Main Article Content

Abstract

Geogebra merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mempelajarai topik geometri pada matapelajaran matematika. Aplikasi ini sudah tersedia dalam versi android yang dapat dijalankan melalui smartphone. Penggunaan smartphone khususnya di kalangan pelajar di Indonesia yang begitu besar menjadi landasan tim pengabdi memberikan pelatihan penggunaan Geogebra versi android. Pelatihan dibagi menjadi tiga sesi yaitu sesi pengenalan fitur-fitur Geogebra versi android, sesi pemaparan materi-materi geometri beserta contoh soal yang penyelesaiannya menggunakan Geogebra versi android dan sesi terakhir pemberian soal-soal latihan. Tim pengabdi juga memberikan angket pengetahuan awal mengenai geogebra dan tes kemampuan awal. Di akhir pelatihan diberikan pula tes akhir yang juga berisi pendapat siswa mengenai penggunaan geogebra versi andoid. Ditemukan peningkatan skor siswa antara tes awal dan tes akhir serta waktu pengerjaan yang lebih cepat dikarenakan penggunaan sogtware Geogebra versi android. Respon dan pendapat siswa mengenai penggunaan aplikasi ini juga positif dan sangat antusias.


 


 


 

Keywords

Geometri geogebra aplikasi android Geometri geogebra aplikasi android

Article Details

Author Biography

Fitriani Fitriani, Universitas Timor

 

 

 

How to Cite
Fitriani, F., Suddin, S., & Abdullahi, A. (2020). Pembelajaran Geometri Menggunakan Aplikasi Geogebra Versi Android. Jurnal SOLMA, 9(2), 270–277. https://doi.org/10.22236/solma.v9i2.5498

References

  1. Agung, S. (2016). Pemanfaatan aplikasi geogebra dalam pembelajaran matematika smp. Prosiding Seminar Nasional, 03, 312–322.
  2. Annajmi. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra. MES (Journal of Mathematics Eduacation and Science), 2(1), 1–10.
  3. Bernard, M., & Senjayawati, E. (2019). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking Berbantuan Software Geogebra. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 79–87.
  4. Chronika, A., Manalu, S., Jumiati, Y., & Setiawan, W. (2019). Analisis minat belajar matematika siswa smp kelas viii pada materi persamaan garis lurus berbantu aplikasi geogebra. Jurnal On Education, 02(01), 63–69.
  5. Fitriani, F., S., M. T., & Bete, H. (2019). Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 460–465. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1441
  6. Herlina, N., Fitriah, A., & Setiawan, W. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar melalui aplikasi geogebra siswa smp di bandung barat. Jurnal On Education, 01(03), 471–477.
  7. Idris, S. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Program Linear melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Geogebra Siswa Kelas XII IPA1 SMA N 1 Tompobulu. Indonesian Digital Journal Og Mathematics and Education, 2(3), 144–153.
  8. Kusuma, A. B., & Eka, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Menggunakan Media Program Geogebra pada Mata Kuliah Geometri Ttransformasi. Khazanah Pendidikan, 2(1), 15–25. jurnalnasional.ump.ac.id
  9. Megiana Pertiwi, C., Fitriani, T., & Afrilianto, M. (2018). Relasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Keaktifan Belajar Matematik Siswa SMP yang Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education Berbantuan Geogebra. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 513–524.
  10. Muflih, M., Hamzah, H., & Puniawan, W. A. (2017). Penggunaan Smartphone Dan Interaksi Sosial Pada Remaja Di Sma Negeri I Kalasan Sleman Yogyakarta. Idea Nursing Journal, 8(1), 12–18.
  11. Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Geogebra dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AKSIOMA, 10(2), 180–194.
  12. Puspita Sari, D., & Saputri, L. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Probing Prompting dengan Media Geogebra Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Stabat. Math Education Nusantara, 3(1), 1–12.
  13. Qurohman, M. T., Romadhon, S. A., & Wulandari, R. (2018). Peningkatan Kompetensi Siswa dan Guru SMK Dinamika Kota Tegal tentang Pemanfaatan Program Komputasi Matematika Geogebra. ABDIMAS, 3, 1–4.
  14. Ramadhani, R. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra. INTEGRITAS, 2(1).
  15. Sari, P. C., Eriani, N. D., Audina, T., & Setiawan, W. (2019). Pengaruh pembelajaran berbantuan geogebra terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa smp. Jurnal On Education, 01(03), 411–416.
  16. Yunita, S. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi TRansformasi Melalui Media Geogebra Kelas IX di SMP N 2 Banjit Way Kanan. Attractive : Innovative Education Journal, 2(2). https://www.attractivejournal.com/index.php/aj/