Main Article Content

Abstract

Background: Pemanfaatan student worksheet yang interaktif menunjang kreativitas sains siswa. Kreativitas sains diperlukan oleh siswa di era saat ini dalam memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, tujuan dari pengabdian ini yaitu memberikan pembimbingan bagi guru dalam menciptakan student worksheet yang interaktif menggunakan HyperDocs untuk meningkatkan kreativitas sains dalam pembelajaran kimia. Student worksheet yang akan dirancang merupakan hasil penelitian dan telah tervalidasi. Metode: Metode tahapan pelaksanaan terdiri dari sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan dan evaluasi, serta keberlanjutan program. Sebanyak 24 guru kimia yang tergabung dalam MGMP kota Palu menjadi sasaran kegiatan. Hasil: Melalui kegiatan pengabdian guru-guru SMA yang tergabung dalam MGMP Kimia Kota Palu dapat merancang dan menggunakan student worksheet berbasis HyperDocs untuk meningkatkan kreativitas sains utamanya pengaplikasian dalam materi kimia. Kesimpulan: Kegiatan pengabdian memberikan dampak positif bagi guru dan mendapatkan respon sangat baik, serta guru-guru memperoleh peningkatan keterampilan digital yang berguna dalam menunjang kurikulum merdeka.

Keywords

HyperDocs Student worksheet Pembelajaran Kimia Kreativitas Sains

Article Details

Author Biographies

Daud K. Walanda, Universitas Tadulako

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP

Mery Napitupulu, Universitas Tadulako

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP

Ryka M. Walanda, Biomedical Science, Medicine and Public Health – The University of Newcastle – Callaghan 2308, New South Wales, Australia

Kedokteran

How to Cite
Poba, D., Walanda, D. K., Napitupulu, M., Enar, R., & Walanda, R. M. (2025). Pemanfaatan Student Worksheet Berbasis HyperDocs Bagi Guru SMA untuk Meningkatkan Kreativitas Sains Siswa dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal SOLMA, 14(3). https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.20906

References

  1. Abadi, M. K., Pujiastuti, H., & Assaat, L. D. (2017). Development of Teaching Materials Based Interactive Scientific Approach towards the Concept of Social Arithmetic For Junior High School Student. Journal of Physics: Conference Series, 812(1), 12015. https://doi.org/10.1088/1742-6596/812/1/012015
  2. Abu-Baker, Mohammad, Issam, K., Abu-Zaid, Mohammad, Khair, S., Alsawalqah, H., Al-Shamayleh, Y., & Al-Shboul, B. (2019). The Impact of the Implementation of Capability Maturity Model Integration on User Satisfaction: Case Study on Software Companies in Jordan. Journal of Software, 14(7), 293–311. https://doi.org/10.17706/jsw.14.7.293-311
  3. BPMP Sulteng. (2024). Google for Education Gelar Lokakarya “Cara Baru untuk Belajar” di Palu. https://bpmpsulteng.kemdikbud.go.id/google-for-education-gelar-lokakarya-cara-baru-untuk-belajar-di-palu/
  4. Budiarti, E., Dwi Jayanti, D., Jannah, N. L., Nurlele, Y., & Ulva. (2025). Pendampingan Guru dalam Pemanfaatan Aplikasi berbasis Digital Untuk Menyiapkan Pembelajaran Efektif Pada Anak Usia Dini: Pembelajaran Efektif Anak Usia Dini. Jurnal SOLMA, 14(1 SE-Articles). https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.17118
  5. Carpenter, J. P., Trust, T., & Green, T. D. (2020). Transformative instruction or old wine in new skins? Exploring how and why educators use HyperDocs. Computers & Education, 157, 103979. https://doi.org/10.1016/J.COMPEDU.2020.103979
  6. Chastanti, I., Layyinnati, I., Srimulat, F. E., Fiqri, C. I., Syafriyeti, R., Afriani, D. T., Ernawati, E., & Jannah, N. (2017). Inovasi Pembelajarana dan Pendidikan Teknologi untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
  7. Ghobakhloo, M., Mahdiraji, H. A., Iranmanesh, M., & Jafari-Sadeghi, V. (2024). From Industry 4.0 Digital Manufacturing to Industry 5.0 Digital Society: a Roadmap Toward Human-Centric, Sustainable, and Resilient Production. Information Systems Frontiers. https://doi.org/10.1007/s10796-024-10476-z
  8. Habibullah, M. R., & Suttrisno, S. (2024). Pendampingan Penyusunan Soal Evaluasi Pembelajaran Berbasis Digital Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum 1 Bulu Balen Bojonegoro. Jurnal SOLMA, 13(1 SE-Articles), 547–560. https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.13409
  9. Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). RESPON SISWA TERHADAP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1 SE-Articles), 12–19. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24981
  10. Khoiorni, R., Priatmoko, S., & Prasetya, A. T. (2023). The Effectiveness of Android-Based Media in Chemistry Learning to Improve Chemistry Literacy and Learning Motivation. International Journal of Active Learning, 8(1), 10–20. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal
  11. Kristi, B. (2024). Analisis Karakteristik E-Modul Interaktif Berbasis Web Menggunakan Aplikasi Canva dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA SMP. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SAINS INDONESIA, 7(2), 141–151.
  12. Lubis, A. S., & Lubis, A. R. (2024). Proposed Human Resource Competency for Society 5.0. Mimbar Ilmu, 29(1), 46–55. https://doi.org/10.23887/mi.v29i1.71535
  13. Mahmuzah, R., Zahara, Y., Ardian, Z., Syafirly Ramadhana, & Rizka Suhaila. (2025). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Digital Sebagai Upaya Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada MGMP Matematika Tingkat SMP Se-Kota Lhokseumawe . Jurnal SOLMA, 14(1 SE-Articles), 514–523. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.16890
  14. Musriza, & Azhar, A. (2024). Inovasi Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Berfikir Anak Di Era 4.0. Al-Rabwah: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(01), 40–48.
  15. Negru, I., & Sava, S. (2023). Homework’s Implications for the Well-Being of Primary School Pupils—Perceptions of Children, Parents, and Teachers. In Education Sciences (Vol. 13, Nomor 10). https://doi.org/10.3390/educsci13100996
  16. Poba, D., Taslima, Walanda, D. K., Napitupulu, M., & Rahmawati, S. (2023). Application of Student Worksheets Based on Hyperdocs in Chemistry Learning on Scientific Creativity. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 7(1 SE-Articles), 10–18. https://doi.org/10.23887/jpki.v7i1.53328
  17. Rizam, M. M., & Ayuanita, K. (2023). Pemanfaatan Google Docs dalam Kolaborasi Real-Time Pembelajaran Menyunting Teks. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 259–266. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11759
  18. Timumun, K., Walanda, D. K., & Napitupulu, M. (2022). Development of HyperDocs on Chemistry Learning for High School Students’ Collaborative Skills. Jurnal Riset Pendidikan MIPA, 6(2), 98–108. https://doi.org/10.22487/j25490192.2022.v6.i2.pp98-108
  19. Uy, A. C. P., Quiros, A. R. F., Bedruz, R. A., Abad, A., Bandala, A., Sybingco, E., & Dadios, E. P. (2016). Automated traffic violation apprehension system using genetic algorithm and artificial neural network. 2016 IEEE Region 10 Conference (TENCON), 2094–2099. https://doi.org/10.1109/TENCON.2016.7848395
  20. Walanda, D. K., Napitupulu, M., Poba, D., & Sandewa, V. E. (2023). Leveraging Educational Technology (Hyperdocs) on Student’s Collaboration Skills. Proceedings of the 4th International Conference on Law, Social Sciences, and Education, ICLSSE 2022, 1–8. https://doi.org/10.4108/eai.28-10-2022.2326336