Main Article Content

Abstract

Background: Perilaku Hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan langkah yang harus dilakukan untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal bagi setiap orang termasuk di sekolah. SD Negeri Pekayon 18 Jakarta Timur pada saat dilakukan observasi, pada siswa-siswa di sana masih terlihat kurangnya keterlibatan siswa SD Negeri Pekayon 18 Jakarta Timur dalam melakukan cuci tangan dengan baik dan benar menggunakan sabun walaupun sudah tersedia wastafel di dalam kelas dan depan sekolah. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman dan wawasan, meningkatkan kesadaran, dan adanya perubahan perilaku yang lebih baik pada anak-anak sekolah tentang pentingnya hidup bersih dan sehat khususnya langkah cuci tangan pakai sabun dengan benar. Metode:Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan cara sosialisasi (ceramah), pemutaran video dan praktik cuci tangan.Hasil: Hasil pre-post-test menunjukkan ada peningkatan dari skor sebelum penyuluhan (5,50) dengan skor sesudah penyuluhan (5,67). Hasil uji paired sampel T test menunjukkan ada hubungan antara pemberian intervensi penyuluhan PHBS dengan kenaikan skor pengetahuan (Pvalue < 0,05). Kesimpulan:Kegiatan penyuluhan telah meningkatkan pengetahuan PHBS.

Keywords

Cuci Tangan PHBS Sekolah Cuci Tangan PHBS Sekolah

Article Details

How to Cite
Zainal, A. U. (2021). Implementasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Untuk Mewujudkan Gaya Hidup Sehat Sejak Dini di SDN Pekayon 18 Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 10(1), 8–13. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1s.4109

References

  1. Depkes RI, D. K. R. I. (2008). Panduan Manajemen PHBS Menuju Kabupaten/Kota Sehat. Depkes RI.
  2. Dewi, N. W. Y. A., Kusumaningsih, F. S., & Suntari, N. L. P. Y. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Puzzle Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Anak Pra Sekolah. Community of Publishing in Nursing (COPING), 7(1), 13–20.
  3. Dwi Jayanti, L. (2011). (2011). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Serta Perilaku Gizi Seimbang Ibu Kaitannya dengan Status Gizi Dan Kesehatan Balita Di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Jurnal Gizi Dan Pangan, 6(3), 192-199.
  4. Iskandar., Heru., Suhadi., & Maryati. (2014). Pengaruh Modelling Media Video Cuci Tangan Terhadap Kemampuan Cuci Tangan Pada Siswa Kelas 4 di SD Wonosari 02 Mangkang Semarang. Jurnal IImu Keperawatan Dan Ilmu Kebidanan (JKK).
  5. Kementrian Kesehatan RI, K. R. (2010). Pemberdayaan Masyarakat dan Promosi Kesehatan untuk Hidup Sehat. Kemenkes RI.
  6. Khoiruddin, Kirnantoro, & Sutanta. (2015). Tingkat Pengetahuan Berhubungan dengan Sikap Cuci Tangan Bersih Pakai Sabun Sebelum dan Setelah Makan pada Siswa SDN Ngebel Tamantirta, Kasihan, Bantul Yogyakarta. JNKI, 3(3), 176–180.
  7. Listiadesti, A. U., Noer, S. M., & Maifita, Y. (2020). Efektivitas Media Vidio Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun pada Anak sekolah: A Literatur Review. Jurnal Menara Medika, 3(1).
  8. Lubis, Z. S. A., Lubis, N. L., & Syahrial, E. S. (2013). Pengaruh Penyuluhan Dengan Metode Ceramah dan Diskusi Terhadap Peningkatan Pengetetahuan Dan Sikap Anak Tentang PHBS di Sekolah Dasar Negeri 065014 Kelurahan Namogajah Kecamatan Medan Tuntungan Tahun 2013. Media Neliti.
  9. Maryunani, A. (2013). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Trans Info Media.
  10. Mundiatun, & Daryanto. (2018). Sanitasi Lingkungan (Pendidikan Lingkungan Hidup). Penerbit Gava Media.
  11. Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. PT. Rineka Cipta.
  12. Nugraheni, H., Widjanarko, B., & Cahyo, K. (2010). Praktek Cuci Tangan Pakai Sabun di Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Semarang. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 5(2).
  13. Raharjo, Ahmad Sigit., Indarjo, S. (2014). Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap, dan Ketersediaan Fasilitas Di Sekolah Dalam Penerapan PHBS Membuang Sampah Pada Tempatnya (Studi di Sekolah Dasar Negeri Banjarsari 02 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati). Unnes Journal of Public Health, 3(1).
  14. Saputri, Achsanti, A., & Suryati. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Audio-Visual Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTSP) Pada Anak Kelas IV Di MI Jamilurrahman Bantul. Jurnal Medika Respati, 14(3).
  15. Soemirat, J. (2004). Kesehatan Lingkungan. Gadjah Mada University Press.
  16. Sumijatun, et al. (2005). Konsep Dasar Keperawatan Komunita. EGC.