Main Article Content

Abstract

Background: Remaja yang berada dalam pembinaan Yayasan Al Kahfi Cabang Johar Baru memiliki beragam problem, seperti dari keluarga kurang mampu, hidup dalam lingkungan yang penuh dengan kekerasan, bahkan sebagian dari mereka ikut dalam aksi tawuran, sehingga berdampak pada hilangnya keinginan untuk mengikuti pendidikan formal. Riset ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan tentang learning agility dan motivasi melalui penguatan keterampilan komunikasi kepada remaja yang berada dalam binaan Yayasan Al Kahfi, Johar Baru. Metode: Metode yang dipilih adalah berupa kegiatan penyuluhan dengan pendekatan partisipasi aktif, antara penyuluh dengan para remaja tersebut. Hasil: Peserta mengalami peningkatan keterampilan berkomunikasi seperti keaktifan bertanya, menyampaikan pendapat, serta berinteraksi dengan sesama peserta maupun penyuluh. Selain itu peserta kembali termotivasi untuk menyelesaikan pendidikan formalnya. Kesimpulan: Kegiatan PKM berhasil meningkatkan pengetahuan dan pemahaman remaja tentang learning agility.

Keywords

Ketangkasan Belajar Keterampilan Komunikasi Motivasi Ketangkasan Belajar Keterampilan Komunikasi Motivasi

Article Details

How to Cite
Mony, H. (2025). Penguatan Learning agility melalui Keterampilan Komunikasi bagi Remaja Binaan Yayasan Al Kahfi, Johar Baru . Jurnal SOLMA, 14(3), 4589–4596. https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.21000

References

  1. Akbar, Ahmat Ario, et. al. (2022). Urgensi Learning agility dalam Menjawab Pendidikan Karakter di Era 4.0. EPIK: Jurnal Edukasi Penerapan Ilmu Konseling, Vol. 1(2), 55-61.
  2. Anam, Rifqi Khairul. (2025). Pentingnya Teori Pertukaran Sosial Peter M. Blau di Era Masyarakat 5.0. Social Edu: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, Vol. 1(3), 130-148.
  3. Asrini, S., Aponno, J. C., Negara, M. D., Asnawi, M., Wibisono, G., Rahayu, S., & Talakua, P. (2025). Manajemen Sumber Daya Manusia. Serasi Media Teknologi.
  4. Ayuningtyas, Fitria, et al. (2025). Penguatan Karakter Melalui Kegiatan Keterampilan Public speaking. Jurnal SOLMA, 14(1), 972-982. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.16853
  5. Cegah Tauran, Kecamatan Johar Baru Lakukan Beragam Langkah Preventif. https://pusat.jakarta.go.id/v2/news/2025/cegah-tawuran-kecamatan-johar-baru-lakukan-beragam-langkah-preventif-
  6. Hapsari, Rinanti Nur, et al. (2024). Kurangnya Keterampilan Komunikasi Generasi Z Memasuki Pasar Kerja. Jurnal Pekommas, 9(1), 55-66.
  7. Herwati, Arifin, Moh. Miftahul, Rahayu, Tri, Waristman, Arsyil, Solang, Deetje Josephine, et al. (2023). Motivasi Dalam Pendidikan: Konsep, Teori, Aplikasi. Malang: PT. Literasi Nusantara Abdi Group.
  8. Isni, Khoiriya, Nurfatona, Winda Yulia, dan Nisa Khairan. (2021). Pola Komunikasi dan Keterampilan Sosial Remaja di Era Digital. Panrita Abdi: Jurnal PKM, Vol. 5(4), 681-689. https://doi.org/10.20956/pa.v5i4.11939
  9. Jatmika, Devi & Puspitasari, Karentia. (2019). Learning agility Pada Karyawan Milenial di Jakarta. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, Vol. 3(1), 187-199. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v3i1.3446
  10. Khildani, Anizibda Chahya, Suhermin, dan Lestariningsih, Marsudi. (2021). Pengaruh Efikasi Diri dan Lokus Kendali Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Learning agility. Jurnal Manajemen dan Keungan, Vol 10(2), 208-228. https://doi.org/10.33059/jmk.v10i2.4186
  11. Mahanani, Ika Setya, Pudjiati, Sri Redatin Retno, dan Patricia. (2018). Pelatihan Keterampilan Mendengarkan Empatik Aktif Untuk Meningkatkan Kedekatan Guru dan Anak. Jurnal Intervensi Psikologi, Vol. 10(1), 1-18. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol10.iss1.art1
  12. Mududi, Mukhlis Muhammad & Putra, Gilang Kumari. (2021). Workshop Komunikasi Persuasif Untuk Meningkatkan Skill Komunikasi Kader Muhammadiyah Kota Bengkulu. Jurnal SOLMA, 10(01s), 105-110. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1s.6739
  13. Rahayu, Fina Rahmat. (2023). Strategi Komunikasi Efektif Guru dalam Membentuk Kepercayaan Diri Siswa MTs YPK Cijulang. Jurnal Pelita Nusantara: Kajian Ilmu Sosial Multidisiplin, Vol. 1(1), 116-123. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i1.128
  14. Sani, Ridwan Abdullah dan Rahmman Muhammad. (2020). Komunikasi Efektif dan Hasil Belajar. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
  15. Suhardi. (2025). Public speaking. Kota Padang: Takaza innovatix Labs.
  16. Sukma, Hanum Hanifa dan Saifudin Fakhrur. (2021). Keterampilan Menyimak dan Berbicara: Teori dan Praktek. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
  17. Sunyoto, Danang dan Kalijaga, Magister Alfatah. (2022). Teori Pertukaran Sosial Dalam Perilaku Kelompok. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.
  18. Tauran di Johar Baru, Jakpus, 17 Remaja Ditangkap Polisi. https://www.antaranews.com/berita/4891173/tawuran-di-johar-baru-jakpus-17-remaja-ditangkap-polisi#google_vignet
  19. Theresia, Ida Angelita & Saraswati, Kiky Dwi Hapsari. (2023). Work Engagement Karyawan Terhadap Perusahaannya Dapat Meningkat Karena Kemampuan Learning agility. Phronesis: Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, Vol. 12(2), 172-184.
  20. Waluyo, Lukman Saleh dan Revianti, Ilya. (2019). Pertukaran Sosial dalam Online Dating. Jurnal Informatika, Vol. 15(1), 21-38. https://doi.org/10.52958/iftk.v15i1.1122
  21. Zahra, Fadiyah, Sukoco, Iwan, Auliana, Lina dan Barkah, Cecep. (2022). Komunikasi Efektif dalam Membangun Customer Relationship Management. GANDIWA: Jurnal Komunikasi, Vol. 2(1), 41-49. https://doi.org/10.30998/g.v2i1.1074