Main Article Content
Abstract
Latar belakang: Pendidikan inklusi merupakan agenda global dan nasional untuk menjamin hak belajar semua anak tanpa diskriminasi. Kegiatan ini berangkat dari kebutuhan SMAN 3 Tangerang Selatan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam memahami, menerima, dan mendukung keberagaman peserta didik, khususnya anak berkebutuhan khusus. Tujuan: Pemberdayaan guru SMAN 3 Tangerang Selatan melalui model Scaffolding-Oriented Pedagogical E-Media (SCOPE) agar mampu mewujudkan sekolah inklusi yang adaptif dan berkelanjutan. Metode: Kombinasi pendidikan masyarakat, pelatihan tatap muka, advokasi, dan difusi ipteks yang disertai pembelajaran asinkronus melalui platform MolecuLearn pada Juli–Agustus 2025. Hasil: Rata-rata nilai peserta meningkat dari 6,46 menjadi 8,62 (kenaikan 33,5%), 63% guru menyelesaikan kursus daring, 85% menuntaskan tugas analisis situasi peserta didik, dan 96% menyatakan MolecuLearn memudahkan akses materi. Observasi lapangan memperlihatkan perubahan perilaku guru dalam pengelolaan kelas inklusi dan modifikasi kurikulum. Kesimpulan: SCOPE efektif meningkatkan kompetensi guru dan mengubah budaya sekolah menuju inklusivitas. Program ini berpotensi direplikasi di sekolah lain dengan penguatan fitur teknologi.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Adams, D., Mohamed, A., Moosa, V., & Shareefa, M. (2023). Teachers’ readiness for inclusive education in a developing country: fantasy or possibility? Educational Studies, 49(6), 896–913. https://doi.org/10.1080/03055698.2021.1908882
- Daimah, D., & Nahri, A. C. (2025). Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi di Lembaga Pendidikan. Halaqa: Journal of Islamic Education, 1(2), 141–159. https://doi.org/10.61630/hjie.v1i2.16
- Dores, D. (2025). Evaluasi Penerapan Hak Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi: Kasus Kepatuhan di Jawa Timur Berdasarkan UU No. 8 Tahun 2016. Jurnal Edukasi : Kajian Ilmu Pendidikan, 11(1), 60–84. https://doi.org/https://doi.org/10.51836/je.v11i1.821
- Faragher, R., Chen, M., Miranda, L., Poon, K., Rumiati, Chang, F. R., & Chen, H. (2021). Inclusive Education in Asia: Insights From Some Country Case Studies. Journal of Policy and Practice in Intellectual Disabilities, 18(1), 23–35. https://doi.org/10.1111/jppi.12369
- Februyani, N., Pitaloka, R. I. K., Sugito Putri, M. S., Pawestri, I. E., Putri, R., & Soi’dah, S. N. M. (2025). Pelatihan Dan Penyuluhan Pembuatan Spray Antinyamuk Dari Bahan Alam Kombinasi Ekstrak Daun Sereh Dan Limbah Kulit Jeruk. Jurnal SOLMA, 14(1), 1181–1187. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.17933
- Hamzah, A., Syarifuddin, A., Oktamarina, L., Alfi, J., & Setiawan, M. D. (2025). Pelatihan Pengembangan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Menggunakan Aplikasi Blended Learning Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Swasta. Jurnal SOLMA, 14(2), 2027–2041. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18712
- Iffah, N. D. J., & Ma’arif, S. (2019). Metode Difusi Ipteks Dalam Pengembangan Kewirausahaan Masyarakat Di Desa Katemas Kabupaten Jombang. JPMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 38–42. https://doi.org/10.32682/jp-mas.v1i1.1341
- Lapitan, L. D., Tiangco, C. E., Sumalinog, D. A. G., Sabarillo, N. S., & Diaz, J. M. (2021). An effective blended online teaching and learning strategy during the COVID-19 pandemic. Education for Chemical Engineers, 35, 116–131. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.01.012
- Lestari, N. D., Hidayati, L. N., & Abadiyah, S. S. (2019). Gerakan Masyarakat Sekolah Tanggap Bullying Dalam Upaya Pencegahan Bullying Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal SOLMA, 8(1), 101. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.2957
- Munir, I. M. (2025). Dinamika Kebijakan Pendidikan Inklusi di Indonesia: Analisis Bibliometrik Literatur. Khazanah Akademia, 9(1), 26–35. https://doi.org/https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v9i01.465
- Pastoriko, W., Fabian, F. M., & Ying, K. Y. (2024). The effect of scaffolding-based digital instructional media on higher-order thinking skills. Journal on Mathematics Education, 15(4), 1077–1094. https://doi.org/10.22342/jme.v15i4.1077-1094
- Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi, Pub. L. No. Nomor 55 Tahun 2023, Sekretariat Daerah Kota Tangerang Selatan 1 (2023). Website: https://peraturan.bpk.go.id/Details/272254/perwali-kota-tangerang-selatan-no-55-tahun-20 diakses pada 20 Oktober 2025
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Pub. L. No. Nomor 70 Tahun 2009, Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia 1 (2009). Website: https://intranet.polibatam.ac.id/SISTEM%20PENJAMINAN%20%20MUTU%20INTERNAL/KEBIJAKAN%20EKSTERNAL/AKADEMIK/PERATURAN/07072%20Permen%2070%20tahun%202009%20Pendidikan%20Inklusif%20bagi%20Peserta%20Didik%20yg%20Memiliki%20Kelainan%20%26%20Memiliki%20Potensi%20Kecerdasan%20%26%20atau%20Bakat%20Istimewa.pdf diakses pada 20 Oktober 2025
- Permendikbudristek 48 Tahun 2023, Pub. L. No. Nomor 48 Tahun 2023, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia 1 (2023). Website: https://peraturan.bpk.go.id/Details/285711/permendikbudriset-no-48-tahun-2023 diakses pada 20 Oktober 2025
- Rahman, R., Sirajuddin, S., Zulkarnain, Z., & Suradi, S. (2023). Prinsip, Implementasi dan Kompetensi Guru dalam Pendidikan Inklusi. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(2), 1075–1082. https://doi.org/10.37905/aksara.9.2.1075-1082.2023
- Sari, I. P., Novitasari, A. T., & Miftah, Z. (2020). Efektivitas Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Dengan Macro Powerpoint Bagi Guru. Research and Development Journal of Education, 6(2), 31. https://doi.org/10.30998/rdje.v6i2.6107
- Sinaga, M., Zulhafizh, Z., Rasdana, O., Charlina, C., Fendrik, M., & Septyanti, E. (2024). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menyusun Materi Pembelajaran Berbasis PPT Bermuatan Kearifan Lokal. Jurnal SOLMA, 13(3), 1650–1661. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16529
- Sulaiman, M. (2023). E-module Based on Blended Learning for Islamic Religious Education Learning. Indonesian Research Journal in Education, 7(1), 104–120. https://doi.org/10.22437/irje
- Syafi’i, M., Samsudin, M., & Samiyah, S. (2025). Terobosan Strategis Untuk Meningkatkan Jumlah Siswa Di Lembaga Pendidikan. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Ilmu Pendidikan (JAMED), 1(3), 137–147. https://journal.yapakama.com/index.php/JAMED/article/view/289
- Try, F., & Utomo, S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10066
- Wang, F., Zhou, X., Li, K., Cheung, A. C. K., & Tian, M. (2025). The effects of artificial intelligence-based interactive scaffolding on secondary students’ speaking performance, goal setting, self-evaluation, and motivation in informal digital learning of English. Interactive Learning Environments, 33(7), 4633–4652. https://doi.org/10.1080/10494820.2025.2470319
References
Adams, D., Mohamed, A., Moosa, V., & Shareefa, M. (2023). Teachers’ readiness for inclusive education in a developing country: fantasy or possibility? Educational Studies, 49(6), 896–913. https://doi.org/10.1080/03055698.2021.1908882
Daimah, D., & Nahri, A. C. (2025). Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi di Lembaga Pendidikan. Halaqa: Journal of Islamic Education, 1(2), 141–159. https://doi.org/10.61630/hjie.v1i2.16
Dores, D. (2025). Evaluasi Penerapan Hak Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi: Kasus Kepatuhan di Jawa Timur Berdasarkan UU No. 8 Tahun 2016. Jurnal Edukasi : Kajian Ilmu Pendidikan, 11(1), 60–84. https://doi.org/https://doi.org/10.51836/je.v11i1.821
Faragher, R., Chen, M., Miranda, L., Poon, K., Rumiati, Chang, F. R., & Chen, H. (2021). Inclusive Education in Asia: Insights From Some Country Case Studies. Journal of Policy and Practice in Intellectual Disabilities, 18(1), 23–35. https://doi.org/10.1111/jppi.12369
Februyani, N., Pitaloka, R. I. K., Sugito Putri, M. S., Pawestri, I. E., Putri, R., & Soi’dah, S. N. M. (2025). Pelatihan Dan Penyuluhan Pembuatan Spray Antinyamuk Dari Bahan Alam Kombinasi Ekstrak Daun Sereh Dan Limbah Kulit Jeruk. Jurnal SOLMA, 14(1), 1181–1187. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.17933
Hamzah, A., Syarifuddin, A., Oktamarina, L., Alfi, J., & Setiawan, M. D. (2025). Pelatihan Pengembangan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Menggunakan Aplikasi Blended Learning Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Swasta. Jurnal SOLMA, 14(2), 2027–2041. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18712
Iffah, N. D. J., & Ma’arif, S. (2019). Metode Difusi Ipteks Dalam Pengembangan Kewirausahaan Masyarakat Di Desa Katemas Kabupaten Jombang. JPMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 38–42. https://doi.org/10.32682/jp-mas.v1i1.1341
Lapitan, L. D., Tiangco, C. E., Sumalinog, D. A. G., Sabarillo, N. S., & Diaz, J. M. (2021). An effective blended online teaching and learning strategy during the COVID-19 pandemic. Education for Chemical Engineers, 35, 116–131. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.01.012
Lestari, N. D., Hidayati, L. N., & Abadiyah, S. S. (2019). Gerakan Masyarakat Sekolah Tanggap Bullying Dalam Upaya Pencegahan Bullying Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal SOLMA, 8(1), 101. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.2957
Munir, I. M. (2025). Dinamika Kebijakan Pendidikan Inklusi di Indonesia: Analisis Bibliometrik Literatur. Khazanah Akademia, 9(1), 26–35. https://doi.org/https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v9i01.465
Pastoriko, W., Fabian, F. M., & Ying, K. Y. (2024). The effect of scaffolding-based digital instructional media on higher-order thinking skills. Journal on Mathematics Education, 15(4), 1077–1094. https://doi.org/10.22342/jme.v15i4.1077-1094
Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi, Pub. L. No. Nomor 55 Tahun 2023, Sekretariat Daerah Kota Tangerang Selatan 1 (2023). Website: https://peraturan.bpk.go.id/Details/272254/perwali-kota-tangerang-selatan-no-55-tahun-20 diakses pada 20 Oktober 2025
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Pub. L. No. Nomor 70 Tahun 2009, Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia 1 (2009). Website: https://intranet.polibatam.ac.id/SISTEM%20PENJAMINAN%20%20MUTU%20INTERNAL/KEBIJAKAN%20EKSTERNAL/AKADEMIK/PERATURAN/07072%20Permen%2070%20tahun%202009%20Pendidikan%20Inklusif%20bagi%20Peserta%20Didik%20yg%20Memiliki%20Kelainan%20%26%20Memiliki%20Potensi%20Kecerdasan%20%26%20atau%20Bakat%20Istimewa.pdf diakses pada 20 Oktober 2025
Permendikbudristek 48 Tahun 2023, Pub. L. No. Nomor 48 Tahun 2023, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia 1 (2023). Website: https://peraturan.bpk.go.id/Details/285711/permendikbudriset-no-48-tahun-2023 diakses pada 20 Oktober 2025
Rahman, R., Sirajuddin, S., Zulkarnain, Z., & Suradi, S. (2023). Prinsip, Implementasi dan Kompetensi Guru dalam Pendidikan Inklusi. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(2), 1075–1082. https://doi.org/10.37905/aksara.9.2.1075-1082.2023
Sari, I. P., Novitasari, A. T., & Miftah, Z. (2020). Efektivitas Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Dengan Macro Powerpoint Bagi Guru. Research and Development Journal of Education, 6(2), 31. https://doi.org/10.30998/rdje.v6i2.6107
Sinaga, M., Zulhafizh, Z., Rasdana, O., Charlina, C., Fendrik, M., & Septyanti, E. (2024). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menyusun Materi Pembelajaran Berbasis PPT Bermuatan Kearifan Lokal. Jurnal SOLMA, 13(3), 1650–1661. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16529
Sulaiman, M. (2023). E-module Based on Blended Learning for Islamic Religious Education Learning. Indonesian Research Journal in Education, 7(1), 104–120. https://doi.org/10.22437/irje
Syafi’i, M., Samsudin, M., & Samiyah, S. (2025). Terobosan Strategis Untuk Meningkatkan Jumlah Siswa Di Lembaga Pendidikan. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Ilmu Pendidikan (JAMED), 1(3), 137–147. https://journal.yapakama.com/index.php/JAMED/article/view/289
Try, F., & Utomo, S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10066
Wang, F., Zhou, X., Li, K., Cheung, A. C. K., & Tian, M. (2025). The effects of artificial intelligence-based interactive scaffolding on secondary students’ speaking performance, goal setting, self-evaluation, and motivation in informal digital learning of English. Interactive Learning Environments, 33(7), 4633–4652. https://doi.org/10.1080/10494820.2025.2470319
