Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi permasalahan mitra yang meliputi : (a) Kurangnya ilmu digital marketing yang dimiliki oleh pelaku UMKM sebagai sarana untuk menarik minat konsumen dengan teknologi informasi; (b) Perlu peningkatan pengetahuan pelaku UMKM dalam manajemen kewirausahaan untuk meningkatkan penjualan produk dalam skala yang lebih luas. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masalah yang dihadapi UMKM Tahu Sumedang Gurih. Adapun solusi yang ditawarkan ialah memberi pelatihan pemanfaatan digital marketing dan manajemen kewirausahaan dengan menggunakan aplikasi Google My Business. Mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah UMKM Tahu Sumedang Gurih, dan peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak tujuh orang. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah terdiri dari Identifikasi Masalah Bersama Mitra, Perumusan Permasalahan Mitra Bersama Mitra, Perumusan Solusi Permasalahan Mitra Bersama Mitra, Penyusunan Materi dan Instrumen, Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan dan Sosialisasi, Pendampingan, Evaluasi Program Bersama Mitra, serta Penyusunan Laporan dan Luaran. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian ini yaitu memberikan pemahaman tentang pemanfaatan digital marketing dan manajemen kewirausahaan dengan menggunakan Google My Business. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini, mitra akan menjadi terbiasa menggunakan aplikasi Google My Business, sehingga ketika mitra menjalankan digital marketing dapat membantu meningkatkan penjualan produk dalam skala lebih luas.


 

Article Details

How to Cite
Febriandirza, A., Irwiensyah, F., Hasan, F. N., & Indriyanti, P. . (2021). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing dan Manajemen Kewirausahaan bagi Pelaku UMKM dengan menggunakan Aplikasi Google My Business. Jurnal SOLMA, 10(1s), 224–231. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1s.6514