Pelatihan Aplikasi Untuk Industri Berbasis Arduino di SMK Letris Tangerang Selatan

  • Muhamad Jafar Elly STT PLN
  • Emillia Emillia STT PLN
  • Hendrianto Husada
  • Yessy Asri
  • Dian Hartanti
  • Hengki Sikumbang
  • Dwina Kuswardani
Keywords: teknologi informasi, mikrokontroler, arduino

Abstract

Seiring perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat, teknologi mikrokontroler pun ikut berkembang pesat. Mikrokontroler digunakan di hampir semua perlengkapan elektronik rumah tangga dan industri. Salah satu mikrokontroler yang sangat popular yang banyak digunakan dalam pembuatan prototipe peralatan elektronik untuk aplikasi industri adalah arduino. Aplikasi arduino ini belum banyak dikenal masyarakat. Salah satu cara untuk mengenalkan peralatan elektronik yang menggunakan mikrokontroler ini adalah memberikan bimbingan dan pelatihan tentang arduino yang meliputi fungsi, blok diagram, pemrogramman dan implementasinya. Dalam kaitan itu, kegiatan Pengabdian Kepada Mayarakat dari STT PLN pun dilakukan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan bimbingan dan penyuluhan mengenai Arduino dan implementasinya dalam industri terutama kepada para pelajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Letris, Tangerang Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrianto, H. (2016). Arduino ,Belajar Cepat dan Pemrograman. Bandung: Penerbit Informatika.
Arifin, M. (2006). Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdesipliner. Jakarta: Bumi Aksara.
Ginting NB. (2002). Penggerak antena modem USB tiga dimensi berbasis mikrokomputer menggunakan Arduino UNO. J Urnal Fisika, 2(1), 17–18.
Handoko, P. (2017). Sitem Kendali Perangkat Elektronika Monolitik Berbasis Arduino Uno R3.
Junaidi, Dr. dan Prabowo, Y. D. (2018). Project Sistem Kendal Elektronik Berbasis Arduino, Penerbit Aura.
Kadir. A. (2013). Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemrogramannya Menggunakan Arduino. yogyakarta: Andi Offset.
Muhtadi, T.R., dan S. (1992). Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan. Departemen Pedididikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Tinggi, Pusat Aantar Universitas Pangan dan Gizi. Institut Pertanian Bogor.
Nugroho, S.A., I Ketut Dedy Suryawan, I. N. K. W. (2015). Penerapan Mikrokontroler Sebagai Sistem Kendali Perangkat Listrik Berbasis Android. Jurnal Eksplora Informatika, 4(2), 135–144.
Santoso, H. (2015). Panduan Praktis Arduino untuk Pemula. Jakarta.
Saptaji, H. W. (2015). Mudah belajar Mikrokontroller dengan Arduino. Bandung: Widya Media.
Saputri ZN. (2014). Aplikasi pengenalan suara pengendali peralatan listrik berbasis Arduino UNO. Malang: Universitas Brawijaya.
Syahrial, M. (2014). Panduan Model Simulasi dan Praktek Mikrokontroler. yogyakarta: Penerbut Andi Publishing.
Published
2019-10-21
How to Cite
Elly, M. J., Emillia, E., Husada, H., Asri, Y., Hartanti, D., Sikumbang, H., & Kuswardani, D. (2019). Pelatihan Aplikasi Untuk Industri Berbasis Arduino di SMK Letris Tangerang Selatan. Jurnal SOLMA, 8(2), 278-286. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3345