Pelatihan Metode Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Para Relawan Pengajar

  • Erna Megawati Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: metode pembelajaran, pendidikan, relawan, buta aksara

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran yang tepat akan membantu dalam mencapai tujuan pendidikan dalam jenjang manapun. Data statistik menunjukkan tingginya angka buta aksara di Indonesia mendorong semua anggota masyarakat yang terdidik untuk turun dan melayani anggota masyarakat lain yang membutuhkan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan mengenai metode pembelajaran bahasa Inggris yang dapat digunakan oleh relawan pengajar di kampung Mulyasari yang berdedikasi memberantas buta aksara. Metode pelaksanaan kegiatan ini pelatihan dan pemberian contoh. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran bahasa Inggris yang dinilai cocok dengan karakteristik peserta didik di Mulyasari adalah TPR (Total Physical Response).

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS. (2006). Badan Pusat Statistik. Retrieved from https://www.bps.go.id/subject/28/pendidikan.html

Dwi Atmanti, H. (2005). Investasi sumber daya manusia melalui pendidikan. Jurnal Dinamika Pembangunan (JDP), 2(Nomor 1), 30–39.

Erwinandari, D. (2013). A Descriptive Study On Teaching Reading Descriptive Text To The First Year Student Of SMK Negeri Pringkuku Pacitan In 2012-2013 Academic Year. Skripsi. Retrieved from http://studiamsu.eu/wp-content/uploads/30.-p.144-148.pdf

Ikhwati, A., & Megawati, E. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran TPR (Total Physical Response) dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Deiksis, 10(1), 11–19. https://doi.org/10.30998/deiksis.v10i01.1937

Jacobs, G. M., & Farrell, T. S. C. (2003). Understanding and implementtng the CLT (Communicative Language Teaching) paradigm. RELC Journal, 34(1), 5–30.

Kosim, M. (2012). Urgensi Pendidikan Karakter. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 19(1), 84–92.

Larsen, D., & Freeman. (1986). Techniques and Principles in Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.

Mart, C. T. (2013). The Audio-Lingual Method: An Easy way of Achieving Speech. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 3(12), 63–65. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v3-i12/412

Megawati, E. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Peer Teaching dalam Pengajaran Tenses pada Mahasiswa EFL. Deiksis, 11(01), 39. https://doi.org/10.30998/deiksis.v11i01.3076

Natsir, M., & Sanjaya, D. (2014). Grammar Translation Method (GTM) Versus Communicative Language Teaching (CLT); A Review of Literature. International Journal of Education and Literacy Studies, 2(1), 58–62. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.2n.1p.58

Perdana, N. S. (2015). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Aksesibilitas Memperoleh Pendidikan untuk Anak-Anak di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(3), 279–297. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i3.191

Richards, & Rodgers. (1986). The approaches and methods in language teaching. Cambridge: CUP.

Sahputra, A. (2014). Peran UNESCO dalam Pemberantasan Buta Aksara di Indonesia Tahun 2007-2012. Jom Fisip, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.1017/cbo9781107415324.004

Sudarsana, I. K. (2018). Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Purwadita, 1(1). Retrieved from http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita/article/download/8/7

UU No. 20 Tahun 2003. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Retrieved from https://peraturan.bkpm.go.id/jdih/userfiles/batang/UU_20_2003.pdf

Wuryandani, D. (2014). Peluang dan tantangan SDM Indonesia menyongsong era masyarakat ekonomi asean. Info Singkat Ekonomi Dan Kebijakan Publik. Vol. VI, (17), 13–16.

Published
2020-04-30
How to Cite
Megawati, E. (2020). Pelatihan Metode Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Para Relawan Pengajar. Jurnal SOLMA, 9(1), 01-13. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.3042
Section
Articles