Main Article Content

Abstract

Tujuan utama dari Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam keterampilan menulis karya ilmiah berupa Penelitian Tindakan Kelas, dimana kompetensi professional merupakan salah satu kompetensi guru, selain kompetensi pedagogik, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian. Setiap guru/pendidik harus menjadi manusia pembelajar sepanjang hayat antara lain melalui berbagai keikutsertaan dalam pelatihan workshop, seminar online selama masa pandemi covid-19. Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas kali ini diikuti oleh 18 (delapan belas) guru di SD AL-Qur'an An-Nur Cipayung Jakarta Timur. Pelatihan PTK ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari kerja terdiri atas 2 hari tatap muka langsung di lokasi sekolah dan 1 (satu) hari virtual melalui online zoom, dari tgl.27, 28 dan 29 Juli 2020, dumulai dengan Pre-test untuk mengetahui tingkat pemahan peserta dalam PTK. Pada akhir pelatihan PTK, tgl. 29 Juli 2020, 4 (empat) kelompok mempersentasikan proposal PTK dengan menggunakan zoom cloud meeting. Walaupun masa pandemik covid-19, namun pelaksanaan kegiatan pelatihan PTK telah berlangsung dengan baik dan tertib, sesuai protokol kesehatan.

Keywords

Upaya meningkatkan Profesionalisme Guru PTK

Article Details

How to Cite
Chairunnisa, C., & Istaryatiningtias. (2021). Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SD Al Qur’an An Nur Cipayung. Jurnal SOLMA, 10(1s), 97–104. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1s.5425

References

    Asmani, Jamal Ma'mur.2011, Penelitian Tindakan Kelas,Laksana, Yogyakarta.
    Anshari, 2010, Transformasi Pendidikan Islam, Jakarta: Gaung Persada Press.
    Bahri, Syaiful Djamarah, 2008, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.
    Hidayatullah, M. Furqan. 2010. Pendidikan Karakter; Membangun Peradaban Bangsa.
    Surakarta: Yuma Pustaka.
    Hemdrikson, 2017. http://www.researchgate.net
    Hariwijaya, M. 2006. Pedoman Teknis Penulisan Karya Ilmiah, Skripsi, Tesis, dan Disertasi, Yogyakarta: Citra Pustaka.
    Khan, D.Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri; Mendongkrak Kualitas Pendidikan, Yogyakarta: Pelangi Publishing.
    Kusmayadi, Ismail. 2011. Guru juga bisa menulis, PT. Reka, Ciganjur, Jagakarsa, Jaksel. Mastuhu M, 2007. Sistem Pendidikan Nasional Visioner, Tangerang: Lantera Hati.
    Mulyasa, E.2005. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda.
    Munthe Bermawi. 2009, Desain Pembelajaran, Pustaka Insan Madani, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
    Subyantoro. 2009, Penelitian Tindakan Kelas.
    Tarigan, Hendry Guntur. 2000, Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa