Pelatihan Peningkatan Kualitas SDM Bidang Pariwisata di Desa Wisata Cikolelet Serang Banten

  • Fifi Nofiyanti Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, IKPN, Jakarta
  • Sri Sulartiningrum Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, IKPN, Jakarta
  • Rina Fitriana Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, IKPN, Jakarta

Abstract

Artikel menjelaskan tentang kegiatan pelatihan peningkatan kualitas SDM bidang pariwisata di Desa Wisata Cikolelet Serang Banten. Potensi desa dan alam di Cikolelet Banten perlu ditingkatkan dan diberi pengetahuan untuk pengingkatan SDM. Hal ini didasarkan pada kualitas SDM yang masih kurang pengetahuan, pengalaman, dan percaya diri untuk membangun desanya. Peningkatan kualitas SDM dilakukan dengan mengkaji dan memberikan informasi terkait industri kreatif (kewirausahaan), homestay (penginapan), dan pelayanan prima (prosedur pelayanan yang baik). Kegiatan dilakukan dengan mengkaji potensi desa wisata, kemampuan SDM, dan melihat rumah-rumah warga yang akan dijadikan homestay. Melihat beberapa kuliner tradisional khas Desa Cikolelet yaitu emping, susu kambing etawa, jojorong, dan pembuatan welcome drink unuk wisatawan yang hadir. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu presentasi materi, praktik, peninjauan desa, dan peninjauan rumah warga. Peserta dalam kegiatan pelatihan ini berjumlah 30 orang yaitu kepala Desa Cikolelet, para ketua RW, Ketua RT, POKDARWIS, dan warga sekitar. Hasil temuan untuk homestay dari tingkat kelayakan berjumlah 60%, setelah pelatihan dan evaluasi meningkat menjadi 70%, kebersihan 10 % kemudian meningkat menjadi 50%, keinginan masyarakat meningkat menjadi 30%, dan keindahan 30%. Hasil dari pelatihan industri kreatif, masyarakat memiliki kemasan produk yang bernilai jual untuk promosi dan oleh-oleh khas Desa Cikolelet. Pelayanan prima masyarakat dalam melayani wisatawan yang berkunjung meningkat dengan adanya pembuatan paket wisata dan mengantarkan wisatawan ke lokasi wisata. Lokasi yang dijadikan track wisatawan yaitu peternakan kambing etawa, puncak Pillar, puncak Cibaja, air terjun Lawang.

References

Hasibuan, Malayu. (2003). Manajeman Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Published
2018-10-30
How to Cite
NOFIYANTI, Fifi; SULARTININGRUM, Sri; FITRIANA, Rina. Pelatihan Peningkatan Kualitas SDM Bidang Pariwisata di Desa Wisata Cikolelet Serang Banten. Jurnal SOLMA, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 176-181, oct. 2018. ISSN 2614-1531. Available at: <https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/2228>. Date accessed: 17 june 2019. doi: https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.2228.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.