Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Pendidikan berperan penting dalam mengubah pemahaman, pola pikir, dan karakter masyarakat, terutama di daerah pedesaan dengan fasilitas pendidikan terbatas. Di Desa Pihaung, beberapa anak-anak Madrasah Ibtidaiyah menghadapi kesulitan dalam keterampilan dasar seperti membaca, menulis, berhitung (Calistung), dan Bahasa Inggris. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dasar anak dalam membaca, menulis, berhitung, dan bahasa Inggris, serta membangun motivasi dan kepercayaan diri mereka. Metode: Participatory Action Research (PAR). Hasil: Program bimbingan belajar berhasil meningkatkan keterampilan dasar anak-anak, termasuk pelafalan huruf, membaca teks, menulis kalimat sederhana, berhitung, dan menghafal kosakata bahasa Inggris. Selain itu, program ini menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, yang membantu meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri anak. Kesimpulan: Program bimbingan belajar yang dilakukan oleh mahasiswa KKN STAI RAKHA Amuntai terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di desa Pihaung.

Keywords

Bimbingan Belajar KKN Pengetahuan Anak-Anak Perkembangan Pengetahuan

Article Details

How to Cite
Fitri, L. A., Aulia, R., Malintang, J., Hasibuan, T. A., Efendi, Z., & Musaddad, A. (2025). Kontribusi Program Bimbingan Belajar Mahasiswa KKN STAI RAKHA Terhadap Perkembangan Pengetahuan Anak-Anak Desa Pihaung. Jurnal SOLMA, 14(3), 3325–3334. https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.20503

References

  1. Abada, R., Bentahar, S., & Ramdaniar, H. (2023). Student Perspective As Agent Of Change Through Education. Jurnal Eduscience, 10(2), 643–648. https://doi.org/10.36987/jes.v10i2.4717
  2. Abduh, M., Basiru, A. A., Narayana, M. W., Safitri, N., & Fauzi, R. (2022). Potret Pendidikan di Daerah Terpencil Kampung Manceri Cigudeg Kabupaten Bogor. Jurnal Citizenship Virtues, 2(1), 291–300.
  3. Adewunmi, M. C. (2025). The Role Of Students In Driving Structural Transformation For Inclusive And Sustainable Development. Journal of Public Administration, Finance and Law, 33, 5–20. https://doi.org/10.47743/jopafl-2024-33-1
  4. Atikoh, N., Suci, N. R., Mubarok, M. R., & Fuad, M. Y. N. (2024). The Role of Youth as Agents of Change in Realizing Sustainable Development Goals: A Humanistic Theory Perspective. Proceeding of International Conference of Religion, Health, Education, Science and Technology, 1(1), 415–419. https://doi.org/10.35316/icorhestech.v1i1.5668
  5. Aulia, R., Rizki, A. M., Zulfikhar, R., Junida, D. S., & Mutmainnah, I. (2024). Pelaksanaan Program Rumah Belajar bagi Anak Gampong Meunasah Papeun untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dengan Berbasis Hidden Curriculum. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(1), 237–247. https://doi.org/10.33379/icom.v4i1.4001
  6. Chusmeru, C., Adi, T. N., Runtiko, G. A., Sulaiman, A. I., Prawoto Jati, P. I., Weningsih, S., & Arimurti, N. H. (2024). Development Of Cultural And Religious Tourism Villages In Enhancing Rural Community Welfare. International Journal Of Community Service, 4(4), 290–298. https://doi.org/10.51601/ijcs.v4i4.299
  7. Garton, P. M., & Wawrzynski, M. R. (2021). Student Engagement and Social Change: Collective Leadership Development in South African Higher Education. Journal of College Student Development, 62(1), 90–106. https://doi.org/10.1353/csd.2021.0006
  8. Handayani, S., & Sujito, S. (2024). Survey of the Implementation of Grammar Translation Method (GTM) In Teaching Vocabulary and Grammar to the First Year Students of Al – Islam Kartasura Junior High School In 2023/2024 Academic Year. English Education and Literature Journal (E-Jou), 5(01), 16–20. https://doi.org/10.53863/ejou.v5i01.1213
  9. Hübscher, C., Hensel-Börner, S., & Henseler, J. (2022). Social marketing and higher education: Partnering to achieve sustainable development goals. Journal of Social Marketing, 12(1), 76–104. https://doi.org/10.1108/JSOCM-10-2020-0214
  10. Jannah, F., & Sulianti, A. (2021). Perspektif Mahasiswa sebagai Agen Of Change melalui Pendidikan Kewarganegaraan. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(2), 181–193. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i2.3193
  11. Mohamad, Z. F., Mamat, M. Z., & Muhamad Noor, M. F. (2021). Students as change agents for campus sustainability in Malaysian universities. International Journal of Sustainability in Higher Education, 22(2), 404–422. https://doi.org/10.1108/IJSHE-06-2020-0224
  12. Muhardini, S. (2018). Efektivitas Pembelajaran Di Luar Jam Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Anak di SDN 07 Mataram (Studi Kasus pada Anak-anak Kelas V di SDN 07 Mataram). Jurnal Elementary, 1(1), 21. https://doi.org/10.31764/elementary.v1i1.141
  13. Napsiyah, S., Arcadia, R. F. B., Syafa’at, D. F., Puspita, F. P., Ardiansyah, M. N., & Amalia, R. R. (2023). Peran mahasiswa sebagai agent of change dalam mengembangkan potensi pemuda di Kampung Krajan Desa Simpang. Jurnal Kesejahteraan Dan Pelayanan Sosial, 4(2), 182–196.
  14. Oktaviani, Y., & Sri Utami, I. I. (2023). Pendampingan Belajar Anak di Luar Sekolah melalui Kegiatan Les Belajar. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 38–48. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i1.6595
  15. Peng, Y., Peng, X., Yin, M., He, J., & Ma, L. (2023). The welfare effects of impoverished rural areas: Review and research prospects. Heliyon, 9(9), e19513. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e19513
  16. Pratiwi, V. U. (2020). Improving Students’ Writing Skills through Collaborative Learning: A Case Study of Senior High School Veteran 1 of Sukoharjo. Theory and Practice in Language Studies, 10(5), 527. https://doi.org/10.17507/tpls.1005.06
  17. Putri, A., Aulia, H., Jannah, J. N., Husein, M., Hayati, N., Maliah, N., & Ita, I. (2024). Meningkatkan Layanan Pendidikan Dengan Program Bimbingan Belajar Tambahan Bagi Anak-anak Desa Pulantan. Kayuh Baimbai: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8–12.
  18. Soleh, N., Fajriah, F., & Rahman, F. (2024). Kontribusi mahasiswa dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Journal of Smart Education and Learning, 1(1), 22–28. https://doi.org/10.53088/jsel.v1i1.978
  19. Suhria, & Ilmi, N. (2023). Student Perspectives on the Grammar Translation Method in English Language Learning. Scolae: Journal of Pedagogy, 6(1), 8–14. https://doi.org/10.56488/scolae.v6i1.103
  20. Sukraningsih, G. A. G., & Karmini, N. N. (2023). The Use Of Grammar Translation Method In English Learning To The Sub-Districts’ Junior High Schools In Tabanan Regency. Suluh Pendidikan, 21(1), 82–89. https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v21i1.513
  21. Suyono Suyono, Jihan Amelia Nadiul Fatriah, Bellatrix Nandayani, Winda Anggita Rini, Aulia Diamantha Nur Fitria, Dina Ayu Angraeni, Ihda Safira, Ahmad Naufal Syarif, & Qurrota ‘Ayun Azzahro Nur Fauziah. (2025). Penguatan Ideologi Pancasila Dalam Kehidupan Mahasiswa. Journal of Student Research, 3(1), 217–224. https://doi.org/10.55606/jsr.v3i1.3586
  22. Wardani, D. S., Fauzi, M. R., Zafira, R., & Kurniawati, D. (2020). Creating Props: Improving Writing Skills of Teaching Materials of Elementary Teacher Education Students through Project-Based Learning Model. Mimbar Sekolah Dasar, 7(2), 216–234. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v7i2.26334