Main Article Content

Abstract

Background: Permasalahan dalam produk yang telah dikemas adalah tidak adanya desain dan nama merk, serta tidak terdaftar ke dalam P-IRT yang menyulitkan mitra dalam mengembangkan pemasarannya melalui e-commerce. Selama ini Bu Erni Novitawati sebagai owner Sambal Kacang E Novita tidak pernah melakukan pencatatan pembelian dan penjualan sehingga tidak bisa mengetahui berapa keuntungan penjualan dari sambal kacang. Tujuan dari PKM ini adalah untuk meningkatkan manajemen dan legalitas usaha olahan sambal kacang khas Kediri. Metode: Mitra dalam PKM ini adalah UMKM Sambal Kacang E Novita khas Kediri. Metode yang digunakan adalah survey, pendampingan desain dan nama merk, serta pendaftaran P-IRT sebagai bentuk legalitas produk, pemasaran berbasis e-commerce (whatsapp, facebook dan instagram) dan pencatatan laporan keuangan sederhana. Hasil: Pendampingan desain dan nama merk, serta pendaftaran P-IRT sebagai bentuk legalitas produk, pemasaran berbasis e-commerce (whatsapp, facebook dan instagram) dan pencatatan laporan keuangan sederhana sehingga dapat mengetahui peningkatan penjualannya. Kesimpulan: UMKM Sambal Kacang E Novita mengalami peningkatan manajemen dan legalitas.

Keywords

khas Kediri manajemen sambal kacang management peanut sauce typical of Kediri

Article Details

How to Cite
Novie Astuti Setianingsih, Wiwiek Kusumaning Asmoro, & Hadi Rahmad. (2021). Pengembangan Manajemen dan Legalitas Usaha Olahan "Sambal Kacang” Khas Kediri . Jurnal SOLMA, 10(3), 518–523. https://doi.org/10.22236/solma.v10i3.6950

References

  1. Agusetyaningrum, V., Mawardi, M. K., & Pangestuti, E. 2016. Strategi Pengem bangan USAha Kecil Dan Menengah (UKM) Untuk Meningkatkan Citra Kota Malang Sebagai Destinasi Wisata Kuliner (Studi Pada UKM Berbasis Ku liner Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 38(2): 105-111.
  2. Amalina Nur Azizah, Yoyok Budi Pramono, Bhakti Etza Setiani. 2018. Sifat Organoleptik Sambal Pecel UKM Hj Sartinah Semarang Selama Masa Penyimpanan Suhu RuangOrganoleptic Characteristic Of Sambal Pecel Produced by Hj Sartinah Semarang during The Time of Storage at Room Temperature. Jurnal Teknologi Pangan3(1)134-141
  3. Freddy, Rangkuti. 2006. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
  4. Gaol, L, Jimmy. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pemahaman dan Aplikasi. Jakarta : Penerbit PT Grasindo [3] Jogiyanto H.M. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi : pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.
  5. Hadiyati, E. 2008. Model Pemasaran dalam pemberdayaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Gajayana. 5(1).
  6. Kasmi dan Candra AN. 2017. Penerapan E-Commetce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara Volume 15 (2) Desember 2017, Hal. 109-116
  7. Maulana SM, Susilo H dan Riyadi. 2015. Impelmentasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 29 No. 1 Hal 1-9
  8. Mira M, Noor A, Mia A. (2018). Pengembangan UMKM Madumongso Melalui Manajemen Usaha Dan Legalitas Usaha. Jurnal Abdimas Vol.22 No.2, 185-192
  9. Novita Wibowo, Bhakti Etza Setiani, Antonius Hintono. 2018. Karakteristik Hedonik Sambal Pecel Hasil Substitusi Kacang Tanah (Arachis hypogaea) dengan Kacang Hijau (Vigna Radiata L)Hedonic Characteristics of Pecel Sauce Subtituted Peanuts Result(Arachis hypogaea) with Green Beans (Vigna Radiata L). Jurnal Teknologi Pangan 2(1)46-48, 2018
  10. NurdinM,Khaidir dan Munazar, 2019.Peranan Mulsa Dan Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.). Jurnal Agrium Vol 16 No 1.Fakultas Pertanian, Universitas Malikussaleh
  11. Pressman, R. S. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi