Main Article Content

Abstract

Background: Banyak UMKM di Blitar masih mengandalkan metode pemasaran konvensional, seperti penjualan langsung atau promosi dari mulut ke mulut, sehingga jangkauan konsumen menjadi terbatas. Pemanfaatan teknologi digital, khususnya media komunikasi interaktif, belum sepenuhnya optimal. Salah satu platform yang sebenarnya memiliki potensi besar untuk mendukung promosi dan branding UMKM adalah WhatsApp Business. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan penggunaan WhatsApp Business pada pelaku UMKM di Blitar. Metode: Kegiatan ini terdiri dari tiga tahapan yaitu persiapan dimana melibatkan salah satu pelaku UMKM untuk menggali permasalahan yang dihadapi, pelatihan melibatkan 12 pelaku usaha UMKM di wilayah Blitar dengan menggunakan metode ceramah interaktif, diskusi, dan praktik langsung, dan evaluasi dilakukan dengan mengukur peningkatan pengetahuan sebelum dan sesudah pelatihan Hasil: Adanya peningkatan pemahaman peserta dimana rerata nilai pre-test sebesar 3,14 meningkat menjadi 4,70 pada post-test Kesimpulan: Sebanyak 12 pelaku usaha UMKM di wilayah Blitar telah memahami penggunaan WhatsApp Business dan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan usahanya.

Keywords

Branding Produk UMKM WhatsApp Business Branding Product MSME WhatsApp Business

Article Details

How to Cite
Mardiana, N., & Latifah, N. (2025). Penguatan Branding dan Promosi Produk UMKM Blitar melalui Whatsapp Business. Jurnal SOLMA, 14(3), 3398–3405. https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.20638

References

  1. Alindri, H. F., Taufiqi, M. A., & Astuti, R. (2025). STRATEGI PEMASARAN ONLINE UMKM MENGGUNAKAN WHATSAPP BUSINESS STUDI KASUS PENDEKATAN KUALITATIF. Jurnal Literasi Indonesia(JLI), 2(1), 10–18. https://jli.staiku.ac.id/index.php/st/index
  2. Anjari, B. G., Kristianingsih, T., Ulya, I., Rahmawati, R., & Armayrishtya, Z. (2025). Pendampingan Pemanfaatan WhatsApp Business untuk Media Pengarsipan dan Pemasaran Digital. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 50–57. http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/abdi-ekbis
  3. Badan Pusat Statistik Kota Blitar. (2024, November 8). Jumlah Usaha Mikro Menurut Kecamatan dan Kategori Usaha di Kota Blitar, 2023 - Tabel Statistik - Badan Pusat Statistik Kota Blitar. BPS Kota Blitar. https://blitarkota.bps.go.id/id/statistics-table/1/MTczNyMx/jumlah-usaha-mikro-menurut-kecamatan-dan-kategori-usaha-di-kota-blitar--2023.html
  4. Dinas Komunikasi, I. S. dan P. K. B. (2025, April 28). Jumlah Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) - Portal Data Kabupaten Blitar. Dinas Komunikasi, Informatika Statistik Dan Persandian Kabupaten Blitar. https://data.blitarkab.go.id/data/jumlah-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-umkm-6zp81qnr
  5. Hasibuan, I. M., & Marliyah. (2024). Kendala Aksesibilitas Pembiyaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari Lembaga Keuangan. AKSIOMA: Jurnal Manajemen, 3(1), 15–24.
  6. Ikaningtyas, M., Baihaqi, A. I., Pramesti, V. A., & Azizah, F. N. (2024). Penggunaan WhatsApp Business sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital UD. Wijaya Cipta Abadi. Jurnal Bisnis Indonesia (JBI), 15(2), 236–250.
  7. Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran pada UKM dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society, 3(3), 651–659. https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.2799
  8. Janah, U. R. N., & Tampubolon, F. R. S. (2024). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dalam Pertumbuhan Ekonomi: Analisis Kontribusi Sektor UMKM terhadap Pendapatan Nasional di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(2), 739–746. https://doi.org/10.62710/a45xg233
  9. Karmila. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran UMKM Fashion: Tinjauan tentang Inovasi Bisnis dalam Meningkatkan Jangkauan Pasar. Karimah Tauhid, 2(6), 2602–2611.
  10. Laily, N., Asyik, N. F., Triyonowati, Baihaqy, A., & Satria, V. H. (2025). Pembuatan Katalog Produk dan WhatsApp Business Media Peningkatan Pemasaran dan Penjualan UMKM Di Kelurahan Mojo, Gubeng, Surabaya. Journal of Community Service), 7(1), 64–71.
  11. Lubis, A. L., Junita, J., Sukmamedian, H., & Supardi, S. (2024). The Role of WhatsApp Business Application in Improving the Service Performance of Front Office Staff of Four Points By Sheraton Hotel Batam. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 8(2), 99. https://doi.org/10.37484/jmph.080207
  12. Mariono, A., & Arianto, F. (2021). The Effect of Practice-Based Learning on Learning Outcomes in Vocational Education. The International Journal of Engineering and Science (IJES) ||, 10(4), 20–24. https://doi.org/10.9790/1813-1004016972
  13. Nurlinda Sari, Risky Laras Syari, Rio, Humairo, & Abdul Pandi. (2025). Strategi Pemasaran yang Efektif untuk UMKM di Era Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 4(1), 21–29. https://doi.org/10.58540/jipsi.v4i1.787
  14. Saputri, Y., Gomas, S. J., Alifah, N., Al Ghiffari, I. A., & Saridawati. (2024). PERAN STRATEGIS USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (Umkm Dalam Perekonomian Indonesia: Tantangan Dan Peluang). Jurnal Studi Multidisipliner, 8(10), 2118–7453.
  15. Sayudin, S., Kartono, K., & Curatman, A. (2024). The Role of WhatsApp Business in Increasing Consumer Engagement by Implementing Dewa Eka Prayoga Marketing Techniques. Journal of World Science, 3(10), 1373–1383. https://doi.org/10.58344/jws.v3i10.654
  16. Susanti, L., & Rosanti, C. (2023). Optimalisasi Aplikasi Whatsapp Untuk Bisnis Bagi Generasi Z. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri, 6(1), 150–158.
  17. Syah, S., Asrofi, A., & Hidayatullah, A. R. (2025). Pelatihan UMKM Dalam Menghadapi Tantangan Pemasaran di Era Digital: Studi Kasus UMKM Desa Sepulu, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan. Indonesia Bergerak: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 56–64. https://doi.org/10.61132/inber.v3i1.719
  18. Romadloni, N. T., Septiyanti, N. D., & Bintang, R. A. K. N. (2023). Optimasi Penggunaan WhatsApp Business Sebagai Sarana Pengembangan Pemasaran Produk Usaha Anggota PKK. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(1), 115–122. https://doi.org/10.55123/abdikan.v2i1.1705
  19. Wulandari, T. A. (2020). The Use of WhatsApp Business as an Online Marketing Communication Media for Beauty Brands During the Covid-19 Pandemic in Indonesia. International Conference on Business Economics, Social Sciences & Humanities, 408–417.