Main Article Content

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) memiliki peranan penting dalam meningkatkan profesionalisme guru sehingga guru wajib melakukan PTK. Kegiatan PTK yang dilakukan oleh guru-guru diharapkan dapat menghasilkan temuan-temuan yang dapat digunakan sebagai saran, teori dan solusi yang dapat membantu dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Manfaat kegiatan PTK diharapkan dapat meningkatkan hasil kualitas pembelajaran menjadi lebih baik. Hal tersebut sangat menarik perhatian kami untuk melakukan kegiatan pelatihan PTK bagi guru-guru Sekolah Dasar sebagai bentuk kepedulian terhadap kemajuan Pendidikan. Kegiatan PkM dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Mustika Jaya I Bekasi dengan melibatkan guru-guru Sekolah Dasar dalam satu lingkup gugus pendidikan tersebut. Kegiatan PkM ini bertujuan memberi pelatihan kepada guru-guru dalam melakukan PTK. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dalam bentuk workshop serta tutorial PTK terhadap guru-guru Sekolah Dasar Negeri Mustika Jaya 1 Bekasi. Hasil akhir dari kegiatan ini yaitu berupa kemampuan guru-guru dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di kelas dalam bentuk PTK.

Keywords

Kualitas pendidikan Profesionalisme guru sekolah dasar Penelitian tindakan kelas

Article Details

How to Cite
Depi, D. P., & Nurrohmatul Amaliyah. (2022). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal SOLMA, 10(1s), 158–164. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1s.5541