Main Article Content

Abstract

Background: Fotografi dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas siswa untuk kehidupan profesional di masa depan. Penggunaan teknik fotografi yang tepat dapat meningkatkan nilai jual satu produk atau membuat foto tersebut memiliki nilai seni. Oleh karena itu, sebuah pelatihan fotografi dibutuhkan oleh generasi muda agar mereka dapat memiliki daya saing yang lebih besar. Berkenaan dengan tujuan tersebut, Fakultas Komunikasi Sastra dan Bahasa (FKSB) Universitas Islam 45 Bekasi mengadakan pelatihan fotografi untuk siswa-siswa SMA. Artikel ilmiah ini ditulis untuk melaporkan hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh FKSB Universitas Islam 45 Bekasi. Metode: Kegiatan ini diikuti oleh 72 partisipan yang berasal dari berbagai sekolah menengah di Bekasi, Indonesia. Metode dari kegiatan ini yaitu ceramah, praktek dan tanya jawab. Kegiatan ini terdiri dari tiga sesi. Sesi pertama adalah pelatihan fotografi sedangkan sesi kedua adalah penggunaan ilmu fotografi dan desain untuk kehidupan profesional. Sesi ketiga adalah tanya jawab. Kuesioner dibagikan setelah acara untuk mengukur keberhasilan dari kegiatan ini. Hasil: Hasil dari kuesioner menunjukkan bahwa mayoritas dari partisipan merasa kegiatan ini sangat berguna bagi mereka dan berharap ada kegiatan serupa yang akan diadakan dalam waktu dekat. Kesimpulan: Pelatihan fotografi yang diselenggarakan oleh Fakultas Komunikasi Sastra dan Bahasa (FKSB) Universitas Islam 45 Bekasi di SMK Karya Guna 2 Bekasi berhasil meningkatkan kompetensi teknis dan daya saing generasi muda dalam bidang komunikasi visual.

Keywords

Fotografi Pelatihan Pengabdian Masyarakat Fotografi Pelatihan Pengabdian Masyarakat

Article Details

How to Cite
Adara, R. A., & Miftakhudin, M. (2025). Fotografi sebagai Sarana Peningkatan Kemampuan Siswa Sekolah Menengah Akhir . Jurnal SOLMA, 14(3), 4832–4840. https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.20583

References

  1. Adara, R. A., Budiman, R., & Hartini, T. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dan Motivasi Melalui Public Speaking Dan Pelatihan Toefl Itp. Journal of Empowerment, 3(1), 65. https://doi.org/10.35194/je.v3i1.2036
  2. Adara, R. A., Budiman, R., & Hartini, T. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dan Motivasi Melalui Public Speaking Dan Pelatihan Toefl Itp. Journal of Empowerment, 3(1), 65. https://doi.org/10.35194/je.v3i1.2036
  3. Adara, R. A., & Hartini, T. (2022). Mengembangkan Minat Dan Motivasi Berbicara Dalam Bahasa Inggris Melalui Storytelling. Journal of Empowerment, 2(2), 199. https://doi.org/10.35194/je.v2i2.1832
  4. Adara, R. A., & Hartini, T. (2022). Mengembangkan Minat Dan Motivasi Berbicara Dalam Bahasa Inggris Melalui Storytelling. Journal of Empowerment, 2(2), 199. https://doi.org/10.35194/je.v2i2
  5. Adara, R. A., Hartini, T., & Dwi Aksa, Y. A. (2022). Memberdayakan Siswa Di Pesantren Motivasi Indonesia Melalui Pelatihan Structure and Written Expressions Pada Toefl Itp. Journal of Empowerment, 3(2), 133. https://doi.org/10.35194/je.v3i2.2703
  6. Adara, R. A., Nuryadi, N., Priharrtini, S., Budiman, R., Puspahaty, N., & Ramadhan, M. F. (2023). Pelatihan English for Tourism Untuk Kampung Adat Kranggan. Journal of Empowerment, 4(2), 10
  7. Aisyiah, H. N., & Irfani, M. (2023). Pelatihan Fotografi Digital: Upaya Peningkatan Kualitas Pemasaran Produk UMKM Di Ngringo Jaten Karanganyar. Jurnal Edukasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Al Azhar, A. (2023, March 28). 7 langkah melakukan branding dengan digital marketing. DHA Digital.
  8. Asmuni, A., Huda, M. K., & Ariyanto, B. (2022). Pelatihan Fotografi, Hak Atas Kekayaan Intelektual dan Legalitasnya Dalam Pelayanan Kesehatan dimasa Pandemi. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan
  9. Fernanda, M. T., Januarti, V., Kumala Sari, V. A., Putri, T. Y., & Anindyarini, A. (2022). Workshop Digital Marketing Dalam Mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah di Gayamdompo. Society : Jurnal Pen
  10. Kislinger, L., & Kotrschal, K. (2021). Hunters and Gatherers of Pictures: Why Photography Has Become a Human Universal. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.65447
  11. Prihhartini, S., Adara, R. A., & Khadijah, S. (2021). Pelaksanaan Pemberian Bantuan Sosial Kepada Korban Bencana Banjir Dan Longsor. Journal of Empowerment, 2(1), 76. https://doi.org/10.35194/je.v2i1.1253
  12. Reza Febrio Fajar Pangestu. (2023). Peran Fotografi Jurnalistik pada Era Digital. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital, 63–68. https://doi.org/10.29313/jrjmd.v3i2.2229
  13. Sari, W. P., & Irena, L. (2021). Komunikasi Visual Di Era Digital Melalui Pelatihan Fotografi. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i2.9422
  14. Setyowati, R., & Rohmah, A. N. (2022). Peningkatan Promosi Melalui Fotografi Produk Dengan Smartphone Pada Bukuan Fried Chicken (BFC). Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(3), 75–82. h
  15. Susilowati, S., Giantika, G. G., Munanjar, A., & Utomo, I. W. (2022). Pelatihan 7 Teknik Fotografi dalam Mendukung Entrepreneur Muda pada Yayasan Pendidikan Islam Darul Hasanah Jakarta. Jurnal Abdi Ma