Main Article Content

Abstract

Bunda PAUD di Kecamatan Gondang merasa kesulitan mengenalkan bangun datar pada anak usia dini. Mereka bingung memberikan APE seperti apa kepada anak usia dini. Bunda-bunda PAUD juga menginginkan APE yang dapat dengan mudah mereka buat untuk anak didiknya dengan biaya yang ekonomis. Oleh karena itu, diperlukan adanya pelatihan untuk bunda PAUD dalam pembuatan APE yang sederhana namun mampu meningkatkan pemahaman anak usia dini mengenai konsep bangun datar. Tujuan pengabdian ini adalah untuk membantu bunda PAUD membuat APE yang mudah dibuat dalam rangka mengenalkan bangun datar ke anak usia dini. Metode yang diterapkan dalam pelatihan ini adalah metode presentasi, metode demostrasi, dan metode praktik. Alat permainan edukatif yang dibuat selain mudah dibuat juga murah bahannya dari barang bekas, namun tetap aman untuk anak usia dini. Alat-alat permainan edukatif yang dihasilkan juga dapat melatih motorik halus dan kasar anak usia dini. Hasil yang dicapai dari kegiatan pengabdian pada Bunda PAUD se Kecamatan Gondang adalah para Bunda PAUD mampu mengkreasikan atau mengimprovisasi alat pemainan edukatif (APE) yang diberikan dalam pelatihan. Dengan adanya bunda PAUD yang dapat mengkreasikan APE sederhana yang dibuat dari barang bekas, maka dapat mengurangi sampah dan diharapkan anak usia dini dapat dengan mudah memahami apa saja bangun datar, warna, dan juga membilang dalam satu APE saja yang dihasilkan.

Keywords

APE alat permainan edukatif bangun datar geometri media pembelajaran

Article Details

How to Cite
Susilowati, E., Fathonah, N. ., Astutik, E. P. ., Hadi, S. ., & Prayitno, L. L. . (2020). Pendampingan Bunda PAUD dalam Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Sederhana untuk Pengenalan Konsep Bangun Datar . Jurnal SOLMA, 9(1), 131–142. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4714

References

  1. Astika, J. C. (2017). ARTIKEL APLIKASI PENGENALAN BANGUN DATAR UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ( PAUD ) SURAT PERNYATAAN ARTIKEL SKRIPSI TAHUN 2016 / 2017. 01(03).
  2. Atik, K. M. (2019). Pelatihan Pembuatan Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Guru Di Ppt Nur Insani Surabaya. Journal Community Development and Society, 1(2), 89–98. https://doi.org/10.25139/cds.v1i2.1810
  3. Fayeldi, T., I. D, R. N., & Ferdiani, R. D. (2016). Pengenalan Macam-Macam Bangun Ruang Dengan Media Manipulatif Matematika Sederhana Pada Anak Paud.
  4. Hertayani, L., Endang, B., & Astuti, I. (2015). Peningkatan Kemampuan Mengenal Bangun Datar Melalui Media Geometri Pada Usia 5-6 Tahun. (58), 1–13.
  5. Koesmadi, D. P. (2019). PENGARUH CONSTRUCTIVE PLAY TERHADAP KEMAMPUAN PENGENALAN GEOMETRI DAN KLASIFIKASI PADA ANAK PENDAHULUAN Pada masa usia golden age merupakan masa dimana anak dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan yang paling pesat , baik fisik maupun mental . Selain per.
  6. Kurniawati, N. (2020). Pengembangan mengenal bentuk geometri melalui media bahan alam kardus bekas di paud. 3(1), 28–33.
  7. Mi, V. I., & Sulaiman, D. (2019). secara harfiah berarti " Perantara ” atau " Penyalur ”. Hal ini bermaksud bahwa. 2(1), 55–66.
  8. Mursalin. (2016). Pembelajaran Geometri Bidang Datar Di Sekolah Dasar Berorientasi Teori Belajar Piaget. Jurnal Dikma, 4(2), 250–258.
  9. Qhadafhi, M. (2018). Alat Pengenalan Bentuk Bangun Geometri Berbasis Mikrokontroler Untuk Anak Usia Dini. 12(2), 186–196.
  10. Rozi, F., & Khomsatun, K. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Warna Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Menggunakan Adobe Flash Berbasis Android. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 4(1), 12. https://doi.org/10.29100/jipi.v4i1.781
  11. Sholikhah, M. (2013). Bermain Kotak Bentuk Geometri Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Khusus, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
  12. Sundari, S., & Wahyuningsih, D. (2015). Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf, Angka, Warna dan Bentuk Bangun Datar Pada Siswa Kelas 1 SDN 5 Parittiga Berbasis Android. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 4(1), 56. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v4i1.204
  13. Veronica, N., & Lutifiah. (2019). Peningkatan perkembangan kognitif melalui penggunaan puzzle pada anak tk. 19(3), 1–11.
  14. Yulistia, D. (2018). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Media Bahan Kardus Bentuk Geometri di Taman Kanak-Kanak Negeri Sekincau Lampung Barat. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
  15. Yuni, E., & Dewi, P. (2019). Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Balok Anak Usia Dini. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(1), 34–48.