Main Article Content

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi atau Information and Communication of Technology (ICT) tidak dipungkiri telah memasuki berbagai lini kehidupan, salah satunya dalam bidang pendidikan. Sistem teknologi informasi dan komunikasi dapat digunakan hampir pada semua sektor manajemnen pendidikan. Meluasnya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi berdampak pada karakter peserta didik. Hal ini menjadikan proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran yang up to date atau berbasis ICT. Perbedaan generasi antara pendidik atau guru dan peserta didik dapat menghasilkan sebuah gap dalam komunikasi belajar atau penyampaian materi yang efektif dan efisien. Dalam hal ini akan lebih baik jika guru dapat mengimbangi atau menyamakan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang ICT guna pencapaian tujuan pembelajaran dengan baik. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini menggunakan metode pelatihan yang bekerjasama dengan majlis Dikdasmen PWM Muhammadiyah DKI Jakarta. Diketahui bahwa 1) penggunaan perangkat pembelajaran berbasis ICT diantaranya yang berupa personal Computer, Proyektor, Compact Disc, Internet dan Software dalam pembelajaran rutin oleh guru Biologi peserta pelatihan sebanyak  47 %; 2) seluruh peserta pelatihan pembelajaran biologi berbasis ICT menyatakan bahwa kegiatan ini bermanfaat untuk mereka sebagai guru biologi dengan persentase jawaban sebanyak 100 %. Hal ini menunjukkan bahwa guru bersemangat dan memiliki kemauan untuk belajar meningkatkan kompetensi terkait dengan pembelajaran berbasis ICT.


 


 

Keywords

Pelatihan pembelajaran ICT guru muhammadiyah biologi pelatihan pembelajaran ICT biologi SMA guru Muhammdiyah Jakarta

Article Details

Author Biography

Maesaroh maesaroh, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

 

 

How to Cite
maesaroh, M., Gufron Amirullah, Eka Kartikawati, & Mega Elvianasti. (2020). Pelatihan Pembelajaran Biologi Berbasis ICT bagi Guru Muhammadiyah DKI Jakarta. Jurnal SOLMA, 9(2), 347–353. https://doi.org/10.22236/solma.v9i2.4897

References

  1. Batubara, H. H., & Ariani, D., N. (2015). Workshop Pembelajaran Berbasis ICT pada HMJ PGMI IAIN Antasari Banjarmasin. Jurnal Al-Ikhlas, 1(1), 49–53.
  2. Firmansyah, R., & Saidah, I. (2016). Perancangan Web Based Learning sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT. Informatika, 3, 176–182.
  3. Ikman, et all. (2019). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Interaktif Berbasis E - Learning XHTML Editor. Amal Ilmiah (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 24–28.
  4. Kadarisma, G., F., & Ahmadi, Y. (2019). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT Kepada Guru Sekolah Dasar. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 35–40.
  5. Kusnandar. (2018). Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK di Sekolah 3T Provinsi Papua dan Papua Barat melalui Pendampingan Jarak Jauh. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 177–198.
  6. Maesaroh, & Akbar, B. (2020). The Analysis Of The Causes Of Low Achievement Of Biology Lesson In The National Examination High School Students Of Muhammadiyah Jakarta And Tangerang. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(9s), 4938–4948.
  7. Maria, E., & Sediyono, E. (2017). Pengembangan Model Manajemen Pembelajaran Berbasis TIK di Sekolah Dasar. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 59–71.
  8. Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2018). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis Ict. Jurnal Petik, 3(1), 28. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.355
  9. Nurdiansyah, & Widodo, A. (2017). Menejemen Sekolah Berbasis ICT. Nizamia Learning Center.
  10. Purwanto, S., Suprakarti, & Sudaryati, S. (2015). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point untuk Peningkatan Kompetensi Guru Matematika di MGMP Kecamatan Pulogadung. Jurnal Sarwahita, 12(1), 26–31.
  11. Rizki, S., & Linuhung, N. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Berbasis Kontekstual dan ICT. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ.Muhammadiyah Metro, 5(2), 137–144.
  12. Romadiastri, Y. (2016). Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Metode Pembelajaran Matematika dengan PAIKEM Berbasis ICT Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jurnal At-Taqaddum, 8(2), 210–222.
  13. Septanto, H. (2015). Elearning Menggunakan Edmodo Sebuah Aplikasi Pembelajaran Berbasis Web Pada Kelas Shift Di STMIK Bina Insani. Bina Insani Ict Journal, 2(2), 121–141.
  14. Slamet, et all. (2020). Peningkatan Keterampilan ICT untuk Guru melalui Pelatihan Konten Digital Berbasis Sumber Terbuka. Open Source, 4(2), 118–130.
  15. Sriyanti, I., et all. (2015). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Bagi Guru SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 12–18.
  16. Suryani, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis IT. Sejarah Dan Budaya, 10(2), 186–196.
  17. Susilo, B., Efendi, R., & Maizora, S. (2018). Membangun Pembelajaran Berbasis Web (E- Learning) Bagi Guru Sekolah Dasar Pinggiran Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Berdikari: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 21–26.
  18. Syah, Arirdha Zikra, et all. (2018). Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Bagi Guru - Guru SMAN 02 Tanjung Balai. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 1–6.
  19. Trisisca, I., & Sulistyo, T. (2017). (2017). Pelatihan "Pembelajaran Berbasis ICT” Bagi Guru-Guru Taman Kanak-Kanak dan Raudhatul Athfal Kecamatan Bantur. JMP (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 111–115.
  20. Wulan, R, L, M., & Miswan, W. (2012). Model Pembelajaran E-Learning Menggunakan Dokeos di SMKN 22 Jakarta. Faktor Exacta, 5(1), 86–101.
  21. Yarza, H., N., Maesaroh, M., & Kartikawati, E. (2019). Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja dalam Mencegah Penyimpangan Seksual. Sarwahita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 16(1), 75–79.