Main Article Content

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia kini memegang peranan yang cukup penting untuk menggerakkan roda perekonomian negara. Hal ini terutama disebabkan oleh pertumbuhan UMKM yang demikian pesat sehingga membawa dampak positif terhadap perekonomian daerah yang semakin lama semakin dapat menunjukkan kemandiriannya seperti di Kelurahan Tlogomas. Cukup banyak warga Tlogomas yang mempunyai usaha sampingan dalam bentuk UMKM. Sejauh ini pemasarannya terbatas pada tetangga dan teman di sekitarnya. Meskipun telah memanfaatkan media sosial, pertumbuhan UMKM di Tlogomas terbilang lambat. Oleh karena itu, melalui program Ipteks bagi Masyarakat, Universitas Ma Chung telah melakukan pendampingan untuk pembentukan organisasi pengelola UMKM di Tlogomas. Demi mempermudah pengelolaan, dikembangkan pula sebuah media online etlogomas dalam bentuk e-commerce sebagai wadah bagi warga Tlogomas mengembangkan UMKM-nya. Untuk dapat mempertahankan eksistensinya dan terus berkembang secara berkelanjutan, etlogomas masih memerlukan dukungan dalam bentuk pendampingan dan pelatihan baik bagi pengelola e-commerce maupun para warga pemilik UMKM. Oleh karena itu, telah dilaksanakan pula program pendampingan dan pelatihan bagi kelurahan Tlogomas dengan harapan etlogomas dapat menjadi organisasi mandiri yang mampu meningkatkan perekonomian warga Tlogomas.

Keywords

Ecommerce etlogomas tlogomas usaha kecil dan menengah UKM

Article Details

How to Cite
Irawan, P. L. T., Kestrilia Rega Prilianti, & Melany. (2020). Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Melalui Implementasi E-Commerce di Kelurahan Tlogomas. Jurnal SOLMA, 9(1), 33–44. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4347

References

  1. Alhasanah, J. U., Kertahadi, & Riyadi. (2014). Pengaruh Kegunaan, Kualitas Informasi dan Kualitas Interaksi Layanan Web E-Commerce terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei pada Konsumen www.getscoop.com). Jurnal Administrasi Bisnis, 15(2), 1–10.
  2. Aryadita, H., Widyastuti, D. A., & Wardani, N. H. (2017). Analisis Kualitas Layanan Website E-Commerce Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Sistem Informasi, 10(1), 29–35. https://doi.org/10.15408/sijsi.v10i1.7747
  3. Kalakota, R. dan Whinston, A. B. (1997). Electronic commerce: a manager's guide. Addison-Wesley Professional.
  4. Lestari, W., Syarief, R., & Sumantadinata, K. (2013). Strategi Peningkatan Daya Saing Kakao Indonesia Di Pasar Internasional. Manajemen IKM, 8(1), 35–44. https://doi.org/10.1016/S0960-8524(03)00155-X
  5. Nurzamzami, Ayatusyifa. Siregar, E. H. (2014). Peningkatan Daya Saing UMKM Alas Kaki di Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor dan Implikasinya terhadap Strategi Pemasaran. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 5(1), 15–29. Retrieved from http://journal.ipb.ac.id/index.php/jmo/article/view/12127
  6. Roosdhani, M. R., Wibowo, P. A., & Widiastuti, A. (2012). Analisis Tingkat penggunaan Teknologi Informasi dan komunikasi pada Usaha Kecil Menengah di Kab. Jepara. Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 89–104.
  7. Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65
  8. Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51–58.
  9. Sudaryanto, R., & Wijayanti, R. R. (2013). Strategi pemberdayaan UMKM menghadapi pasar bebas Asean. Pusat Kebijakan Ekonomi Makro. Jakarta: Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan.
  10. Tedjasuksmana, B. (2014). Potret Umkm Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN2015. In The 7th NCFB and Doctoral Colloquium 2014.
  11. Turban, E., Outland, J., King, D., Lee, J. K., Liang, T. P., & Turban, D. C. (2017). Electronic commerce 2018: a managerial and social networks perspective. Springe.
  12. UPB, J. (2019). UMKM Pembinaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Menggunakan Google My Business. Jurnal Pengabdian Barelang, 1(01), 5–7.
  13. Wijanarko, A., & Susila, I. (2016). Faktor Kunci Keberhasilan UMKM Kreatif. Perubahan Kultur Dan Sinergitas Bisnis. Sidoarjo: FEB Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
  14. Yau, O. (2002). An Empirical Investigation of the Impact of Business-to-business Electronic Commerce Adoption on the Business Operations of Hong Kong Manufacturers. First Monday, 7(9).

Most read articles by the same author(s)