Main Article Content

Abstract

Sertifikat tes Toefl saat ini sangat diperlukan bagi siswa sebagai syarat administratif untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi baik dalam ajang beasiswa luar negeri maupun dalam negeri. Dalam hal ini siswa dituntut mampu memiliki pengetahuan dan sekaligus kemampuan untuk bisa sukses mengikuti tes berbahasa Inggris ini. Padahal, kenyataannya masih banyak siswa yang belum mengetahui mengenai tes berbahasa Inggris ini. Salah satu contohnya adalah siswa SMA Swasta Nurul Hasanah, Deli Serdang yang bahkan masih belum mengetahui skills ataupun keahlian serta soal yang biasanya diujikan dalam tes Toefl ini. Untuk itu, diperlukan solusi alternatif guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman sekaligus kemampuan dan penguasaan siswa SMA Swasta Nurul Hasanah terhadap materi tes Toefl. Dengan demikian tujuan Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah memberikan solusi bagi siswa SMA Swasta Nurul Hasanah untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti tes Toefl dengan menyediakan media pengajaran berbasis handout berupa tips dan trik jitu menjawab soal Toefl dan metode pengajaran yang efektif melalui metode cara cepat atau teknik jitu menjawab soal-soal Toefl secara mudah, sehingga hal ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa SMA Swasta Nurul Hasanah, Deli Serdang mengenai  tes berbahasa Inggris Toefl dan cara mudah menjawab soal-soal tes Toefl yang secara otomatis juga meningkatkan skor Toefl siswa SMA Swasta Nurul Hasanah, Deli Serdang. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa terhadap tes berbahasa Inggris Toefl dan kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal tes Toefl secara mudah dengan menerapkan trik jitu menjawab soal-soal Toefl.

Keywords

metode materi menyimak Toefl simulation test

Article Details

How to Cite
Juliana, J., & Dwi Suci Amaniarsih. (2020). Peningkatan Pengetahuan dan Pemahaman Siswa SMA Nurul Hasanah terhadap Tes Berbahasa Inggris Toefl . Jurnal SOLMA, 9(1), 143–155. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4877

References

  1. Cho, Y., & Bridgeman, B. (2012). Relationship of TOEFL iBT® scores to academic performance: Some evidence from American universities. Language Testing, 29(3), 421–442.
  2. Heffernan, N. (2006). Successful strategies: Test-taking strategies for the TOEFL. Journal of Asia TEFL, 3(1).
  3. Juliana, J. (2018). The Comparative Impacts of Using Lexical Glossing and Inferencing Strategies on Students' Reading Comprehension. Advances in Language and Literary Studies, 9(1), 1–5. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.7575/aiac.alls.v.9n.1p.1
  4. Krausz, J., Schiff, A., Schiff, J., & Hise, J. V. (2005). The impact of TOEFL scores on placement and performance of international students in the initial graduate accounting class. Accounting Education, 14(1), 1), 103-111.
  5. Nurhasan & Cholil, D. H. (2007). Modul tes dan pengukuran keolahragaan. Bandung: Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Indonesia.
  6. Papageorgiou, S., & Cho, Y. (2014). An investigation of the use of TOEFL® JuniorTM Standard scores for ESL placement decisions in secondary education. Language Testing. Language Testing, Papageorgi(31(2)), 223–239.
  7. Phillips, D. (2001). Longman introductory course for the TOEFL test (Longman). London.
  8. Phillips, D. (2004). Longman Introductory Course for the TOEFL Test: The paper Test [CD.}.
  9. Putrawan, G. E. (2018). Pelatihan Bahasa Inggris Toefl-Like Test Bagi Siswa SMAN 4 Bandar Lampung. Sakai Sambayan Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 122–128.
  10. Sugeng, B. (2012). Penguasaan Bahasa Inggris Mahasiswa Baru Uny Tahun Akademik 2005/2006–2009/2010 Pada Kriteria Toefl-Like. Litera, 11(2).
  11. Sugiyono, P. D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D . Indonesia: ALFABETA.
  12. Surachmad, W. (2002). Metodologi Research. Jakarta: PT. Gramedia Indonesia.