Isi Artikel Utama

Abstrak

Limbah kain perca dapat diolah kembali menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi.  Tujuan pengabdian ini adalah memberdayakan guru-guru dalam mengembangkan media pembelajaran matematika di kecamatan Pangalengan agar dapat berperan aktif dalam mengatasi limbah anorganik berupa kain perca. Kegiatan ini sekaligus membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru dalam rangka mengembangkan media pembelajaran matematika bernilai untuk membantu pemahaman konsep. Tujuan tersebut diwujudkan dengan cara memberikan keterampilan kepada guru-guru untuk memanfaatkan kain perca menjadi alat peraga  yang memiliki nilai manfaat. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, demonstrasi, dan praktik langsung. Metode ceramah digunakan dalam proses penyampaian materi pelatihan. Di samping itu digunakan juga dalam memberikan penyuluhan kepada guru-guru  tentang manfaat sampah kain yang awalnya tidak bernilai menjadi lebih bernilai pada saat diolah ke bentuk lain. Metode diskusi digunakan sebagai media komunikasi saat pelatihan berlangsung sehingga terjadi komunikasi dua arah antara pemateri dan guru-guru. Metode demonstrasi digunakan dalam proses memberikan contoh dalam setiap pelatihan, sehingga memberikan kemudahan kepada para peserta dalam memahami materi yang disampaikan. Metode praktik langsung digunakan untuk mengaplikasikan materi yang telah didapatkan, tentunya dengan bimbingan pemateri. Metode observasi dilakukan untuk mengamati kemampuan para guru baik selama proses pelatihan maupun sesudah pelatihan. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini adalah adanya peningkatan pengetahuan  guru tentang  memilih, menggunakan, dan mengembangkan media pembelajaran dalam pembelajaran matematika dari kain perca. 

Kata Kunci

Limbah anorganik kain perca guru SD media pembelajaran

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Purwasih, R., Anita, I. W., & Afrilianto, M. (2020). Pemanfaatan Limbah Kain Perca untuk Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika bagi Guru SD. Jurnal SOLMA, 9(1), 167–175. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.3650

Referensi

  1. Adam, S. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3(2), 78–90.
  2. Amirullah, G., Suciati, R., Handayani, D., & Susilo, S. (2019). The Impact of Predict Observe Explain ( POE ) strategy against student ' s critical thinking ability. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(2), 173–180.
  3. Amirullah, G., & Susilo, S. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. Jurnal Solma UHAMKA.
  4. Devanti, Y. M. (2017). Pemanfaatan limbah konveksi untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga miskin (RTM). Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 3(1), 51–56.
  5. Haifa, N., Jubaedah, Y., & Widiaty, I. (2017). Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Green Family Education Bagi Remaja Di Panti Asuhan Kota Bandung. FamilyEdu, 3(1), 46–53.
  6. Handayani, S. L., & Amirullah, G. (2019). Meningkatkan Pemahaman Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Literasi, 4C, PPK dan HOTS,. Jurnal SOLMA, 8(1), 14–23.
  7. Indahyani, T. (2010). Sukses Mengembangkan Desain Seni dan Kerajinan Menjahit Aplikasi Berbahan Dasar Limbah Kain (kain perca) bagi Industri Rumah Tangga. Humaniora, 1(2), 431–444.
  8. Jannah, M. (2017). Pemanfaatan Kain Perca Batik Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pertiwi Doro Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan.
  9. Karo-Karo S, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. Axiom, VII(1), 91–96.
  10. Pranowo, G. (2011). Kreasi Animasi Interaktif dengan Actions Script 3.0 pada Flash CS5. Yogyakarta: Andi.
  11. Priwantoro, S. W., Fahmi, S., & Ariesta, D. Y. (2019). Pelatihan Peningkatan Kemampuan It Bagi Guru Matematika Menggunakan Geogebra. Jurnal Terapan Abdimas, 4(2), 203–209.
  12. Purwanthari, A., Obed, A., Wildani, A., Firmansyah, A., & Sari, D. P. (2017). Pelatihan Pembuatan Bross Dengan Bahan Dasar Kain Perca Desa Cangkringturi Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo. Abadimas Adi Buana, 1(1), 9–14.
  13. Rosdiana, A., Yulistianti, H. D., & Laila, A. N. (2018). Pemanfaatan Kain Perca sebagai APE Pillow Doll untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Journal of Dedicators Community, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.34001/jdc.v2i1.659
  14. Suriyanti, Y., & Thoharudin, M. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Ips Terpadu. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 117–121.
  15. Yulistia, D. (2018). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Media Bahan Kardus Bentuk Geometri di Taman Kanak-Kanak Negeri Sekincau Lampung Barat. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.