). Proyek Buku Digital: Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Metodik Didaktik, 9(2).
- Haryanti, A., & Dindin, D. (2020). Meningkatkan Minat Baca Pada Anak Usia Dini. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 2(2), 103. https://doi.org/10.32493/jls.v2i2.p103-114
- Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2020). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911
- Irna. (2019). Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Implementasi Literasi Keluarga. Fascho Kajian Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 1(1), 15–34. http://journal.stkipm-bogor.ac.id/index.php/pascho/article/view/29
- Kemdikbud. (2022). Gerakan Literasi Nasional | GLN. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/
- Kurniawan, H., & Prasetiyani, I. (2018). Mengembangkan Minat Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpustakaan Di TK Masyithoh 25 Sokaraja.
- Maulidah, T., & Farida, I. (2021). Gerakan Literasi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak Usia 6-8 Tahun Di Masa Pandemi Covid-19 Literacy Movement in an Effort to Increase Interest in Reading Children aged 6-8 Years During the Covid-19 Pandemic melek aksara yang fokus utamanya pada kem. 2, 128–136.
- Rahmania, S., Wijayanti, R., & Hakim, S. L. (2021). Strategi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19. Literasi : Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 99–110. https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3259
- Sari, A. N. D., Ani, R., & Murbangun, N. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Pancasakti Science Education Journal, 2(2).
- Yanizon, A., Rofiqah, T., & Ramdani, R. (2019). Upaya pencegahan pengaruh gadget pada anak melalui kegiatan penyuluhan dan sosialisasi dampak gadget kepada ibu-ibu kelurahan Tanjung Uma. Minda Baharu, 3(2), 133. https://doi.org/10.33373/jmb.v3i2.2065
- Yuniati, Y., Yuningsih, A., & Ratmanto, T. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi Dan Humaniora, 7(2), 366–377. http://proceeding.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/view/1061
References
Alinsari, N. (2021). Peningkatan Literasi Keuangan pada UMKM melalui Pelatihan dan Pendampingan Pembukuan Sederhana. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.24246/jms.v1i22020p256-268
Dewi, F. (2016). Proyek Buku Digital: Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Metodik Didaktik, 9(2).
Haryanti, A., & Dindin, D. (2020). Meningkatkan Minat Baca Pada Anak Usia Dini. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 2(2), 103. https://doi.org/10.32493/jls.v2i2.p103-114
Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2020). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911
Irna. (2019). Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Implementasi Literasi Keluarga. Fascho Kajian Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 1(1), 15–34. http://journal.stkipm-bogor.ac.id/index.php/pascho/article/view/29
Kemdikbud. (2022). Gerakan Literasi Nasional | GLN. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/
Kurniawan, H., & Prasetiyani, I. (2018). Mengembangkan Minat Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpustakaan Di TK Masyithoh 25 Sokaraja.
Maulidah, T., & Farida, I. (2021). Gerakan Literasi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak Usia 6-8 Tahun Di Masa Pandemi Covid-19 Literacy Movement in an Effort to Increase Interest in Reading Children aged 6-8 Years During the Covid-19 Pandemic melek aksara yang fokus utamanya pada kem. 2, 128–136.
Rahmania, S., Wijayanti, R., & Hakim, S. L. (2021). Strategi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19. Literasi : Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 99–110. https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3259
Sari, A. N. D., Ani, R., & Murbangun, N. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Pancasakti Science Education Journal, 2(2).
Yanizon, A., Rofiqah, T., & Ramdani, R. (2019). Upaya pencegahan pengaruh gadget pada anak melalui kegiatan penyuluhan dan sosialisasi dampak gadget kepada ibu-ibu kelurahan Tanjung Uma. Minda Baharu, 3(2), 133. https://doi.org/10.33373/jmb.v3i2.2065
Yuniati, Y., Yuningsih, A., & Ratmanto, T. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi Dan Humaniora, 7(2), 366–377. http://proceeding.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/view/1061