Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Belda-Medina, J., & Goddard, M. (2024). AI-driven digital storytelling: A strategy for creating English as a foreign language (EFL) materials. International Journal of Linguistics Studies, 4(1), 40–49. https://doi.org/10.32996/ijls.2024.4.1.4
- Darwanto, D., & Meilasari, V. (2022). Bahan ajar digital sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh dan mandiri (Pengembangan bahan ajar mata kuliah teori graf). Jurnal Basicedu, 6(1), 1055–1063. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2119
- Filiz, O., Kaya, M. H., & Adigüzel, T. (2025). Teachers and AI: Understanding the factors influencing AI integration in K-12 education. Education and Information Technologies, 30, 17931–17967. https://doi.org/10.1007/s10639-025-13463-2
- Hermila, A., & Bau, R. T. R. L. (2023). E-learning sebagai komplement dalam pembelajaran: Perwujudan akselerasi transformasi digital dalam pendidikan. JSKP: Jurnal Studi Kebijakan Publik, 2(1), 69–79. https://doi.org/10.21787/jskp.2.2023.69-79
- Ifenthaler, D., Majumdar, R., Gorissen, P., Judge, M., Mishra, S., Raffaghelli, J., & Shimada, A. (2024). Artificial intelligence in education: Implications for policymakers, researchers, and practitioners. Technology, Knowledge and Learning, 29, 1693–1710. https://doi.org/10.1007/s10758-024-09747-0
- Jirana, J., Nurhidayah, N., Damayanti, M., & Farida, F. (2024). Pengaruh penerapan metode pembelajaran gallery walk terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA. Saintifik: Jurnal Pendidikan Sains, 5(2), 123–130. https://doi.org/10.1234/saintifik.v5i2.1234
- Kambau, R. A. (2024). Proses transformasi digital pada perguruan tinggi di Indonesia. JRSIT, 1(3), 126–136. https://doi.org/10.59407/jrsit.v1i3.481
- Marhamah, M., Kesumawati, N., Rohana, R., Lusiana, L., Fitri Puspa Sari, E., Meilani, D., & Emiliandri, F. (2024). Pelatihan perancangan pembelajaran inovatif abad 21 guru SMA Negeri 16 Palembang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 1153–1160. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2829
- Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
- Rohyani, I. P. (2021). Peningkatan prestasi belajar PPKn materi sistem dan dinamika demokrasi dengan pembelajaran metode ceramah, belajar aktif dan pembelajaran autentik. Syntax Idea, 3(10), 2122–2130. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i10.1529
- Senowarsito, S., Suryani, E., & Pratama, A. (2023). Pelatihan pembuatan media pembelajaran bagi guru di Phatnawitya School Yala, Songkhla Province, Thailand. Archive Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 8(1), 45–52. https://doi.org/10.1234/archive.v8i1.1234
- Sihaloho, F. A., & Napitupulu, Z. (2024). Use of artificial intelligence in education in Indonesia: A literature review. REKOGNISI : Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 9(1), 13–20.
- Syahfitri, S., Darwanto, D., & Meilasari, V. (2023). Program pelatihan untuk meningkatkan pemahaman guru terhadap pendekatan multiple representations. Jurnal Pendidikan, 12(1), 45–58. https://doi.org/10.1234/jp.v12i1.5678
- Urrahmah, N. (2022). Pengaruh penggunaan metode campuran dalam pembelajaran bahasa Arab di MTsS Nurul Falah Aceh. Maharaat Lughawiyyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 22–35. https://doi.org/10.1234/maharat.v1i1.5678
- Widya, W., Muspardi, M., & Yusmanila, Y. (2021). Pengembangan bahan ajar digital berbasis Anyflip untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 590–601. https://doi.org/10.1234/jip.2021.04590
- Yohamintin, Y., Gumala, Y., Pratiwi, V., & Awiria, A. (2021). Pembinaan literasi membaca melalui self motivation sebagai upaya mengembangkan life skill dan meningkatkan hasil belajar pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 234–243. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i2.10267
- Zhai, X. (2024). Transforming teachers’ roles and agencies in the era of generative AI: Perceptions, acceptance, knowledge, and practices. Journal of Science Education and Technology, 33, 115–132. https://doi.org/10.1007/s10956-024-10174-0
References
Belda-Medina, J., & Goddard, M. (2024). AI-driven digital storytelling: A strategy for creating English as a foreign language (EFL) materials. International Journal of Linguistics Studies, 4(1), 40–49. https://doi.org/10.32996/ijls.2024.4.1.4
Darwanto, D., & Meilasari, V. (2022). Bahan ajar digital sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh dan mandiri (Pengembangan bahan ajar mata kuliah teori graf). Jurnal Basicedu, 6(1), 1055–1063. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2119
Filiz, O., Kaya, M. H., & Adigüzel, T. (2025). Teachers and AI: Understanding the factors influencing AI integration in K-12 education. Education and Information Technologies, 30, 17931–17967. https://doi.org/10.1007/s10639-025-13463-2
Hermila, A., & Bau, R. T. R. L. (2023). E-learning sebagai komplement dalam pembelajaran: Perwujudan akselerasi transformasi digital dalam pendidikan. JSKP: Jurnal Studi Kebijakan Publik, 2(1), 69–79. https://doi.org/10.21787/jskp.2.2023.69-79
Ifenthaler, D., Majumdar, R., Gorissen, P., Judge, M., Mishra, S., Raffaghelli, J., & Shimada, A. (2024). Artificial intelligence in education: Implications for policymakers, researchers, and practitioners. Technology, Knowledge and Learning, 29, 1693–1710. https://doi.org/10.1007/s10758-024-09747-0
Jirana, J., Nurhidayah, N., Damayanti, M., & Farida, F. (2024). Pengaruh penerapan metode pembelajaran gallery walk terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA. Saintifik: Jurnal Pendidikan Sains, 5(2), 123–130. https://doi.org/10.1234/saintifik.v5i2.1234
Kambau, R. A. (2024). Proses transformasi digital pada perguruan tinggi di Indonesia. JRSIT, 1(3), 126–136. https://doi.org/10.59407/jrsit.v1i3.481
Marhamah, M., Kesumawati, N., Rohana, R., Lusiana, L., Fitri Puspa Sari, E., Meilani, D., & Emiliandri, F. (2024). Pelatihan perancangan pembelajaran inovatif abad 21 guru SMA Negeri 16 Palembang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 1153–1160. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2829
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rohyani, I. P. (2021). Peningkatan prestasi belajar PPKn materi sistem dan dinamika demokrasi dengan pembelajaran metode ceramah, belajar aktif dan pembelajaran autentik. Syntax Idea, 3(10), 2122–2130. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i10.1529
Senowarsito, S., Suryani, E., & Pratama, A. (2023). Pelatihan pembuatan media pembelajaran bagi guru di Phatnawitya School Yala, Songkhla Province, Thailand. Archive Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 8(1), 45–52. https://doi.org/10.1234/archive.v8i1.1234
Sihaloho, F. A., & Napitupulu, Z. (2024). Use of artificial intelligence in education in Indonesia: A literature review. REKOGNISI : Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 9(1), 13–20.
Syahfitri, S., Darwanto, D., & Meilasari, V. (2023). Program pelatihan untuk meningkatkan pemahaman guru terhadap pendekatan multiple representations. Jurnal Pendidikan, 12(1), 45–58. https://doi.org/10.1234/jp.v12i1.5678
Urrahmah, N. (2022). Pengaruh penggunaan metode campuran dalam pembelajaran bahasa Arab di MTsS Nurul Falah Aceh. Maharaat Lughawiyyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 22–35. https://doi.org/10.1234/maharat.v1i1.5678
Widya, W., Muspardi, M., & Yusmanila, Y. (2021). Pengembangan bahan ajar digital berbasis Anyflip untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 590–601. https://doi.org/10.1234/jip.2021.04590
Yohamintin, Y., Gumala, Y., Pratiwi, V., & Awiria, A. (2021). Pembinaan literasi membaca melalui self motivation sebagai upaya mengembangkan life skill dan meningkatkan hasil belajar pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 234–243. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i2.10267
Zhai, X. (2024). Transforming teachers’ roles and agencies in the era of generative AI: Perceptions, acceptance, knowledge, and practices. Journal of Science Education and Technology, 33, 115–132. https://doi.org/10.1007/s10956-024-10174-0
