Main Article Content

Abstract

Dalam upaya mengembangkan kawasan wisata berbasis ekowisata pendidikan di Desa Batu Putu, pendidikan masyarakat yang tinggal di sekitar pariwisata perlu ditingkatkan. Dalam hal ini, pendidikan tidak hanya penting untuk orang dewasa tetapi juga untuk anak-anak. Peningkatan pengetahuan tentang flora dan fauna untuk anak-anak yang tinggal di dekat Taman Keanekaragaman Hayati Batu Putu telah dilakukan dengan menggunakan metode yang menyenangkan, yaitu eksplorasi, bercerita dan bermain puzzle. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan flora dan fauna kepada anak-anak dan menjelaskan betapa pentingnya melindungi lingkungan sebagai habitat flora dan fauna. Hasilnya menunjukkan bahwa ada peningkatan pengetahuan anak-anak tentang flora dan fauna. Anak-anak dapat mengenali flora dan fauna lokal yang unik, dan menumbuhkan rasa cinta terhadap flora dan fauna di sekitar mereka. Pengamatan menunjukkan karakter anak-anak yang peduli dengan flora-fauna dan lingkungan mereka telah muncul dari perilaku sehari-hari mereka ketika bermain di sekitar taman. Kegiatan-kegiatan ini mampu mengembangkan kesadaran anak sejak dini untuk melindungi lingkungan di Taman Keanekaragaman Hayati Batu Putu.

Keywords

Batu Putu Village Biodiversity Environmental Education Education Tourism Flora-Fauna

Article Details

How to Cite
RAHAYU, Y., ARIYANTI, Y., JAYANI, F. M., & WIJAYANTI, H. (2020). Pengenalan Flora Fauna Melalui Jelajah dan Bermain pada Anak-Anak di Sekitar Taman Keanekaragaman Hayati Batu Putu Lampung. Jurnal SOLMA, 9(1), 239–248. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4894

References

    Lanti E. (2017). Media Pengembangan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar. Gorontalo: Athra Samudra.
    Paulina L. & Pramudiani P. (2018). Pembelajaran Karakter melalui Media Dongeng pada PAUD Formal Binaan I Dan Binaan III Ciracas Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 01(1), 215-224. Doi: http://dx.doi.org/10.29405/solma.v7i2.1665.
    Pemerintah Kota Bandar Lampung. 2019. Grand Design Pembangunan Pusat Wisata Edukasi Bambu di Taman Keanekaragaman Hayati Batu Putu. dipaparkan pada agenda diskusi dalam kunjungan lapangan Taman Keanekaragaman Hayati Batu Putu, 3 September 2019 di Lampung.
    Sulartiningrum S., Nofiyanti F., Fitriana R. (2018). Pelatihan Peningkatan Kualitas SDM Bidang Pariwisata di Desa Wisata. Jurnal SOLMA, 7(2), 176-181. Doi: http://dx.doi.org/10.29405/solma.v7i2.2228
    Trenggonowati D.L. & Kulsum. (2018). Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia Dini Studi Kasus di Kota Cilegon. Journal Industrial Servicess, 4(1), 48-56.