Main Article Content

Abstract

Latar belakang: Seperti yang diketahui bersama bahwa adanya pandemi COVID-19 membuat proses pembelajaran tidak lagi dapat dilakukan di kelas. Berbagai sekolah yang berada pada zona merah, orange, dan kuning tidak lagi diperbolehkan melakukan pembelajaran tatap muka. Salah satu bentuk pembelajaran alternatif yang dapat dilakukan dengan jarak jauh adalah pembelajaran daring. Pembelajaran yang dilakukan secara daring mampu menghubungkan siswa-siswa dengan sumber belajarnya yang secara fisik terpisah atau bahkan berjauhan namun dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, dan berkolaborasi satu sama lainnya. Banyak sekali media atau aplikasi yang dapat digunakan untuk pembelajaran jarak jauh atau secara daring. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi Edmodo. Siswa dapat mengupload hasil tugas mereka dengan jangka waktu yang telah ditentukan. Orang tua murid pun dapat juga melihat aktivitas pembelajaran siswa melalui aplikasi Edmodo For Parents sehingga orang tua murid dapat mengontrol dan melihat perkembangan pembelajaran anaknya di dalam aplikasi tersebut. Metode: Metode yang digunakan oleh tim adalah metode ceramah dan praktek. Hasil: Berdasarkan hasil kegiatan, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Edmodo dapat menambah pemahaman, pengetahuan dan keterampilan guru dalam hal memberikan penilaian kepada siswa, pengelolaan kelas dengan baik serta melibatkan orang tua siswa dalam mengawasi siswa selama pembelajaran daring.

Keywords

Edmodo Learning media Online Edmodo Daring Media pembelajaran

Article Details

How to Cite
Dian Novita, Wulandari, S., & Dwitiyanti, N. (2021). Penerapan Aplikasi Edmodo Sebagai Media Pembelajaran Daring di Paud Islam Terpadu Al – Barkah Jakarta Timur . Jurnal SOLMA, 10(2), 315–321. https://doi.org/10.22236/solma.v10i2.6649

References

    Agustina, N., & Susanto, R. (2017). Persepsi Guru Terhadap Pengembangan Profesionalisme Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo. September.
    Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
    Dharmawati. (2017). Penggunaan Media E-Learning Berbasis Edmodo dalam Pembelajaran English for Business QUERY. Jurnal Sistem Informasi, 1(1), 43–49.
    Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.
    Indahri, Y. (2021). Permasalahan pembelajaran jarak jauh di era pandemi 13. 19.
    Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.
    Nuraini, R. (2015). Desain Algorithma Operasi Perkalian Matriks Menggunakan Metode Flowchart. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi, 1(1), 146. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/view/245
    Oktaria, R. (2013). Implementasi Pendekatan Pembelajaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nizham Journal of Islamic Studies, 01(02). https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/nizham/article/view/853
    Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Child Education in the Family As an Early Childhood. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 7(1), 41–51.
    Oktavian, R., Aldya, R. F., Indonesia, U. K., & Tunggadewi, U. T. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi Di Era. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129–135.
    Oktaviani, I., Waspada, I., & Budiwati, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran E-learning berbasis Edmodo Pada pembelajaran Daring. 8(1), 68–78.
    Putranti, N. (2013). Cara Membuat Media Pembelajaran Online. 2(2), 139–147.
    Sadikin, A., Hamidah, A., Pinang, K., Jl, M., Ma, J., Km, B., Indah, M., Jaluko, K., Kode, K. M., & Indonesia, P. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ). 6(1), 214–224.
    Santoso, E. (2019). Kelas Virtual Menggunakan E-Learning Berbasis Edmodo ( Virtual Classes Using E-Learning E Learning Based on Edmodo ). 3(2), 169–177.
    Sari, F. A. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Edmodo Dalam Menunjang Proses Pembelajaran Di Sman 1 Ciomas. 2(2), 83–96.
    Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. METALINGUA Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 31–34.
    Usman, M., Mario, M., Hasbi, H., Muhammad, R., & Genda, A. (2020). Pemanfaatan Sistem Kelola Pembelajaran (Sikola) Sebagai Media Pembelajaran Daring (On Line) bagi Dosen dan Mahasiswa Perguruan Tinggi di Masa Pandemi. Humanis, 19(2), 66–74. http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/