Main Article Content
Abstract
Kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat ini berjudul Pelatihan Membuat Bank Soal bagi Guru-guru SMK Negeri 5 Jakarta Timur. Pelatihan membuat Bank Soal Tes Prestasi Belajar (Achievement Test) dilakukan oleh tim Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan meliputi: (1) Manfaat Membuat Bank Soal; (2) Cara membuat Bank Soal, Pelatihan Membuat Bank Soal dimaksudkan guna memberikan motivasi kepada para guru dalam membuat Bank Soal yang berkualitas. Agar dapat digunakan oleh guru-guru SMK Negeri 5 pada ulangan harian mereka di dalam kelasnya, sehingga pada akhir tahun dapat digunakan untuk mengisi rapor murid-muridnya di kelas. Kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat ini dilakukan selama 2 bulan, diawali dengan penjajakan ke wilayah mitra dengan mengajukan surat permohonan melakukan kegiatan pelatihan membuat Bank Soal bagi Guru-guru di SMK Negeri 5 Matraman Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu metode brain storming, ceramah, tanya jawab, penugasan dan praktik membuat draf Bank Soal . Di akhir kegiatan pelatihan mahasiswa diminta mengumpulkan dan mempresentasikan Bank Soal lalu ditutup dengan pembagian sertifikat dari Sekolah Pascasarjana UHAMKA. Setelah mereka selesai mengikuti pelatihan Bank Soal nilai post-tes mereka meningkat 129 %.
Keywords
Article Details
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
-
Altrichter, H., Posch, P., &dan Somekh, B. 2005. Teachers Investigate Their Work: an Introduction to the Methods of Action Research. New York, NY: Taylor & Francis e-library.
Brown, H. D. 2003. Language Assessment: Principles and Classroom Practices.
San Fransisco, CA: Pearson-Longman.
Costello, P. J. M. 2003. Action Research. New York, NY: Continuum. Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia
No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekretariat Jenderal.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Undang-Undang Republik IndonesiaNo.
14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekretariat Jenderal.
Dwi S, Sumardiningsih, S., Sumunar, D. R. S., & Widiatmono, R. 2013. Efektivitas Pembimbingan Karya Tulis Online Melalui Website KTI. Jurnal Kependidikan, 43(2).
Nilakusmawati, D. P. E. 2010. Kajian Pengetahuan Guru Mengenai Internet sebagai Salah Satu Sumber dalam Penyusunan Karya Tulis Ilmiah. Cakrawala, 29(2).
Pusat Penilaian Pendidikan, Balitbang Dikbud. 2011. Tes Tertulis. Jakarta: Puspendik, Balitbang, Kemendikbud.
Suhardjono. 2015. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru, dalam Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. Penelitian Tindakan Kelas, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
References
Brown, H. D. 2003. Language Assessment: Principles and Classroom Practices.
San Fransisco, CA: Pearson-Longman.
Costello, P. J. M. 2003. Action Research. New York, NY: Continuum. Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia
No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekretariat Jenderal.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Undang-Undang Republik IndonesiaNo.
14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekretariat Jenderal.
Dwi S, Sumardiningsih, S., Sumunar, D. R. S., & Widiatmono, R. 2013. Efektivitas Pembimbingan Karya Tulis Online Melalui Website KTI. Jurnal Kependidikan, 43(2).
Nilakusmawati, D. P. E. 2010. Kajian Pengetahuan Guru Mengenai Internet sebagai Salah Satu Sumber dalam Penyusunan Karya Tulis Ilmiah. Cakrawala, 29(2).
Pusat Penilaian Pendidikan, Balitbang Dikbud. 2011. Tes Tertulis. Jakarta: Puspendik, Balitbang, Kemendikbud.
Suhardjono. 2015. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru, dalam Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. Penelitian Tindakan Kelas, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.