Main Article Content

Abstract

Kemajuan teknologi informasi menjadi salah satu peluang yang dapat dimanfaatkan guru dalam meningkatkan pola pembelajarannya. Banyaknya perangkat lunak yang tersedia dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan media pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik minat belajar para murid peserta didiknya. Fasilitas internet yang tersedia juga menjadi peluang besar untuk dapat memperkaya konten materi yang dapat disiapkan untuk disampaikan kepada peserta didiknya yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas peserta didiknya. Oleh karena itu diperlukan strategi guna meningkatkan kualitas dan kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah  pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia interaktif menggunakan software Adobe Flash Cs 6 di MIS Muhammadiyah Darussalam kabupaten Sikka Maumere, NTT. Metode yang diterapkan dalam pelatihan ini, yaitu metode presentasi, metode demonstrasi, dan metode praktik. Hasil yang dicapai dari kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah para guru mampu mengemas konten pembelajran yang tersaji dalam media pembelajaran multimedia interaktif yang menarik. 

Keywords

Guru Media Interaktif Multimedia

Article Details

How to Cite
Darmawan, D., Nasa, R., & Yani, A. (2019). Pendampingan Guru-Guru MIS Muhammadiyah Darussalam Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal SOLMA, 8(2), 171–180. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3563

References

    Aaron, Jibril. (2010). Jurus Kilat Jago Adobe Flash. Bandung: Dunia Komputer.
    Amirullah, G., & Susilo, S. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. Jurnal Solma UHAMKA.
    Anggraeni, A. (2013). Pengembangan Media Animasi Fisika pada Materi Cahaya dengan Aplikasi Flash Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Aplikasinya (JPFA) Universitas Negeri Surabaya.
    Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran Edisi I. Jakarta: Rajawali Press.
    Chomsin, S., Jasmadi, J., & Widodo, W. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Multimedia. Jakarta: Elex Media Komputindo.
    Daryanto, D. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
    Davis, B. (1991). Teaching with Media. Technology and Education. Conference in Athens, Greece.
    Desmita, D. (2013). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
    Fathurrohman, Pupuh Sutikno, S. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
    Munir, M. (2005). Konsep dan Aplikasi Program Pembelajaran Berbasis Komputer (Computer Based Interaction). P3MP UPI.
    Nandi, N. (2006). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Geografi di Sekolah. Jurnal "GEA” Jurusan Pendidikan Geografi, 6(1).
    Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008. PP nomor 74 tahun 2008, Peraturan Pemerintah. , (2008).
    Permendiknas nomor 41 tahun 2007. Permendiknas nomor 41 tahun 2007. , (2007).
    Pranowo, G. (2011). Kreasi Animasi Interaktif dengan Actions Script 3.0 pada Flash CS5. Yogyakarta: Andi.
    Prawiradilaga, D. S. (2009). Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.