Main Article Content

Abstract

Electronic presentations merupakan sebuah media presentasi yang dibuat dengan menggunakan berbagai macam tools seperti powerpoint, frezy dan lain sebagainya yang berguna untuk mempresentasikan kepada khalayak dari berbagai macam bidang baik itu bisnis, perkantoran maupun pendidikan. SMK Pusponegoro saat ini mempunyai kesulitan didalam mencari media pembelajaran yang sesuai dengan keadaan sekarang yang tujuannya ingin meningkatkan pola sistem pembelajaran di sekolah tersebut, maka dalam hal ini pembuatan elektronic presentation disepakati untuk diberikan melalui kegiatan pelatihan. Tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan adalah sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan guru SMK Pusponegoro Berbes dalam pembuatan e-presentation. Metode kegiatan yang digunakan untuk mencapai tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dengan metode ceramah dan praktek dengan menggunakan media powerpoint dan Prezy, dimana semua peserta pelatihan setelah mendapatkan materi yang disampaikan kemudian mempraktekan apa yang sudah diberikan implementasinya. Hasil kegiatan pada pelaksanaan pelatihan ini adalah bertambahnya ilmu pengetahuan dan keterampilan serta pemahaman akan penerapan penggunaan electronic presentation yang diberikan kepada para Guru SMK Pusponegoro Jatibarang Brebes yang ikut pelatihan tersebut. Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan, tersebut dapat memberikan pemahaman baru mengenai terdapatnya penggunaan media pembelajaran alternatif yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.

Keywords

Electronic Presentation Guru Media Pembelajaran

Article Details

How to Cite
Somantri, O., Abidin, T., Wijayanto, S., Wibowo, D. S., & Dairoh, D. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Keterampilan Pembuatan E-Presentation. Jurnal SOLMA, 8(2), 219–228. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3245

References

    Ainin, M., Ahsanuddin, M., & Asrori, I. (2018). Pelatihan Powerpoint Bagi Guru Bahasa Arab MTs Kota dan Kabupaten Kediri. 1(1), 74–79.
    Andrizal, & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. 17(2), 1–10.
    Ayuningtyas, A., H., A. S., Pujiastuti, A., Retnowati, N. D., & Indrianingsih, Y. (2018). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Bagi Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu ( SDIT ) Salsabila Al Muthi ' in Berbasis Multimedia dengan Menggunakan Microsoft Power Point. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Teknologi, 1(No. 1), 1–6.
    Chou, P.-N., Chang, C.-C., & Lu, P.-F. (2015). Prezi versus PowerPoint: The effects of varied digital presentation tools on students' learning performance. Computers & Education, 91, 73–82. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.10.020
    Craig, R. J., & Amernic, J. H. (2006). PowerPoint presentation technology and the dynamics of teaching. Innovative Higher Education, 31(3), 147–160. https://doi.org/10.1007/s10755-006-9017-5
    Husain, C. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184–192.
    Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8, 19–35.
    Perron, B. E., & Stearns, A. G. (2011). A Review of a Presentation Technology: Prezi. Research on Social Work Practice, 21(3), 376–377. https://doi.org/10.1177/1049731510390700
    Putra, D. R., & Nugroho, M. A. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer dengan. Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahan Jasa, XIV No.1(3), 25–34.
    Riskiawan, H. Y., Setyohadi, D. P. S., & Arifianto, A. S. (2016). PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN KREATIVITAS GURU SMA. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 1(1), 48–52.
    Shallcross, D. E., & Harrison, T. G. (2007). Lectures: electronic presentations versus chalk and talk – a chemist's view. Chem. Educ. Res. Pract., 8(1), 73–79. https://doi.org/10.1039/B6RP90021F
    Somantri, O., Abidin, T., Wibowo, D. S., & Wiyono, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Membuat E - Learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Sma Negeri 1 Subah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 23(2), 332–337.
    Strasser, N. (2014). Using Prezi In Higher Education. Journal of College Teaching & Learning (TLC), 11(2), 95. https://doi.org/10.19030/tlc.v11i2.8547
    Sukoco, Arifin, Z., Sutiman, & Wakid, M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Peserta Didik Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(2), 215–226.
    Usodo, B., Kurniawati, I., & Kuswardi, Y. (2016). Pelatihan Penerapan Beberapa Aplikasi Dari Microsoft"¯: Office Mix , Onenote , Sway Dalam Pembelajaran Bagi Guru-Guru Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(9), 743–752.
    Uz, í‡., Orhan, F., & Bilgiç, G. (2010). Prospective teachers' opinions on the value of PowerPoint presentations in lecturing. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 2051–2059. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.280