Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Perkembangan teknologi digital membawa dampak besar pada penyebaran informasi, termasuk terkait kehalalan dan keamanan produk. Namun, literasi masyarakat, khususnya pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), masih terbatas dalam memahami standar halal-thayyib dan keamanan pangan. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Desa Gilangharjo, Bantul melalui edukasi berbasis literasi komunikasi digital. Metode: Sosialisasi, pelatihan interaktif, simulasi penggunaan laman halal resmi, pendampingan, serta evaluasi. Hasil: Adanya peningkatan signifikan pengetahuan masyarakat dengan skor rata-rata pretest 41,53 meningkat menjadi 45,69 pada postest (p=0,000). Edukasi ini memberikan dampak positif yang merata tanpa dipengaruhi faktor usia maupun jenis kelamin. Kesimpulan: Edukasi kehalalan dan keamanan produk berbasis literasi digital efektif meningkatkan kesadaran masyarakat, mendorong perilaku konsumsi kritis, serta memperkuat kesiapan UMKM menghadapi sertifikasi halal nasional.

Keywords

Edukasi Halal Kemanan Produk Literasi Digital

Article Details

How to Cite
Azali, A. S., Nuh, M., Rahmawati, D., Saraswati, Y. R., Yuliani, S., & Sari, E. A. (2025). Edukasi Kehalalan dan Keamanan Produk Berbasis Literasi Komunikasi Digital di Gilangharjo Pandak Bantul . Jurnal SOLMA, 14(3), 5175–5182. https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.20962

References

  1. Adinugraha, H. H., Rahmawati, F., Shulthoni, M., & Sain, Z. H. (2025). Digital Transformation Strategy for Implementing Halal Management: A Case Study of the MSME Industry in Pakistan. Al-Qalam Journal Religious and Social Research Culture, 31, 146–161. https://doi.org/https://doi.org/10.31969/alq.v31i1.1623
  2. Badan Pusat Statistik. (2024). Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat dan Unsur Penyusunnya Menurut Provinsi. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/3/VEd0V05FTjBaRVJuYzA1bVkwcHlhVk5KUjJGTlVUMDkjMyMwMDAw/indeks-pembangunan-literasi-masyarakat-dan-unsur-penyusunnya-menurut-provinsi.html?year=2024
  3. Ellinda-Patra, M. W., Dewanti-Hariyadi, R., & Nurtama, B. (2020). Modeling of Food Safety Knowledge, Attitude, and Behavior Characteristics. Food Research, 4(4), 1045–1052. https://doi.org/10.26656/fr.2017.4(4).375
  4. Freire, P. (1970). Pedagogy of the Oppressed. Continuum.
  5. Hakiki, H., & Priantina, A. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Halal pada Produk Kosmetik di Kalangan Generasi Z. Al-Intaj: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 10(1), 80–95. http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/syariah
  6. Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Prentice-Hall.
  7. Mulyanto, G., Kusumaningrum, H. D., & Wulandari, N. (2023). Food Safety Knowledge and Awareness Among Stakeholders of the Online-food-delivery System in Depok City Indonesia. Food Research, 7(5), 29–41. https://doi.org/10.26656/fr.2017.7(5).881
  8. Nikmah, A. L., & Handayani, N. S. (2025). Pengaruh Kemampuan Literasi Digital Milenial Moms Bakung Temenggungan Terhadap Perilaku Kebutuhan Informasi Kesehatan Ibu dan Anak di Desa Bakung Temenggungan Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Perpustakaan, 16(1), 91–103. https://doi.org/10.20885/unilib.Vol16.iss1.art8
  9. Novitasari, W., Samosir, B. S., Habibi, H., & Harahap, E. (2024). Halal Certification Literacy for MSME Enterprises ’Aisyiyah Tranting Market Sipirok. Aktual: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 27–32. https://doi.org/10.58723/aktual.v2i1.118
  10. Nurhasanah, E., & Az Zahra, Q. S. (2023). Analysis of Halal Literacy Level of MSMEs in Tasikmalaya. Jurnal Ekonomi Islam, 14(1), 2579–6453. https://opendata.jabarprov.go.id
  11. Oktaviany, M., & Zaeni Hasbalah, F. (2023). Menggali Dampak Revolusi Media Sosial Terhadap Industri Halal di Indonesia. JEMARI: Jurnal Edukasi Mahasiswa Sunan Giri, 1(1), 57–67. https://doi.org/10.47625/jemari/v1i1/805
  12. Purwanto, A., Haque, M. G., Sunarsih, D., & Asbari, M. (2021). The Role of Brand Image, Food Safety, Awareness, Certification on Halal Food Purchase Intention: An Empirical Study on Indonesian Consumers. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(3). https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i3
  13. Ratna Sari, N., Sulistyorini, E., & Ma’arif, M. Z. (2024). Peningkatan Kemampuan Digital Branding Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Literasi Digital Berbasis Artificial Intelligence (AI). Terang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Menerangi Negeri, 6(2), 2655–5956. https://doi.org/10.33322/terang.v6i2.2306
  14. Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations (5th ed.). Free Press.
  15. Sholeh, K., Zaerofi, A., & Haryono, Y. (2024). Do Halal Literacy, Religiosity, and Legal Compliance Affect the Motivation of Applying for Halal Product Certification? Iqtishadia, 11(2), 212–227. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v11i2.15352
  16. Siregar, D. (2023). Penyuluhan dan Sosialiasi; Sertifikat Halal Sebagai Upaya Perlindungan Konsumen dalam Memilih Makanan dan Minuman Di Universitas Tjut Nyak Dhien Medan. Jurnal SOLMA, 12(3), 1012–1020. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.12673