Isi Artikel Utama
Abstrak
Telah dilakukan Program Kemitraan Masyarakat dengan judul Workshop Pembuatan Alarm Air Sederhana Berbasis Transistor Sebagai Media Pembelajaran Fisika Di SMA Muhammadiyah 23 Jakarta. Workshop ini diikuti oleh 20 peserta dari siswa kelas 10 IPA SMA Muhammadiyah 23 Jakarta. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini adalah: metode ceramah, diskusi dan praktek langsung namun karena terjadi pandemic covid 19 maka metode yang digunakan menjadi metode daring dan bimbingan secara berkala melalui WA group. Tujuan dari kegiatan workshop ini agar siswa mampu memahami pelajaran fisika kelistrikan melalui praktek secara langsung dan siswa juga dapat membuat media pembelajaran yang nyata. Hasil dari pengabdian ini adalah siswa dapat menambah pengetahuannya bagaimana cara membuat suatu project alat yang aplikatif dengan ilmu fisika. Melalui kegiatan PKM ini pula, dapat membuka wawasan siswa mengenai pendidikan tinggi terutama untuk bidang-bidang yang mereka minati seperti Fisika.
Kata Kunci
Rincian Artikel
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
Referensi
-
Albert Paul Malvino. 1992. Prinsip-Prinsip Elektronika. Edisi Ketiga Jilid 1 terjemahan Prof.M.Barmawi, Ph.D. Jakarta: Erlangga
Anderson L.W. dan Krathwol D.R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR
Aryawan, P., Sulastri, M & Seeknayasa, G. 2014. Pengaruh Konseling Kelompok dengan Pelatihan Tutor Sebaya terhadap Kepemimpinan Siswa Peserta Smansa Conseling Club (SSC) di SMA Negeri 1 Singaraja. E-Journal Undiksha Jurusan Bimbingan Konseling, 2, 1-10.
Brophy. JJ. 1972. Basic Electronics For Scientist. 2nd Ed.,McGraw-Hill Kogakusha Ltd., Tokyo.
Permendikbud No. 59 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan untuk Kurikulum SMA Peminatan-IPA.
Millman J.. 1979. Microelectronics : Digital and Analog Circuit and Systems. pg, xvii-xxvii, Internstional Student Edition. McGraw-Hill Book Colpany. New York.
Paul B. Zbar, Albert P. Malvino, Michael A. Miller. 1994. A text-lab Manual. 7th Ed, Glencoe, Macmillan/McGraw-Hill. New York.
Sinaga dan Simarmata. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Berbantu Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materikalor di Kelas X Semester II SMA N 11 Medan T.P. 2013/2014. Jurnal Inpafi. Vol. 2(3) : 95-101.
Sutanto. 2006. Rangkaian Elektronika. Jakarta: UI-Press.
Tim Dosen Pendidikan Fisika FKIP-UHAMKA. 2016. Buku Penuntun Praktikum Elektronika Dasar. Jakarta.
Referensi
Anderson L.W. dan Krathwol D.R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR
Aryawan, P., Sulastri, M & Seeknayasa, G. 2014. Pengaruh Konseling Kelompok dengan Pelatihan Tutor Sebaya terhadap Kepemimpinan Siswa Peserta Smansa Conseling Club (SSC) di SMA Negeri 1 Singaraja. E-Journal Undiksha Jurusan Bimbingan Konseling, 2, 1-10.
Brophy. JJ. 1972. Basic Electronics For Scientist. 2nd Ed.,McGraw-Hill Kogakusha Ltd., Tokyo.
Permendikbud No. 59 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan untuk Kurikulum SMA Peminatan-IPA.
Millman J.. 1979. Microelectronics : Digital and Analog Circuit and Systems. pg, xvii-xxvii, Internstional Student Edition. McGraw-Hill Book Colpany. New York.
Paul B. Zbar, Albert P. Malvino, Michael A. Miller. 1994. A text-lab Manual. 7th Ed, Glencoe, Macmillan/McGraw-Hill. New York.
Sinaga dan Simarmata. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Berbantu Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materikalor di Kelas X Semester II SMA N 11 Medan T.P. 2013/2014. Jurnal Inpafi. Vol. 2(3) : 95-101.
Sutanto. 2006. Rangkaian Elektronika. Jakarta: UI-Press.
Tim Dosen Pendidikan Fisika FKIP-UHAMKA. 2016. Buku Penuntun Praktikum Elektronika Dasar. Jakarta.
