Main Article Content

Abstract

Background: Pendidikan Agama Islam adalah usaha sadar untuk menyiapkan sesorang agar mampu memahami (knowing), terampil melaksanakan (doing), dan mengamalkan (being) agama Islam melalui kegiatan Pendidikan. Selain Pendidikan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah upaya untuk memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi bagi perorangan, kelompok PHBS juga penting Salah satu bagian dari PHBS adalah mencuci tangan memakai sabun sebelum dan sesudah melakukan suatu kegiatan. Tujuan kegiatan ini memberikan sosialisai kepada masayarkat bagaimana pentingnya PAI dan PHBS bagi kehidupan. Metode: Metode yang dilakukkan adalah dengan mendatangi langsung tempat yang akan dijadikan lokasi sosialisasi. Hasil: Hasil dari kegiatan ini adanya antusias dari masyarkat Gampong Blang Raleu Simpang Keuramat, Aceh Utara dalam menjalankan kegiatan ini sehingga acara berjalan dengan lancer. Kesimpulan: Kegiatan ini diperlukan waktu yang cukup lama agar tujuan yang diharapkan lebih optimal.

Article Details

How to Cite
Ismail, D. (2021). Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Agama Islam dan PHBS pada Masyarakat Gampong Blang Raleu Simpang Keuramat, Aceh Utara. Jurnal SOLMA, 10(1s), 313–318. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1s.7298

References

  1. Asda, P., & Sekarwati, N. (2020). Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Dan Kejadian Penyakit Infeksi Dalam Keluarga Di Wilayah Desa Donoharjo Kabupaten Sleman. Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar, 11(1), 1–6. https://doi.org/10.32382/jmk.v11i1.1237
  2. Baharun, H. (2012). Desentralisasi dan Implikasinya terhadap Perkembangan Sistem pendidikan Islam. Jurnal At-Tajdid, 1(2), 241–254.
  3. Inanna, I. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057
  4. Izzah, I. (2018). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Masyarakat Madani. Pedagogik : Jurnal Pendidikan, 5(1), 50–68. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/219
  5. Kholid, A. (2014). Promosi Kesehatan: Dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media dan Aplikasinya untuk Mahasiswa dan Praktisi Kesehatan. Rajawali Pers.
  6. Proverawati, A., & Rahmawati. (2012). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). In Cetakan Pertama. Nuha Medika.
  7. Purwandari, R., Ardiana, A., & Wantiyah. (2013). Hubungan antara perilaku mencuci tangan dengan insiden diare pada anak usia sekolah di kabupaten jember. Jurnal Keperawatan, 4(2).
  8. Rahmawati, D. (2021). Sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun ( CTPS ) sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Kontribusi, 2(1), 17–23.
  9. Rista, K., & Ariyanto, E. A. (2018). Pentingnya Pendidikan & Meningkatkan Motivasi Belajar Anak. Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 1(2), 139–140. https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/abdikarya/article/view/2076
  10. Rudi, A. (2020). Sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun Dengan Air Mengalir Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19 Pada Siswa-Siswi SD Muhammadiyah Sintang, Kalimantan Barat. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 241–248. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.337
  11. Sinaga, L. R. V., Munthe, S. A., & Bangun, H. A. (2020). Sosialisasi Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Di Desa Sawo Sebagai - Bentuk Kepedulian Terhadap Masyarakat Ditengah Mewabahnya Virus Covid-19. Jurnal Abdimas Mutiara, 1(2), 19–28.
  12. Suradi, A. (2017). Globalisasi Dan Respon Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(2), 247. https://doi.org/10.22373/jm.v7i2.2364
  13. Susantiningsih, T., Yuliyanti, R., Simanjuntak, K., & Arfiyanti, A. (2018). PKM Pelatihan Mencuci Tangan Menggunakan Sabun Sebagai Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Untuk Masyarakat Rt 007/Rw 007 Desa Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere Kota Depok. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(2), 75–84. https://doi.org/10.24912/jbmi.v1i2.2889
  14. Suyanto, J. (2010). Gender dan Sosialisasi. Nobel Edumedia.
  15. Yustisa, P. F., Aryana, I. K., & Suyasa, I. N. G. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Cetak Dan Media Elektronika Dalam Promosi Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Perubahan Sikap Siswa SD. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 4(1), 29–39.