Main Article Content

Abstract

Background: Rumah Potong Ayam (RPA) bersertifikat halal merupakan mata rantai krusial dalam menjamin kehalalan produk turunan ayam, keberadaan RPA yang memiliki sertifikat halal akan memudahkan proses sertifikasi halal bagi industri lainnya yang menggunakan ayam sebagai bahan baku. Namun, sayangnya belum terdapat RPA di Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, yang memiliki sertifikat halal sehingga menyulitkan industri hilir untuk memperoleh sertifikat halal juga, karena kesulitan akses bahan baku ayam bersertifikat halal. Adapun akses terdekat ayam bersertifikat halal berada di kecamatan lain dengan lokasi terdekat membutuhkan waktu tempuh lebih dari tiga jam perjalanan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk memberdayakan RPA di Kecamatan Malingping, kabupaten Lebak, yang belum memiliki sertifikat halal melalui penerapan Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH) dan optimalisasi media digital. Metode: Kegiatan ini meliputi pendampingan pengurusan sertifikasi halal, pelatihan juru sembelih halal, penerapan SJPH, serta pemanfaatan media digital.  Hasil: Program pengabdian masyarakat yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada perbaikan fasilitas produksi. Penerapan SJPH juga terlihat melalui penetapan kebijakan halal oleh manajemen RPA, pelatihan penyembelihan bagi juru sembelih halal, adanya kemasan dengan identitas yang jelas, dan penggunaan alat pelindung diri saat bekerja. Adapun, pemanfaatan media digital saat ini menjadi salah satu media perluasan pemasaran bagi RPA. Kesimpulan: Dampak program ini tidak hanya meningkatkan kapasitas, dan perekonomian mitra RPA, tetapi juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya produk halal, serta memudahkan akses terhadap daging ayam yang terjamin kehalalannya.

Keywords

Ayam Halal Bersertifikat Halal Kabupaten Lebak Media Digital Rumah Potong Ayam Sertifikasi Halal Ayam Halal Bersertifikat Halal Kabupaten Lebak Media Digital Rumah Potong Ayam Sertifikasi Halal

Article Details

How to Cite
Jameelah, M., Haroni, N., Husna, A., Destirana, S., Putra Pamungkas, R., Azis, L., & Dimas Said, A. R. (2025). Peningkatan Nilai Tambah Produk Ayam Halal Rumah Potong Diandra Kabupaten Lebak, Banten . Jurnal SOLMA, 14(3), 3513–3526. https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.20713

References

  1. Aditi, B. (2017). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Harga, dan Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Ulang Melalui kepuasan Konsumen Umkm Di Kota Medan. Art Design, Publishing & Printing, 14–24.
  2. Dirgahayu, D. (2021). Pemanfaatan Jejaring Sosial (Social Network) Oleh Peternak Ayam Pelung. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 3(4), 68–74.
  3. Harmen, H., Indriani, R., Alfahmi, F., Sebastian, A., & Kristin, O. V. (2024). Analisis Dampak Sertifikasi Labelisasi Halal Terhadap Perkembangan UMKM di Bangkalan. Jurnal Masharif Al-Syariah, 9(3), 1516–1528. https://doi.org/10.30651/jms.v9i3.22814
  4. Ikhwani, H., Gunawan, S., Rakhmawati, N. A., & Rahmawati, S. (2022). Sosialisasi dan Pendampingan Sertifikasi Halal untuk Usaha Mikro Pemotongan Ayam di Desa Jetak, Kelurahan Rembun, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Sewagati, 6(4), 1–8. https://dx.doi.org/10.12962/j26139960.v6i4.109
  5. Istinganah, N. F., & Widiyanto. (2020). Pengaruh Modal Usaha, Tingkat Pendidikan, dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Perkembangan UKM. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 438–455.
  6. Kamil, M. A., & Ridlo, M. R. (2024). Analisis Potensi Digital Marketing pada UMKM Industri Halal. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 7(1), 166-177. https://doi.org/10.25299/syarikat.2024.vol7(1).13543
  7. Kartawaria, J. R., & Normansah, A. C. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Perusahaan Start-Up. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Komunikata, 4(1), 21–29.
  8. Khamidinal, K., Sudarlin, S., Krisdiyanto, D., Nugraha, I., & Sedyadi, E. (2018). Upaya Penyuluhan Proses Sertifikasi Halal Hasil Penyembelihan Rumah Potong Ayam (RPA) Pada Anggota Kelompok Ternak Unggas “Mitra Harapan Turi” Dusun Garongan Wonokerto Turi Sleman Yogyakarta. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 18(1), 63. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v18i1.1354
  9. Latifah, L., Anas, M., & Saputro, A. R. (2023). Pendampingan Proses Produk Halal (Pph) Hingga Penerbitan Sertifikasi Halal Dengan Aplikasi Si-Halal Melalui Mekanisme Halal Self Declare Pada Pelaku Usaha Bumbu Hikmah. Multidisiplin Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(03), 59–67.
  10. Munawar, M. S. Al, Rohmah, M., Anton Rahmadi, Marwati, & Rachmawati, M. (2023). Penerapan sistem jaminan produk halal pada UMKM untuk meningkatkan daya saing produk. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(1), 165–176. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19996
  11. Mutaqin, B. K. (2022). Analisis Strategi Pemasaran PD Tawekal Sebagai Pemotongan Hewan Ternak Kota Cimahi. Farmers: Journal of Community Services, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.24198/fjcs.v3i1.37755
  12. Pardiansyah, E., Abduh, M., & Najmudin. (2022). Sosialisasi dan Pendampingan Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) Dengan Skema Self-Declare Bagi Pelaku Usaha Mikro di Desa Domas. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat Indonesia, 1(2), 101–110. https://doi.org/10.56303/jppmi.v1i2.39
  13. Purbasari, R., & Sukmadewi, R. (2024). Optimalisasi Digital Marketing Melalui Tiktok Marketing Bagi Startup Bisnis Di Jawa Barat. 7(2).
  14. Sugandi, A., Ahmad, H., Indra, U., Ibn, K., & Bogor, I. (2023). Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui implementasi pelatihan penyembelihan halal. Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 177–196.
  15. Suprapto, R., & Azizi, Z. W. (2020). Pengaruh Kemasan, Label Halal, Label Izin P-Irt Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Umkm Kerupuk Ikan. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN), 3(2), 125–133. https://doi.org/10.31002/rn.v3i2.1984
  16. Taufan, R. R., & Saffanah, N. (2023). Daya Tarik Kemasan, Peran Labelisasi Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM Bidang Kuliner di Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 8(1), 272–276. https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.3777
  17. Trena, P. W., Rivani, R., Nirmalasari, H., Bekti, Z. M. B., Sukmadewi, R., & Novel, N. J. A. (2023). Digitalisasi Melalui Media Sosial Sebagai Strategi Umkm Kabupaten Purwakarta Pada Era New Normal. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 303. https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i2.41733
  18. Utami, K. A. D., Wardani, K. D. K. A., & Gorda, A. A. N. E. S. (2023). Peningkatan Daya Saing Umkm Kuliner Di Desa Adat Panjer Melalui Pengembangan Media Pemasaran Berbasis Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 1.
  19. Wulandari, S. F. (2024). Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Best Meat Purwokerto. Universitas Islam Negeri Prof. KH Saifuddin Zuhri Purwokerto.
  20. Yaacob, T. Z., Suzana Jaafar, H., & Rahman, F. A. (2016). A review of regulatory framework for Halal meat supply chain: The case of Halal meat based food products in Malaysia. J. Appl. Environ. Biol. Sci, 6(9S), 14–21.